Apa Yang Dimaksud Dengan Internet, Manfaat Dan Tujuan

Internet adalah singkatan dari kata “interconnection networking” yang artinya adalah jaringan komputer yang terhubung menggunakan sistem standar protokol kendali transmisi atau internet protocol.

Internet adalah suatu jaringan yang dapat diakses dari media elektronik ke media lain, Internet juga merupakan sistem komunikasi yang paling sering kita gunakan untuk menghubungkan antar jaringan pada komputer dan lain sebagainya.

Internet adalah suatu jaringan yang dapat diakses dari media elektronik ke media lain, Internet juga merupakan sistem komunikasi yang paling sering kita gunakan untuk menghubungkan antar jaringan pada komputer dan lain sebagainya.

Pengertian Internet

Pengertian Internet

 

Internet sudah banyak digunakan dalam kehidupan masyarakat modern seperti sekarang ini, jaringan internet bisa dibilang sangat penting bagi kita karena saat ini internet sudah menjadi kebutuhan di setiap kalangan.

Dengan internet kita bisa bersosialisasi dengan banyak orang, saat ini banyak pekerjaan yang mengandalkan internet bahkan anak sekolah pun menggunakan internet. Di bawah ini akan kami jelaskan lebih lengkap tentang Apa Yang Dimaksud Dengan Internet beserta manfaat dan tujuannya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Jaringan Internet

Jaringan Internet adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite sebagai protokol komunikasi packet switching untuk melayani miliaran pengguna.

Apa Itu Internet Lokal

Dapat dikatakan bahwa internet lokal adalah jenis kuota yang hanya dapat digunakan di satu area atau satu tempat yang masih berada dalam zona yang sama dengan area tempat Anda untuk mengaktifkan paket data. Seperti diketahui, dalam sebuah paket internet memiliki komposisi yang terdiri dari beberapa macam kuota atau sub-paket khusus. 

Definisi Internet Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian internet menurut para ahli, serta beberapa pengertiannya:

O'Brien

Internet merupakan jaringan komputer yang saat ini berkembang pesat dari berbagai macam kepentingan bisnis, pendidikan, hingga jaringan pemerintahan yang dapat saling terhubung satu sama lain, dimana jumlah penggunanya dapat berkembang hingga lebih dari 200 negara.

Berners Lee

Berners Lee mengatakan bahwa internet adalah jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan. Ini jelas mengacu pada konsep di mana jaringan komputasi tertentu, atau jaringan lokal juga dapat terhubung ke jaringan lain.

Sarwono

Menurut Sarwono, internet merupakan sebuah jaringan yang memiliki skala global. tidak ada seorang pun yang mampu bertanggung jawab menjalankan internet itu sendiri. Pada awalnya internet hanya digunakan untuk kebutuhan militer, namun sekarang internet telah merambah kesemua masyarakat sekitar.

Sejarah Internet

Sejarah internet, seperti dikutip dari Britannica, dimulai dengan munculnya sistem koneksi komputer pertama yaitu sistem reservasi maskapai penerbangan dan Autodin keduanya dirancang dan dirilis pada akhir 1950-an dan awal 1960-an.Sejarah mencatat, memasuki tahun 1960-an ketika produsen komputer mulai menggunakan teknologi semikonduktor dalam produk komersialnya. Kemudian instal sistem pemrosesan batch konvensional dan sistem pembagian waktu.

Sistem pembagian waktu memungkinkan sumber daya komputer berjalan dengan cepat. Seiring berjalannya waktu, muncullah Arpanet yang membuat koneksi jaringan host-to-host pertama kali pada tanggal 29 Oktober 1969. Arpanet merupakan salah satu jaringan komputer multiguna pertama. Sistem ini menggunakan teknologi pertukaran paket baru, dengan efisiensi menghubungkan komputer lebih cepat.

Perkembangan Internet

17 Mei diperingati sebagai Hari Masyarakat Telekomunikasi dan Informasi Sedunia yang telah diakui secara resmi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa tahun 2006. Sebelum diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, deklarasi hari jadi tersebut disampaikan kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2005 pada KTT Dunia tentang Informasi Masyarakat. Tanggal 17 Mei dipilih berdasarkan peringatan berdirinya International Telecommunications Union.

Saat ini telekomunikasi dan informasi yang digunakan oleh masyarakat tidak lepas dari perkembangan dunia digital, dalam hal ini internet. Internet berkembang pesat sehingga dapat memudahkan kita untuk berkomunikasi atau mencari informasi untuk keperluan pribadi atau bisnis selama ada perangkat yang terhubung dengan internet.

Manfaat Internet

Bidang Bisnis

Di era internet seperti sekarang ini, komunikasi yang lancar antara pemilik bisnis dengan calon pembeli atau pelanggan menjadi sebuah keniscayaan. Hal ini tidak boleh Anda abaikan karena dapat berdampak negatif terhadap bisnis yang Anda lakukan dan peluang Anda untuk menembus pasar dengan baik.

