Beberapa Cara Membatalkan Pesanan Di Tokopedia

Saat Anda berbelanja suatu produk di Tokopedia namun karena suatu hal, Anda berniat untuk membatalkannya. Seperti pesanan Anda belum ditanggapi oleh penjual, baru sadar salah beli barang, atau ternyata tidak memperhatikan deskripsi barang secara detail. Jangan khawatir, Anda masih bisa membatalkannya.

Namun, hal ini berlaku jika Anda telah melakukan pembayaran dan melakukan verifikasi, namun penjual belum merespon pesanan tersebut. Nah, jika hal ini terjadi pada Anda, berikut Cara Membatalkan Pesanan Di Tokopedia, baik itu menggunakan browser di perangkat desktop atau laptop, atau aplikasi di smartphone.

Namun, hal ini berlaku jika Anda telah melakukan pembayaran dan melakukan verifikasi, namun penjual belum merespon pesanan tersebut. Nah, jika hal ini terjadi pada Anda, berikut Cara Membatalkan Pesanan Di Tokopedia, baik itu menggunakan browser di perangkat desktop atau laptop, atau aplikasi di smartphone.

Cara Membatalkan Pesanan Di Tokopedia Menunggu Pick Up

  1. Klik tombol menu (tiga baris) di kiri atas.
  2. Klik Beli, lalu pilih Status Pesanan.
  3. Klik Minta Pembatalan pada faktur yang ingin Anda batalkan.
  4. Akan muncul pop-up Aplikasi Pembatalan Pesanan. Isi alasan Anda membatalkan pesanan, lalu klik Terapkan.
  5. Permintaan pembatalan pesanan akan dikirimkan ke penjual dan penjual akan memberikan respon maksimal 2x24 jam dari pesanan terverifikasi.

Cara Membatalkan Pesanan Di Tokopedia Yang Sudah Dibayar

Sebagai seorang dropshipper, terkadang kita juga ceroboh saat melakukan pembelian untuk memproses penjualan kita di toko lain. Pernah ada yang membeli brankas model buku dengan ukuran besar, ketika kami meneruskan pesanan ke Tokopedia, kami memesan yang kecil. Ingat saat itu kami tidak membaca ukuran produk. Jadi ketika kami membelinya di Tokopedia dengan harga yang sangat murah, kami langsung membelinya.

Kami tidak menunggu lama, kami langsung berinisiatif untuk membatalkan pesanan yang sudah terlanjur dibayar. Kami langsung menghubungi penjual sebagai pemasok kami untuk membatalkan pesanan kami karena alasan yang salah. Karena sudah berlangganan, permintaan pembatalan pesanan langsung disetujui.

Langkah kami selanjutnya adalah membatalkan pesanan pembeli kami dengan mengkompensasinya dengan kode voucher sehingga dia akan kembali lagi untuk berbelanja online di toko kami. Untuk membatalkan pesanan di Tokopedia, lakukan hal berikut:

  • Masuk ke akun Tokopedia Anda, klik amplop atau ikon pesan di Beranda
  • Pilih status pesanan.
  • Klik minta pembatalan faktur yang ingin Anda batalkan.
  • Munculan yang meminta pembatalan muncul. Kemudian isi alasan pembatalan pesanan, submit.
  • Permintaan pembatalan pesanan akan dikirimkan ke penjual dan menunggu respon maksimal 2x24 jam terhitung sejak pesanan terverifikasi.

Cara Membatalkan Transaksi Di Tokopedia

Terkadang setelah kita membeli suatu barang di Tokopedia tetapi kita ingin membatalkannya karena ada barang yang lebih baik atau lebih murah dari itu. Berikut tutorial cara membatalkan transaksi di Tokopedia.

  1. Buka websitenya dulu, klik disini https://www.tokopedia.com
  2. Kemudian klik enter/login.
  3. Setelah itu klik email dan klik konfirmasi pembayaran.
  4. Setelah mengklik konfirmasi pembayaran, akan muncul halaman untuk membatalkan.
  5. Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mencentang transaksi yang ingin Anda batalkan lalu klik batal.
  6. Setelah mengklik batal, akan muncul halaman sukses.
  7. Klik yes untuk membatalkan transaksi pembayaran.
  8. Klik oke.
  9. Proses pembatalan transaksi di Tokopedia telah selesai. Sekarang tidak ada konfirmasi transaksi pembayaran yang harus Anda bayar, karena transaksi telah dibatalkan.

