Bauran pemasaran atau yang disebut sebagai Marketing Mix Adalah strategi pemasaran yang terdiri dari beberapa kombinasi elemen. Tujuan utamanya adalah untuk menjalankan fungsi pemasaran dengan lebih optimal.
Marketing Mix ini berguna untuk memastikan produk yang dimiliki perusahaan telah tepat dan berada di waktu, tempat, dan harga yang tepat pula. Belakangan ini, konsep Marketing Mix Adalah salah satu konsep pemasaran yang cukup populer dan banyak diaplikasikan oleh berbagai perusahaan.
Karena menggabungkan beberapa eleman menjadi satu. Maka, berbagai kelebihan yang dimiliki oleh elemen-elemen tersebut juga akan saling melengkapi satu sama lain sehingga hasilnya lebih maksimal.
Baca juga : Pengertian, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangan Metode Agile
Place (Tempat) : Lokasi dimana produk tersedia dan dapat diperjualbelikan.
Product (Produk) : Barang yang bernilai atau memiliki nilai fungsional dan memberikan manfaat tertentu pada para pelanggan.
Promotion (Promosi) : Strategi yang diterapkan untuk membuat konsumen sadar akan keberadaan suatu produk dan untuk meningkatkan ketertarikan konsumen atas suatu produk.
Price (Harga) : Nilai atas suatu produk.
Baca juga : Cara Membuat Situs Web Profesional dengan Mudah dan Praktis
Konsep Marketing Mix 7P ini mencakup 4 elemen dalam Konsep 4P diatas, ditambah dengan 3 elemen lainnya, yakni :
People (Orang) : Mencakup seluruh komponen sumber daya yang terlibat.
Process (Proses) : Gabungan dari seluruh aktivitas, mulai dari saat produk tersebut diproses hingga sampai ke tangan konsumen.
Physical Evidence (Bukti Fisik) : Seluruh perangkat yang digunakan untuk mendukung berjalannya suatu bisnis.
Baca juga : Pengertian, Sejarah dan Perkembangan Blog Pribadi
Sebagai bentuk pemasaran langsung atau direct marketing.
Menjalankan fungsi advertising atau periklanan.
Sebagai media untuk promosi produk.
Fungsi distribusi fisik. Dilakukan dengan cara mengangkut dan menyimpan produk.
Fungsi pertukaran.
Fungsi perantara.
Baca juga : Cara Kirim dan Tips Mengemas Paket Via Ekspedisi
Untuk menganalisis kemampuan keuangan dan arus biaya perusahaan.
Untuk alokasi sumber daya dengan lebih efisien dan efektif.
Memfasilitasi proses komunikasi antara masing-masing divisi dalam suatu perusahaan.
Menyederhanakan sekaligus mempersatukan berbagai jenis kegiatan pemasaran menjadi satu sehingga lebih mudah untuk diterapkan dan dikelola.
Untuk membagi-bagi tugas dan tanggung jawab sesuai dengan jobdesk tiap karyawan dan kemampuan yang dimilikinya.
Baca juga : Cara Kirim dan Rekomendasi Jasa Kirim Paket ke Luar Negeri
Nah, berikut ini contoh strategi marketing mix dengan konsep 7P yang bisa kamu jadikan referensi :
Langkah pertama, kamu harus menentukan produk apa yang sekiranya dibutuhkan oleh banyak orang. Dalam hal ini, kamu harus melakukan riset pasar untuk mendapatkan data-data yang lebih akurat. Hal-hal yang perlu kamu pertimbangkan antara lain :
Cari tahu apa masalah yang dihadapi konsumen.
Temukan solusi (dalam bentuk produk) yang bisa kamu tawarkan.
Pertimbangkan bagaimana cara konsumen nantinya menggunakan produkmu.
Buat suatu produk yang memiliki suatu keunikan tertentu yang tidak dimiliki oleh produk lainnya.
Contoh : Masyarakat kesulitan menemukan produk sepatu olahraga lokal yang murah dan berkualitas. Maka, kamu bisa menjadikan produk ini sebagai salah satu inspirasi.
Baca juga : Contoh, Jenis Barang, Hingga Tips Mengirim Paket
Setelah kamu menentukan produk apa yang sesuai. Selanjutnya, kamu harus menentukan harganya.