Dengan layanan internet ini, komunikasi dengan pelanggan dan calon pelanggan dapat berjalan dengan lancar. Kemungkinan kesalahpahaman dapat diatasi dengan mudah. Selain itu, komunikasi yang lancar juga dapat menentukan kredibilitas bisnis yang dibangun. Jika target pasar sudah mulai percaya, promosi yang diberikan akan mudah diterima.

Bidang Pendidikan

Penggunaan internet dalam bidang pendidikan sangat bermanfaat bagi para guru. Manfaat internet secara umum dapat meningkatkan kualitas dan menunjang guru dalam kegiatan belajar mengajar. Selain bermanfaat bagi guru, internet juga bermanfaat bagi siswa. Adanya internet berguna bagi siswa untuk belajar kapan saja dan dimana saja.

Bidang Informasi

Untuk akses informasi internet berisi berbagai macam pengetahuan dan informasi yang tidak ada habisnya. Internet memungkinkan kita untuk mempelajari topik apa pun. Internet berguna dan sangat membantu dalam pendidikan. Karena materi tentang berbagai ilmu bisa didapatkan di internet.

Dengan internet kita bisa meningkatkan kemampuan, menguasai berbagai mata pelajaran yang mungkin tidak didapatkan dari pendidikan formal, dan mahir dalam mengerjakan tugas apapun. Misalnya, dengan menggunakan mesin pencari seperti Google, kita dapat mengajukan pertanyaan apa pun, menemukan halaman web yang akan memberikan jawaban beserta informasi terkait.

Bidang Kesehatan

Keunggulan pertama teknologi di bidang kesehatan adalah memudahkan pasien terutama dalam mengakses informasi. selain itu, berbagai macam layanan kesehatan yang dapat semakin memudahkan pasien dalam mengakses layanan kesehatan.

Bidang Sosial Dan Hiburan

Internet merupakan salah satu teknologi yang paling banyak digunakan, termasuk dalam bidang sosial dan hiburan. Penggunaan internet dalam bidang sosial dan hiburan didorong oleh penggunaan berbagai gadget yang terkoneksi dengan internet seperti komputer, laptop, tablet, smartphone, jam tangan, dan kamera.

Tujuan Internet

Ada beberapa tujuan internet yang penting bagi pengguna sebagai berikut:

  • Komunikasi menjadi lebih cepat.
  • menambah wawasan dan pengetahuan.
  • Belanja online dan bisnis semakin mudah.

Sebagai media hiburan.

Dampak Positif Internet

Meskipun ada banyak dampak negatif dari penggunaan internet, ada juga banyak dampak positif dari internet. Berikut adalah dampak positif dari penggunaan internet:

Mudah Mencari Informasi

Hampir semua informasi dapat dicari melalui internet. Hal ini akan memudahkan pekerja untuk bekerja dan siswa untuk belajar. Informasi yang dikemas di internet pun beragam, mulai dari tulisan, foto, hingga video. Semua bisa dicari dan digunakan sesuai minatnya masing-masing.

Komunikasi Tanpa Batas

Selain tidak mengenal jarak, berkomunikasi melalui internet juga tidak mengenal waktu. Tidak ada batasan khusus dalam berkomunikasi menggunakan internet. Ini akan sangat berguna bagi orang yang selalu membutuhkan komunikasi.

Dampak negatif internet

Namun, dengan berbagai dampak positif dari internet, ada juga beberapa hal yang dapat merugikan perkembangan internet. Seperti munculnya permasalahan terkait penggunaan smartphone, game online, dan berbagai hal lainnya yang dibahas dalam buku Problems of Internet Use.

Membahayakan Informasi Pribadi

Banyak aplikasi atau situs yang mengharuskan pengguna untuk mengisi informasi pribadi. Jika informasi ini disalahgunakan tentunya akan merugikan pemilik informasi tersebut. Informasi pribadi ini dapat digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk keuntungan diri sendiri.

Banyak Penipuan

Penipuan online telah mengambil banyak kasus. Penipuan yang sering terjadi adalah pada saat jual beli online, seringkali seseorang merasa tertipu karena tidak mendapatkan barang sesuai dengan yang dibelinya, tetapi malah mendapatkan barang lain atau bahkan barangnya tidak datang sama sekali.

Demikian ulasan tentang Apa yang dimaksud dengan internet, manfaat dan tujuan semoga bermanfaat.

Mau buka toko online anti ribet?

Yuk join di demanda.id  sekarang juga!

Dengan Demanda, kamu bisa memiliki bisnis online kamu sendiri. Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper yang barangnya DISIAPIN, DIBUNGKUSIN, & DIKIRIMIN ke pelanggan kamu ATAS NAMA KAMU! Modal terbatas? Jangan khawatir, modal untuk berjualan di Demanda adalah 0 rupiah alias GRATIS. Yuk gabung sekarang dan dapatkan uang tambahan jutaan rupiah perbulan!

Download app-nya sekarang!

google play iconc2