Cara Membatalkan Pesanan Di Tokopedia Yang Sudah Diproses Penjual

Cara di bawah ini adalah langkah-langkah yang telah kami lakukan dan alhamdulillah berhasil. Mungkin ada beberapa hal atau percakapan yang berbeda dari pesanan Anda tetapi prinsipnya sama. Lakukan langkah-langkah ini sesegera mungkin.

  • Kirim pesan (chat) ke penjual dan informasikan bahwa kami ingin membatalkan pesanan. Sebutkan juga alasannya agar penjual bisa mengerti. (Mengobrol dengan penjual melalui halaman transaksi, karena mengobrol melalui halaman transaksi otomatis akan melampirkan invoice 'sudah lunas' yang dapat memudahkan penjual untuk menandai pesanan kita).
  • Dalam chat yang sama, minta pengirim untuk 'belum merespon pesanan' dari Anda, karena Anda akan memproses pembatalan pesanan melalui sistem. Suruh juga penjual untuk menunggu sekitar 2 jam karena tombol "pembatalan" transaksi dapat digunakan 2 jam setelah transaksi pembayaran berhasil. (Tidak masalah jika Anda tidak mendapatkan balasan dari penjual dalam waktu 2 jam, lanjutkan ke langkah berikutnya)
  • setelah 2 jam buka halaman daftar transaksi (pembelian) lalu cari dan pilih tombol >Lihat detail pesanan  sampai muncul detail order
  • Setelah jendela detail pesanan muncul, silakan klik tombol Minta Pembatalan
  • Kemudian akan muncul jendela baru yang meminta Anda untuk menuliskan alasan pembatalan.
  • Klik >Kirim.
  • Selesai.

Kenapa Pesanan Tokopedia Dibatalkan Oleh Sistem?

Berikut telah kami sampaikan kepada anda semua, untuk menghadapi pesanan yang dibatalkan wajib untuk mengetahui apa penyebab terjadinya seperti ini. Daripada penasaran, silahkan langsung simak beberapa penyebab yang sering terjadi sebagai berikut.

  • Penyebabnya sering terjadi karena pembatalan sistem yang dilakukan secara otomatis jika penjual atau toko tidak mengirimkan pesanan sampai waktu yang telah ditentukan.
  • Kedua karena pihak toko membatalkan pesanan dengan alasan yang kuat, sehingga sistem dari Tokopedia membatalkan pesanan Anda.
  • Stok produk habis tapi toko belum update stok.
  • Produk tersebut melanggar ketentuan sesuai prosedur yang telah disesuaikan oleh Tokopedia sendiri.

Cara Membatalkan Pesanan Di Tokopedia Dan Uang Kembali

Sebenarnya proses pembatalan pesanan uang kembali sangat mudah. Bahkan tanpa melanjutkan proses pembayaran, sistem akan membatalkan secara otomatis jika telah melewati batas pembayaran. Agar uang pesanan Anda kembali terverifikasi, Anda bisa melihat cara membatalkan pesanan barang di bawah ini. Cara ini bisa melalui HP (Aplikasi) atau website.

  • Melalui Aplikasi HP
  • Masuk dan masuk ke aplikasi Tokopedia.
  • Pilih menu "Transaksi".
  • Klik "Menunggu Pembayaran".
  • Tekan ikon tiga titik "Batalkan Transaksi".
  • Sebuah pop up akan muncul dan klik "Batalkan Transaksi".
  • Selesai.

Anda tidak perlu menunggu konfirmasi dari penjual. Hal ini dikarenakan pembatalan pesanan yang belum dibayar akan otomatis dibatalkan oleh sistem.

Cara Membatalkan Pesanan Cod Di Tokopedia

Permintaan pembatalan pesanan dengan COD di Tokopedia tidak dilakukan sembarangan. Hal ini dikarenakan pengguna harus melakukan konfirmasi terlebih dahulu dengan pihak penjual. Pengguna dapat mengobrol dengan penjual terlebih dahulu dan menanyakan apakah barang sudah diproses untuk pengiriman atau belum. Jika barang sudah dalam proses pengiriman, tidak dapat meminta pembatalan.

