Customer Service Adalah, Tugasnya Dan Juga Berapa Gajinya

customer service adalah

Customer Service Adalah, Tugasnya Dan Juga Berapa Gajinya Customer service adalah layanan yang ditawarkan oleh perusahaan kepada pelanggannya, baik sebelum atau sesudah membeli suatu produk atau jasa.

Tujuan dari cs adalah untuk memberikan kemudahan agar pengalaman bertransaksi mereka menjadi lebih baik dan harapan dapat memenuhi harapan mereka. Customer service juga dapat didefinisikan sebagai interaksi langsung antara konsumen yang melakukan pembelian dan staf yang mewakili merek atau bisnis.

Customer Service Tugasnya Apa?

Menjadi perantara antara pelanggan dengan perusahaan dengan meneruskan keluhan pelanggan kepada manajemen perusahaan agar dapat dilakukan perbaikan. Memberikan penjelasan dengan bahasa yang mudah dipahami kepada pelanggan dari berbagai jenis kalangan.

Menjadi perantara antara pelanggan dengan perusahaan dengan meneruskan keluhan pelanggan kepada manajemen perusahaan agar dapat dilakukan perbaikan. Memberikan penjelasan dengan bahasa yang mudah dipahami kepada pelanggan dari berbagai jenis kalangan.

Berapa Gaji Seorang Customer Service?

Berikut gambaran gaji customer service di indonesia tahun 2019 untuk berbagai posisi pekerjaan:

  • Perusahaan perbankan atau bank di indonesia rp 5.000.000-rp 7.000.000

  • Industri di bidang logistik rp 4.500.000 sd rp 5.500.000

  • Gaji tetap untuk customer service atau admin os rp 500.000-rp 2.000.000

  • Komisi untuk setiap item yang terjual rp 5.000 hingga rp 50.000

  • Staf customer service dari rp 3.000.000 hingga rp 5.000.000

Pada beberapa perusahaan, gaji staf customer service telah disesuaikan dengan upah minimum pada kota atau kabupaten setempat. Kemudian akan terus meningkat seiring dengan peningkatan kinerja. Ini biasanya berlaku untuk customer service non-bank.

Customer Service Lulusan Apa?

Setiap pekerjaan membutuhkan persyaratan tertentu. Tidak ada yang namanya pekerjaan tanpa syarat. Termasuk, customer service, salah satu syaratnya adalah pendidikan minimal sma/sederajat (memiliki kualifikasi lebih tinggi lebih baik). Namun, untuk beberapa tempat atau perusahaan yang membutuhkan minimal lulusan d3 atau s1 untuk memenuhi syarat customer service.

Meski persyaratan umum lulusan sma terkesan mudah, nyatanya mungkin ada perusahaan atau instansi yang memberikan syarat lain. Anda bisa mengeceknya langsung di berbagai lowongan pekerjaan yang tersedia.

Baca juga : Apa Itu Komersial?

Kenapa Anda Melamar Sebagai Customer Service?

Kebanyakan orang sering melamar customer service ketika mereka pertama kali memasuki dunia kerja dan tidak tahu apa yang sebenarnya ingin mereka lakukan. Jika anda benar-benar serius melamar pekerjaan ini, sebaiknya tunjukkan bahwa anda menyukai pekerjaan ini.

Pikirkan mengapa anda ingin melamar customer service ini dan tunjukkan bahwa anda sangat menikmati pekerjaan itu, entah itu karena anda suka memecahkan masalah. Atau apakah anda memiliki kepuasan tertentu dalam membantu orang lain?

Apa Perbedaan Teller Dan Customer Service?

Teller adalah petugas bank yang pekerjaan sehari-harinya berhubungan dengan nasabah dan masyarakat umum. Bank harus memilih petugas yang akan diangkat sebagai teller karena cara kerja, sikap dan perilaku serta cara mereka melayani nasabah dan masyarakat secara tidak langsung teller merupakan cerminan keadaan dan reputasi suatu bank.

Sedangkan customer service secara umum merupakan segala kegiatan yang ditujukan untuk dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan, dengan memberikan pelayanan yang dapat memenuhi keinginan sekaligus kebutuhan para pelanggan. Customer service memainkan peran yang sangat penting.

Customer Service Representative Adalah

Perwakilan pelanggan adalah orang yang memiliki tanggung jawab untuk membangun dan memelihara hubungan antara perusahaan dan pelanggannya dengan memastikan bahwa semua kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi dengan baik.

Customer service representative memiliki tanggung jawab yang besar terhadap perusahaan dan dapat bertindak sebagai perwakilan utama perusahaan. Oleh karena itu, jika anda tertarik untuk bekerja di posisi ini, tentunya anda harus memiliki keterampilan dan keahlian yang baik saat berkomunikasi dengan pelanggan yang anda layani.