Contoh :
Total Fixed Cost : Rp 300.000.000
Production : 1000 pasang sepatu
Margin keuntungan yang diinginkan : Rp 30.000 per unit
Rumus : (Rp 300.000.000 : 10000) + Rp 30.000 = Rp 60.000
Dalam menentukan harga, kamu juga perlu mempertimbangkan : Harga produk yang dimiliki oleh kompetitor, daya beli konsumen potensialmu, dan juga tingkat keuntungan yang ingin kamu peroleh.
Langkah ketiga, kamu harus menentukan tempat atau lokasi jualan produk. Kamu memiliki 3 opsi yakni berjualan secara offline, online, dan menggabungkan keduanya. Untuk hasil yang lebih optimal dan untuk menjangkau seluruh konsumenmu maka opsi menggabungkan metode online dan offline menjadi opsi terbaik.
Baca juga : Pengertian Open Order, Cash On Delivery dan Tips Membeli Barang Secara Online
Keempat, kamu harus mulai merancang strategi promosi yang tepat. Tentukan strategi yang paling sesuai dengan targetmu. Contoh : Jika sepatu milikmu menargetkan konsumen dari kalangan kaum muda, maka kamu bisa menggunakan media sosial sebagai sarana promosi utama. Buatlah video yang menarik atau endorse beberapa selebgram terkenal untuk mempromosikan produkmu.
Tips marketing mix kelima adalah dengan mengemas produk sebaik dan semenarik mungkin. Pastikan pula kemasannya mampu melindungi produkmu dengan baik. Contoh : untuk sepatu kamu bisa menggunakan box kardus.
Selain itu, siapkan pula brosur, logo, souvenir, dan bentuk-bentuk physical evidence lainnya sebagai sarana branding sekaligus bukti akan keberadaan produkmu.
Baca juga : Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Jenis Spanduk
Untuk memperlancar sistem operasional perusahaan, maka kamu harus merekrut karyawan yang kompeten. Contoh : karyawan administrasi dan karyawan produksi. Tanpa dukungan dari SDM yang berkompeten, maka kamu mungkin akan kesulitan untuk menjalankan bisnismu.
Agar alur kerja di perusahaan lebih teratur, kamu juga harus membuat SOP perusahaan. SOP ini juga penting untuk memastikan semua produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang sama.
Marketing Mix Adalah jenis strategi yang wajib untuk kamu aplikasikan dalam bisnismu untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal.
Baca juga : Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, Hingga Cara Mendesain Flyer
Istilah ini untuk pertama kalinya diperkenalkan oleh Neil Borden, seorang professor marketing di Harvard pada tahun 1948. Neil Borden sendiri terinspirasi dari jurnal koleganya yakni Prof. James Culliton.
Ada 2 konsep marketing mix yang paling terkenal, yakni 4P dan 7P. Konsep Marketing Mix 7P sendiri diperkenalkan oleh Booms dan Bitner. Konsep ini berisi 4 elemen dari Konsep Marketing Mix 4P ditambah dengan 3 elemen baru (physical evidence, people, dan process).
Marketing Mix Adalah strategi yang cukup umum dan dapat diimplementasikan untuk setiap jenis perusahaan. Jadi, tak terbatas pada suatu jenis perusahaan saja. Baik perusahaan manufaktur, industri, maupun jasa dalam bidang apapun bisa menggunakan marketing mix ini.
Ya, Marketing Mix ini sangat penting guna menunjang keberhasilan suatu bisnis. Kombinasi yang sempurna dari beberapa elemen yang menyertainya akan memberikan hasil yang jauh lebih baik.
Sebenarnya keduanya sama-sama bermanfaat. Hanya saja, Marketing Mix 7P lebih lengkap dibandingkan Marketing Mix 4P.
Itulah beberapa pembahasan seputar marketing mix. Semoga artikel diatas bermanfaat ya,
https://www.niagahoster.co.id/blog/marketing-mix/
https://glints.com/id/lowongan/7p-marketing-mix-bauran-pemasaran/#.Yq2WMXZBw2w
https://www.jurnal.id/id/blog/2018-mengenal-7-konsep-mix-marketing-dalam-perusahaan-jasa/
https://www.exabytes.co.id/blog/apa-itu-marketing-mix/
https://www.logique.co.id/blog/2020/11/09/marketing-mix/
https://glints.com/id/lowongan/7p-marketing-mix-bauran-pemasaran/
https://www.jagoanhosting.com/blog/marketing-mix/
https://www.linovhr.com/perbedaan-marketing-mix-4p-dan-7p/
https://koinworks.com/blog/strategi-pemasaran-4p/
https://www.xendit.co/id/blog/apa-perbedaan-strategi-pemasaran-4p-dan-7p-ini-jawabannya/