Namun nanti jika barang sudah sampai, maka bisa mengajukan pembatalan yang diproses oleh kurir dan menunggu persetujuan penjual. Jika sudah konfirmasi ke penjual dan sudah setuju untuk membatalkan pesanan, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Masuk dan masuk ke aplikasi Tokopedia.
  • Pilih menu "Transaksi".
  • Klik pesanan "Dalam Proses".
  • Pilih pesanan “COD” yang akan dibatalkan.
  • Setelah itu klik "Batalkan Pesanan".
  • Masukkan dan pilih "Alasan Pembatalan" yang sesuai.
  • Tekan tombol "Batalkan Pesanan".
  • Selesai.

Bagimana Pengajuan Pembatalan Tokopedia

Anda sudah melakukan pembayaran untuk produk favorit Anda, tetapi barang impian Anda belum juga datang setelah beberapa hari? Jika Anda sudah tidak sabar menunggu, atau sangat membutuhkannya dalam waktu dekat, kini Anda bisa mengajukan refund di Tokopedia.

Untuk melakukan refund Tokopedia, berikut adalah langkah-langkah atau cara melakukan komplain di Tokopedia untuk mengajukan refund. Anda dapat mengajukan pengaduan menggunakan browser di komputer atau laptop, browser seluler di smartphone atau tablet, dan aplikasi di perangkat berbasis Android dan iOS.

Cara Mengajukan Pembatalan Di Tokopedia

Jika pesanan Anda tidak sampai dalam waktu 5 hari, Anda dapat mengajukan klaim pengembalian dana. Berikut caranya:

  • Setelah itu klik pada Shipping Cost Constraints dan Product Constraints.
  • Klik Not Arrived pada bagian status, pilih masalah dan tulis detail masalah pada kolom yang muncul
  • asalkan.
  • Lanjutkan ke Opsi Solusi, “Saya ingin mendapatkan uang saya kembali.”
  • Masukkan nominal refund yang diinginkan, jumlah nominal tidak melebihi nilai transaksi.
  • Klik Buat Keluhan, akan muncul pop up kemudian klik Yes.
  • Jika Penjual menyetujui solusi yang Anda ajukan, maka keluhan akan dianggap selesai dan dana akan otomatis masuk ke Saldo Tokopedia. Jika Penjual tidak setuju dengan solusi yang Anda ajukan, maka tim terkait kami akan membantu dengan memberikan solusi terbaik antara kedua belah pihak.

Cara Membatalkan Pesanan Di Tokopedia Yang Belum Dibayar

Ada banyak faktor mengapa pembeli ingin membatalkan pesanan dalam transaksi online. Misalnya barang tidak sesuai dengan yang diinginkan, tidak terlalu memperhatikan deskripsi sehingga salah beli, barang tidak dibutuhkan lagi, dan lain sebagainya.

Pembatalan pesanan yang belum dibayar sebenarnya akan terjadi secara otomatis jika Anda tidak membayar dalam waktu 24 jam. Namun, jika Anda tidak ingin memberikan harapan palsu kepada penjual, maka sebaiknya segera batalkan pesanan setelah mengambil keputusan untuk tidak membayar pesanan.

  • Buka aplikasi Tokopedia Anda.
  • Masuk ke akun Anda.
  • Jika sudah login, tap menu Account lalu cari panel Transactions lalu Waiting Payment.
  • Ketuk transaksi yang ingin dibatalkan, lalu ketuk tiga titik di kanan atas.
  • Kemudian ketuk opsi Batalkan Pesanan.

Demikian ulasan tentang Beberapa Cara Membatalkan Pesanan Di Tokopedia, semoga bermanfaat.

Mau buka toko online dropship anti ribet?

Yuk join di demanda.id  sekarang juga!

Dengan Demanda, kamu bisa memiliki bisnis online kamu sendiri. Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper yang barangnya DISIAPIN, DIBUNGKUSIN, & DIKIRIMIN ke pelanggan kamu ATAS NAMA KAMU! Modal terbatas? Jangan khawatir, modal untuk berjualan di Demanda adalah 0 rupiah alias GRATIS. Yuk gabung sekarang dan dapatkan uang tambahan jutaan rupiah perbulan!

Download app-nya sekarang!

google play iconc2

app store icon