Customer Service Officer Adalah

Customer service adalah orang yang bekerja untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan atau pelanggan. Posisi ini mempunyai peran yang terbilang cukup penting untuk setiap perusahaan. Faktor keberhasilan suatu perusahaan sangat ditentukan oleh bagaimana customer service melayani pelanggannya dengan baik atau tidak.

enis layanan yang diberikan antara lain memberikan informasi mengenai produk perusahaan, menerima keluhan dari klien dan memberikan solusi terkait permasalahan tersebut. Jadi jika ingin menjadi customer service officer (cso) harus pintar-pintar mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi pelanggan. Tugas utama yang harus dilakukan oleh customer service adalah memberikan pelayanan dan membangun hubungan baik dengan calon pelanggan.

Anda harus benar-benar menganggap serius pekerjaan ini dan selalu bersabar dalam menghadapi setiap pelanggan yang sedang menghadapi masalah dan meminta bantuan anda. Selain itu, customer service juga memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan suatu pertanyaan dari awal hingga masalah tersebut teratasi.

Customer Service Bank Adalah

Customer service, sesuai dengan namanya, merupakan posisi yang berada paling depan (frontliner) untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan. Hampir semua instansi atau perusahaan, baik besar maupun kecil membutuhkan posisi ini, termasuk perbankan. Tugas customer service bank adalah berhubungan langsung dengan nasabah bank yang biasa disebut dengan nasabah.

Bank adalah lembaga keuangan yang kegiatannya berupa menghimpun dan menyalurkan dana milik masyarakat. Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk berbagai produk. Customer service dituntut untuk memahami seluk beluk produk bank yang membawahinya. Hal ini agar mereka dapat memberikan informasi yang tepat kepada pelanggan. Sebagai bagian dari bank yang berada di garis depan, posisi customer service cukup krusial.

Posisi ini berhubungan langsung dengan pelanggan setiap hari. Customer service merupakan pintu masuk bagi pelanggan untuk mengenal produk dan layanan yang dapat mereka terima. Sedangkan bagi pihak bank sendiri, posisi ini merupakan peluang untuk menawarkan produk-produknya semenarik mungkin agar dapat menarik minat nasabah.

Job Desk Customer Service Bank

Untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, pelayanan kepada nasabah harus berpedoman pada standar operasional prosedur (sop) yang telah ditetapkan. Sop ini mungkin berbeda di setiap bank. Namun, secara umum tugas customer service bank tidak jauh dari memberikan pelayanan langsung kepada nasabah. Tugas customer service bank meliputi:

  • Melayani Pembukaan Dan Penutupan Rekening

Dalam layanan ini, customer service harus memastikan bahwa calon pelanggan telah memenuhi persyaratan untuk membuka rekening. Setelah semua terpenuhi, customer service juga harus membimbing calon customer dalam pengisian data agar tidak terjadi kesalahan. Selanjutnya calon nasabah juga harus memastikan hak-haknya seperti buku tabungan, kartu atm, dan sebagainya.

Ada kalanya nasabah memutuskan untuk menutup rekening karena berbagai alasan. Ketika kasus ini muncul, customer service juga harus menjelaskan akibat dan biaya yang bisa dikeluarkan. Persetujuan pelanggan adalah mutlak sebelum ditutup.

  • Memberikan Penjelasan Tentang Produk Dari Bank

Sebuah bank biasanya memiliki beberapa jenis produk yang berbeda. Customer service harus bisa menjelaskan secara sederhana tentang produk tersebut. Penjelasan yang baik akan membantu pelanggan untuk memilih produk yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhannya.

  • Terima Pertanyaan Dan Keluhan Dari Pelanggan Dan Berusaha Memberikan Solusi

Menjadi bank customer service berarti siap menghadapi berbagai karakter nasabah yang datang setiap hari. Bukan hanya pertanyaan sederhana, tapi juga keluhan yang terkadang disertai emosi. Di sinilah perlunya kesabaran dan sikap pengasuhan yang harus dimiliki oleh customer service.

Demikian ulasan tentang Customer Service Adalah, Tugasnya Dan Juga Berapa Gajinya, semoga bermanfaat.

Mau buka toko online dropship anti ribet?

Yuk join di demanda.id  sekarang juga!

Dengan Demanda, kamu bisa memiliki bisnis online kamu sendiri. Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper yang barangnya DISIAPIN, DIBUNGKUSIN, & DIKIRIMIN ke pelanggan kamu ATAS NAMA KAMU! Modal terbatas? Jangan khawatir, modal untuk berjualan di Demanda adalah 0 rupiah alias GRATIS. Yuk gabung sekarang dan dapatkan uang tambahan jutaan rupiah perbulan!

Download app-nya sekarang!

google play iconc2

app store icon