Cara Mendapatkan Review Penjualan yang Positif dari Pelanggan

Mendapatkan review atau ulasan penjualan dari pelanggan berasal dari tumbuhnya rasa kepercayaan pelanggan terhadap toko kita.

Ketika kita terjun dalam dunia bisnis, rekam jejak menjadi hal yang cukup penting bagi pertumbuhan bisnis. Oleh karena itu, penting sekali untuk kita bagaimana caranya supaya kita mendapat ulasan yang positif agar bisnis kita berjalan semakin lancar.

Ketika kita terjun dalam dunia bisnis, rekam jejak menjadi hal yang cukup penting bagi pertumbuhan bisnis. Oleh karena itu, penting sekali untuk kita bagaimana caranya supaya kita mendapat ulasan yang positif agar bisnis kita berjalan semakin lancar.

9 cara mendapatkan review positif dari pelanggan

9 cara mendapatkan review positif dari pelanggan

 

Seiring berkembangnya kecanggihan teknologi, sebagian besar calon pembeli akan melihat ulasan dari pembeli lain terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berbelanja. Sehingga banyak hal yang perlu penjual perhatikan agar kepercayaan calon pembeli pun ikut tumbuh dan akan membeli produknya.

Namun, mendapatkan ulasan penjualan kita dari pelanggan bukanlah perkara hal yang mudah. Salah satu penyebabnya mungkin tidak adanya fasilitas yang mudah bagi mereka untuk melakukan review atau mungkin fitur yang tersedia menyulitkan dan tidak menarik. Kali ini, kita akan membahas bagaimana cara mendapatkan review penjualan yang positif dari pelanggan kita.

1. Deskripsi dan Foto Produk Jelas dan Jujur

Tips pertama untuk mendapatkan review penjualan yang positif adalah barang yang kamu tawarkan memiliki deskripsi dan foto produk yang jelas. Kolom deskripsi produk berperan penting untuk menjelaskan secara detail mengenai produk yang kamu jual. Kebanyakan pelanggan tidak tertarik membeli jika deskripsi produk tidak tersedia atau tidak jelas.

Sebagai salah satu trik yang baik adalah menggunakan font bold atau menebalkan bagian-bagian yang penting dari produk kamu. Selain itu, menambahkan info mengenai sistem pengiriman akan mendukung tumbuhnya rasa ingin membeli dari calon pembeli karena menganggap tokomu berintegritas. 

Membuat calon pelanggan memahami segalanya adalah kunci penting bagi mereka supaya tidak bingung dalam memilih. Meskipun demikian, jelaskan produk secara jujur agar pembeli tidak kecewa bila kamu mencantumkan hal yang tidak benar dari produk yang kamu jual. Kalau pun mereka membuat ulasan, hasil ulasannya tersebut dapat menurunkan reputasi toko kamu.

Terakhir, foto produk juga memberikan gambar atau visualisasi mengenai barang yang akan mereka beli. Tokomu akan lebih mudah dipercaya jika menggunakan foto asli dan tidak mengambil dari manapun seperti menipu. Alangkah lebih baiknya foto produk yang kamu sediakan terdiri dari berbagai macam angle agar calon pembeli dapat melihat detail lebih jelas.

Dengan deskripsi dan foto produk yang jujur dan jelas, pastinya rasa kepercayaan pelanggan akan timbul dengan sendirinya. Ketika mereka sudah membeli dan merasa puas dengan apa yang sudah mereka bayangkan, kebanyakan akan dengan senang hati membuat ulasan untuk toko.

2. Respon yang Cepat

Tips yang kedua adalah merespon pelanggan dengan cepat. Baik calon pembeli maupun pembeli seringkali memiliki pertanyaan berkaitan dengan sistem pengiriman, kualitas produk, hingga detail produk itunya sendiri. Hal yang perlu kamu lakukan adalah merespon pertanyaan dengan cepat dan tanggap. Kamu bisa menaruh CP (Contact Person) atau alamat e-mail yang bisa mereka hubungi untuk waktu yang mendesak. Bila kamu berjualan di e-commerce, kamu dapat menggunakan fitur chat yang sudah tersedia dalam aplikasi.

Menjadi tepat waktu bahkan akan menjadi poin plus dalam semua hal seperti halnya sampainya barang dan merespon pelanggan. Jika barang yang dipesan datang tepat waktu, pelanggan akan merasa puas. Dengan begitu, mereka akan mencari produk yang sama atau membeli produk tersebut kembali ke tokomu.

Berbicara tentang pengiriman barang tepat waktu, banyak hal lain yang bisa terjadi di luar kontrol kita. Misalnya, ekspedisi terhambat atau hari libur. Untuk mengurangi rasa kekhawatiran pelanggan, bisa kamu deskripsikan secara jelas pada deskripsi produk. Maka daripada itu, pembeli dapat membuat review yang baik mengenai produk kamu. 

3. Kemasan Aman dan Menarik

Kemasan atau Packaging juga berperan baik dalam kepuasan konsumen. Pertama, pastikan kemasan yang melindungi produk aman. Sehingga, saat pembeli membuka kemasan, produk yang dibeli utuh dan terjaga. Kemasan aman dan baik ini akan mempengaruhi nilai kepuasan pembeli dalam bentuk rasa aman terjaga.

