Cara Membuat Situs Web Profesional dengan Mudah dan Praktis

Cara Membuat Situs Web Profesional

https://img.freepik.com/free-vector/www-concept-illustration_114360-2143.jpg?t=st=1655712563~exp=1655713163~hmac=693037f5daabbfa3065c2385c039206cb2b82dea71d5c074ecf55da95b08d2cf&w=740

Website adalah kumpulan halaman web yang saling melengkapi satu sama lain. Website profesional sendiri sering digunakan untuk tujuan bisnis. Fungsinya untuk menjembatani interaksi antara pengguna dan penyedia jasa/produk, memberikan informasi yang lengkap dan real time, sekaligus sebagai sarana promosi produk/jasa.

Membuat website bukanlah hal yang sulit, asalkan kamu tahu caranya. Kamu bahkan bisa membuat website profesional sendiri dalam 1 hari tanpa perlu menggunakan coding. Nah, berikut ini kami bagikan cara membuat situs web professional dengan mudah dan praktis yang mungkin bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Baca juga : Pengertian, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangan Metode Agile

Berbagai Cara Membuat Situs Website Profesional 

Membuat Website Melalui Bahasa Pemograman

https://img.freepik.com/free-psd/restaurant-opening-web-template-design_23-2148410411.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1398227005.1655550954

1. Membuat Website Melalui Bahasa Pemograman 

Kamu bisa membangu website dari 0. Untuk cara ini, kamu harus menguasai Bahasa Pemrograman tertentu seperti Javascript, MySQL, php, dan sejenisnya. Cara ini sendiri cukup rumit dan biasanya hanya dilakukan oleh orang yang telah berpengalaman atau profesional dalam bidang website builder.

Baca juga : Pengertian, Konsep, Tujuan, Manfaat dan Contoh Marketing Mix

2. Membuat Website Melalui Platform  

Kalau kamu tidak terlalu menguasai Bahasa Pemrograman dan menginginkan cara membuat situs web yang lebih mudah dan praktis. Maka, kamu bisa menggunakan salah satu platform pembuatan website. Dalam hal ini, kami merekomendasikan untuk menggunakan Wordpress.Org.

Platform open source ini memiliki banyak kelebihan. Kamu bisa melakukan pengaturan dan optimasi website dengan lebih mudah menggunakan Wordpress.org, fiturnya lengkap dan user interfacenya mudah digunakan.

Setelah kamu menentukan mana platform yang paling sesuai. Selanjutnya, kamu harus membeli domain dan hosting. Domain sendiri bisa diibaratkan sebagai alamat website, sementara hosting adalah tempat penyimpanan data yang ada dalam sebuah website.

Tanpa domain & hosting, websitemu tidak mungkin bisa beroperasi dan diakses. Jadi, domain dan hosting ini sangat penting ya.

Untuk domain sendiri, kami sarankan kamu memilih domain yang berekstensi .com. Untuk hostingnya, kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhanmu. Ada shared hosting, VPS Hosting, dan juga Cloud Hosting.

Kamu bisa membeli domain dan hosting ini di beberapa perusahaan penyedianya, seperti Niagahoster, Dewaweb, Hosting, Rumahweb, dan lain sebagainya.

Beberapa penyedia layanan hosting bahkan menawarkan paket beli hosting gratis domain lho sehingga kamu bisa lebih hemat biaya.

Baca juga : Pengertian, Sejarah dan Perkembangan Blog Pribadi

Cara Membuat Website Melalui Wordpress 

1. Install Wordpress

Sekarang kamu sudah punya domain dan hosting, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menginstal Wordpress. Ada banyak cara untuk menginstal wordpress.org yang bisa kamu pilih. Cara termudahnya adalah dengan menggunakan fitur auto installer yang disediakan oleh penyedia layanan hosting yang kamu gunakan.

Berikut ini step by stepnya :

  • Ketika kamu membeli domain dan hosting kamu telah menjadi member (pengguna layanan) penyedia hosting tersebut. Otomatis kamu akan diberikan akses menuju member areanya. Pertama, kamu harus login akun member area hosting provider yang kamu gunakan. Masukkan username dan password.

  • Pastikan hosting yang telah kamu beli sebelumnya telah aktif.

  • Pada tab layanan hosting, pilih hosting yang aktif kemudian klik “Kelola Hosting”. Kamu akan memasuki dashboard cPanel.

  • Dalam kolom search box, ketik dan cari “Softaculous Apps Installer” pilih “Wordpress”.

  • Klik “Install Now”

  • Pada menu choose installation URL, pilihlah https://www atau https://

  • Pilih nama domain yang sebelumnya telah kamu daftarkan.  Kosongkan kolom in directory.

  • Pada site settings : isikan nama dan deskripsi singkat website.

  • Pada bagian Admin Account : isikan admin username, admin password, dan admin email. Pastikan kamu mengingat username, password, dan alamat email yang kamu gunakan ya. Ini akan menjadi username untuk akses dashboard wordpress nantinya.

