Pengertian, Jenis dan Cara Melakukan Brand Positioning

 

Brand Positioning Adalah

https://img.freepik.com/free-vector/brand-name-abstract-concept-vector-illustration-naming-agency-brand-identity-system-branding-service-launching-new-product-name-generation-creative-marketing-positioning-abstract-metaphor_335657-2890.jpg?size=338&ext=jpg&ga=GA1.2.1398227005.1655550954

 

Pernahkah kamu mendengar istilah brand positioning? Secara umum, kita dapat mengartikan brand positioning sebagai suatu strategi pemasaran yang dilakukan untuk mendekatkan diri kepada konsumen.

Nah, ini dia beberapa pembahasan mengenai brand positioning.

Pengertian Brand Positioning 

Brand positioning adalah cara memposisikan brand perusahaan di benak para konsumennya. Brand positioning bukan hanya sekedar penyusunan tagline atau logo saja. Melainkan, mencakup seluruh strategi yang digunakan untuk membedakan bisnis perusahaan dari kompetitornya dan membuat suatu brand melekat di mata konsumennya sekaligus memberikan ciri khusus (pandangan khusus) pada suatu produk.

Brand positioning adalah sesuatu yang dapat digambarkan dengan konsep sejauh mana sebuah brand dianggap menguntungkan, berbeda, dan kredibel di benak konsumennya. Brand positioning ini mampu membuat konsumen mampu memahami suatu brand dengan persepsi tertentu.

Karena mampu membentuk preferensi konsumen, strategi brand positioning ini secara tak langsung juga akan berkaitan dengan consumer loyalty, brand equity, dan brand awareness yang berdampak pada keuntungan bisnis.

Baca juga :  Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Jenis Spanduk

Pentingnya Brand Positioning Bagi Perusahaan

Ya, sangat penting. Brand positioning adalah salah satu strategi yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Citra atau image brand yang baik tentunya akan membawa banyak sekali dampak positif bagi kelangsungan hidup perusahaan tersebut.

Bahkan, strategi ini disebut-sebut mampu meningkatkan keuntungan hingga sebesar 30%. Brand positioning juga mampu meningkatkan keunggulan produk sehingga mampu menjangkau pasar yang lebih luas lagi dibandingkan dengan para pesaingnya.

Baca juga : Pengertian, Konsep, Tujuan, Manfaat dan Contoh Marketing Mix

Cara Melakukan Brand Positioning

Cara Melakukan Brand Positioning

https://img.freepik.com/free-vector/identity-branding-coach-self-improvement-course-personality-reputation-boosting-self-esteem-online-mentorship-webinar-personal-positioning_335657-2546.jpg?size=338&ext=jpg&ga=GA1.2.1398227005.1655550954

 

Brand Positioning adalah hal yang sangat penting. Agar hasilnya maksimal, kamu juga harus tahu bagaimana cara melakukan brand positioning yang baik dan benar. Diantaranya adalah dengan :

  • Menempatkan brand dengan benar di tengah-tengah masyarakat.

  • Menemukan dan menganalisis kompetitor yang berkaitan dengan produk kami. Termasuk, membandingkan posisi brand dengan para pesaingnya.

  • Mengembangkan ide untuk mencari posisi brand yang unik, berbeda, dan valuable.

  • Membuat brand positioning statement dan mengujinya.

Baca juga : Pengertian, Jenis, Karakteristik Customer

Jenis Strategi Brand Positioning

Brand Positioning adalah strategi yang bisa terdiri atas beberapa jenis. Diantaranya adalah :

  • Price-based Positioning

Jenis brand positioning yang akan mendorong perusahaan untuk menentukan harga yang unik bagi setiap produk yang mereka lancarkan. Contohnya, dengan memposisikan dirinya untuk menjual produk dengan harga termurah di pasaran.

Strategi seperti diatas terbukti mampu menghasilkan basis pelanggan yang besar. Bagaimanapun juga orang-orang lebih suka berbelanja barang yang sejenis dengan harga yang lebih murah.

Baca juga : Apa Itu Komersial? 

  • Convenience-based Positioning

Jenis strategi brand positioning selanjutnya adalah Convenience-based positioning. Beda dengan Price-based positioning yang mengutamakan masalah harga atau price. Strategi ini lebih fokus ke arah “mengapa suatu produk/jasa lebih nyaman dan lebih baik dari kompetitornya.”

Kenyamanan ini bisa berasal dari banyak hal. Dan strategi ini juga akan memberikan harga tinggi untuk suatu produk/jasa.

Baca juga : Wirausaha adalah

  • Quality-based Positioning

Dilakukan dengan cara menekankan aspek kualitas. Kualitas layanan ini bisa ditunjukkan melalui ROI yang tinggi serta testimoni pelanggan yang cemerlang. Namun, untuk menghasilkan suatu produk yang berkualitas tentu saja perusahaan harus mengeluarkan biaya lebih untuk produksi dan operasionalnya.

 Baca juga : Reklame Bertujuan Untuk Apa Sebenarnya

Nah, itulah beberapa pembahasan seputar brand positioning ini. Ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menerapkan strategi brand positioning ini. Diantaranya adalah mampu meningkatkan image suatu produk, dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, dan lain sebagainya.

Semoga informasi diatas bermanfaat ya.

Baca juga : Wirausaha Adalah, Ciri-Ciri Dan Contohnya

 

Referensi :

https://www.dreambox.id/blog/branding-strategi/mengenal-brand-positioning-strategi-branding/#:~:text=Di%20dalam%20hal%20pemasaran%20produk,menciptakan%20kesan%20unik%20bagi%20pelanggan 

https://glints.com/id/lowongan/brand-positioning-adalah/#.Ytp1S3ZBw2w 

https://www.kreditpintar.com/education/brand-positioning