Selain itu, kamu juga bisa membuat kemasannya menjadi menarik untuk menambah daya tarik pembeli. Misalnya dengan adanya pita atau stiker yang eye catching. Sebelum mereka membuka kemasan pun, mereka akan merasa senang dengan nilai tambah pada kemasan produk yang mereka beli. Oleh karena itu, jangan lupakan pentingnya kemasan ya!

4. Ramah Melalui Ucapan Terima Kasih

Hal yang satu ini dapat terbilang cukup mudah. Menjadi ramah sebagai penjual tentu kunci sukses dalam melakukan transaksi jual beli. Apalagi, bila kamu mengucapkan terima kasih ketika pembeli jadi membeli produk kamu. Kemungkinan pembeli untuk mengingat tokomu cukup besar. Selain akan memberi review yang bagus, mereka juga ada kemungkinan repurchase pada tokomu.

Salam, sapa, dan terima kasih menjadi tiga ucapan yang wajib kamu perhatikan. Untuk itu alangkah lebih baiknya mempunyai ucapan yang berbeda dari yang toko lainnya agar terlihat lebih autentik. Selain nantinya mudah diingat pembeli, tokomu akan terkenal dengan keunikan tersebut.

5. Terbuka Dengan Semua Jenis Review

Meskipun tujuan kita mendapatkan ulasan yang positif, namun jangan menutup kemungkinan menerima review yang negatif. Kita harus terbuka bila pembeli memberikan ulasan yang negatif sehingga kita bisa langsung mengevaluasi kinerja dan menanganinya agar menjadi toko yang bertanggung jawab. Jangan sampai hal tersebut kita abaikan hanya karena ulasan yang diberikan negatif.

Dengan ulasan negatif yang langsung ditangani permasalahannya, calon pembeli akan melihat bahwa tokomu kredibel dan menarik karena dapat dipercaya. Untuk itu, jadilah terbuka dengan semua jenis ulasan. Testimoni baik untuk pengetahuan calon pembeli selanjutnya.

Baca juga : Apa Itu Komersial?

6. Jika Terjadi Kesalahan Segera Tangani

Berkaitan dengan poin sebelumnya, jika ada masalah pada produk yang dibeli pelanggan harus segera ditangani. Hal ini guna mencegah permasalahan yang tak berarah nantinya. Oleh karena itu, usahakan untuk menanyakan secara detail kerusakan dan kesalahan pada produk yang mereka beli. Lalu, tak lupa bersikap ramah dan penuh dengan rasa menerima. Hal tersebut akan membuat pembeli percaya pada kredibilitas tokomu.

7. Membuat Pelanggan Menjadi Brand Ambassador

Hal yang satu ini mungkin bisa menjadi alternatif yang kamu gunakan. Jika kamu melihat beberapa pembeli memberikan ulasan yang positif, kamu bisa mengajak mereka membuat video atau foto mengenai ulasan mereka terhadap produk yang mereka beli. Lalu, kamu bisa mengunggah foto atau video tersebut pada sosial media bisnis maupun laman website. Dengan begitu, calon pembeli yang membaca akan lebih percaya pada produkmu.

8. Gunakan Strategi Follow Up

Apa itu follow up?Follow up adalah tindak menindaklanjuti. Strategi ini sangat berperan baik bagi tokomu dalam mendapatkan ulasan positif pelanggan. Kamu hanya perlu bertanya pada pembeli mengenai barang apakah sudah sampai dengan baik, apakah ada masalah, dan mungkin feedback yang ingin mereka berikan pada tokomu. 

Pelayanan toko yang proaktif akan membuat pelanggan merasa diperhatikan sehingga produk yang mereka beli akan sangat sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Oleh karena itu, ketika kamu follow up, pembeli akan merasa aman dan nyaman atas produk yang mereka beli. Besar peluangnya bagi kita untuk mendapatkan review yang cukup positif.

9. Minta Review dari Pelanggan

Kalau kamu sudah melakukan semua hal di atas, kamu perlu melakukan sebuah hal yang proaktif lagi. Pelanggan biasanya tidak semerta-merta memberikan review positif walaupun pengalaman mereka positif pula. Justru kalau mereka mendapatkan pengalaman yang negatif, mereka lebih mungkin meninggalkan review negatif.

Maka, kamu harus lebih proaktif dalam menghadapi hal ini. Apabila kamu sudah memberikan pelayanan terbaik dan pelanggan kamu tidak memberikan review yang bagus, kamu bisa mengontak mereka secara langsung untuk meminta review. Jelaskan dengan sopan dan ramah bahwa toko kamu memerlukan review yang bagus untuk dapat bertahan, dan review positif pelanggan adalah kunci keberhasilan toko online kamu. Jangan lupa, apabila mereka bersedia memberikan review, kamu bisa tukarkan dengan voucher atau promo lainnya untuk pembelian ke depannya.

Sudah Paham Cara Mendapatkan Review Penjualan yang Positif?

Jika kamu sudah paham, artinya kamu menyadari bahwa untuk mendapatkan ulasan yang positif, tinggalkanlah kesan yang baik kepada pelanggan. Bertanggung jawab atas kerusakan dan responlah mereka dengan ramah dan cepat.

Yuk mulai bisnis dropship kamu sekarang!

Demanda siap bantu kamu! Daftar dan mulai jualan online dalam 5 menit!

google play iconc11