  • Pada bagian Choose Language : pilih Indonesia/English

  • Pada bagian bawah, di kolom email installation details to isi lagi dengan alamat emailmu yang masih aktif.

  • Klik install, tunggu sampai proses instalasi wordpress selesai.

  • Selesai.

Baca juga : Cara Kirim dan Tips Mengemas Paket Via Ekspedisi

2. Akses Dashboard Wordpress

Cara membuat situs web selanjutnya adalah dengan mengakses dashboard wordpress. Caranya cukup ketik nama domain di search box Google dengan menambahkan /wp-admin di belakangnya. Contoh https://www.namadomainku.com/wp-admin 

Lakukan pengaturan, konfigurasi, dan optimasi website melalui dashboard ini.

3. Install Plugin

Plugin sendiri akan sangat membantumu menggunakan berbagai fitur pelengkap website. Plugin sendiri ada yang gratis dan juga ada yang premium. Jika kamu membutuhkan plugin dengan akses fitur yang lebih leluasa (tidak terbatas) maka kamu bisa mengupgrade  ke versi premium.

Beberapa plugin yang nantinya mungkin kamu butuhkan adalah : Yoast SEO, Elementor, JetPack, dan sejenisnya.

Baca juga : Cara Kirim dan Rekomendasi Jasa Kirim Paket ke Luar Negeri

4. Ganti Tema

Ganti tema websitemu dengan tema yang paling sesuai dengan niche website. Cara mengganti tema wordpress ini cukup mudah. Kamu hanya perlu klik menu “Appearance” di dashboard wordpress kemudian klik “Themes”.

Akan ada banyak pilihan tema yang bisa kamu pilih (ada yang premium dan ada juga yang gratis) pilih salah satu. Kemudian, klik install. Tema pilihanmu sudah terpasang.

Setelah tema pilihan terpasang, cara membuat situs web yang selanjutnya adalah dengan melakukan konfigurasi atau pengaturan websitemu. Mulai dari edit header, menambahkan beberapa widget yang berguna, mengubah font, menambahkan menu, tag, dan sejenisnya.

Baca juga : Contoh, Jenis Barang, Hingga Tips Mengirim Paket

5. Buat konten

Untuk mengisi websitemu, kamu harus mulai membuat konten berupa artikel dan mempublishnya. Untuk artikelnya, pastikan artikel tersebut sudah seo friendly dan informatif ya. Berikut ini cara post artikel baru di Wordpress :

  • Pada dashboard Wordpress, klik “New Post”.

  • Isi judul artikel dan konten utama, edit sesuai dengan kebutuhan. Kamu juga bisa menggunakan elementor. Pastikan skor SEO-nya telah hijau (jika kamu menggunakan Yoast SEO).

  • Atur kapan postinganmu akan terpublish (bisa langsung atau scheduled). Beri featured image, tag, dan juga edit url link.

  • Setelah semuanya selesai, klik “publish”

Selesai. Itulah Cara Membuat Situs Web Profesional dengan Mudah dan Praktis yang bisa kamu coba.

Baca juga : Pengertian Open Order, Cash On Delivery dan Tips Membeli Barang Secara Online

F.A.Q Seputar Cara Membuat Situs Website Profesional

Cara Membuat Website Melalui Wordpress

https://img.freepik.com/free-vector/flat-cms-web-template_23-2148806163.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1398227005.1655550954

Apa yang Dimaksud dengan Situs Web

Situs Web atau Website adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga memungkinnya untuk diakses di seluruh dunia. Selama kamu terkoneksi dengan jaringan internet.

Apa Saja Isi dari Suatu Website?

Home/Front Page, Blogs, Contact Us, dan lain sebagainya. Menyesuaikan kebutuhan penggunanya.

Baca juga : Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Jenis Spanduk

Apa Perbedaan antara Website dan Blog?

Perbedaan utamanya ada di bagian kategorinya. Blog lebih mengarah ke topik konten. Sementara itu, website lebih fokus ke produk dan layanan yang dimilikinya.

Platform Apa Saja yang Bisa Digunakan untuk Membuat Website?

Ada banyak sekali platform yang bisa kamu gunakan untuk membangun sebuah website. Diantaranya adalah Blogger, Wix.com, Wordpress.com, Wordpress.org, dan sebagainya. Platform yang paling sering digunakan adalah Wordpress.org lantaran lebih fleksibel.

Baca juga : Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, Hingga Cara Mendesain Flyer

Apakah Kita Bisa Membuat Website Sendiri?

Tentu saja, bisa. Meskipun kamu tidak menguasai coding sekalipun, kamu tetap bisa membuat website milikmu sendiri tanpa bantuan professional. Kamu bisa memanfaatkan berbagai platform pembuatan website gratis.

Referensi :

https://www.exabytes.co.id/blog/lakukan-hal-ini-saat-membuat-website/ 

https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-membuat-website/?amp 

https://www.hostinger.co.id/tutorial/cara-membuat-website 

https://www.dewaweb.com/blog/cara-membuat-website/