Cara Kirim dan Rekomendasi Jasa Kirim Paket ke Luar Negeri

cara kirim paket ke luar negeri

https://img.freepik.com/free-vector/internet-store-goods-international-shipment_335657-2454.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1611342594.1654247670

Memilih jasa ekspedisi adalah hal yang sangat penting, tujuan utamanya tentu saja agar paket yang kita kirimkan bisa sampai di tujuan dengan aman dan selamat.

Selain mempertimbangkan masalah tarif atau ongkos kirim, kita juga harus memilih jasa ekspedisi yang kualitas pelayanannya terjamin dan menyediakan fasilitas layanan yang kita butuhkan. Salah satunya adalah layanan Kirim Paket ke Luar Negeri.

Baca juga : Pengertian, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangan Metode Agile

Apa Itu Layanan Kirim Paket ke Luar Negeri?

Sama seperti layanan kirim paket lainnya yang biasa kita gunakan. Layanan Kirim Paket ke Luar Negeri ini juga sama-sama digunakan untuk mengirimkan suatu barang. Hanya saja pembeda terbesarnya adalah masalah lokasi (beda negara) dan jarak.

Karena lintas negara, maka tak mengherankan apabila tarifnya jauh lebih mahal dibandingkan dengan layanan kirim paket biasa. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Baca juga : Pengertian, Konsep, Tujuan, Manfaat dan Contoh Marketing Mix

Bagaimana Cara Memilih Jasa Pengiriman Barang ke Luar Negeri

Rekomendasi Jasa Kirim Paket ke Luar Negeri

https://img.freepik.com/free-vector/airplane-during-logistic-delivery-warehouse-with-staff-vehicles-packages-isometric_1284-28767.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1611342594.1654247670

Ini adalah kali pertamamu Kirim Paket ke Luar Negeri? Kalau begitu, yuk simak tips-tips memilih jasa pengiriman ke luar negeri berikut ini!

  • Pilihlan jasa ekspedisi yang sudah berpengalaman dan terpercaya.

  • Pilih jasa ekspedisi yang memberikan ongkos kirim yang terjangkau dengan pelayanan yang berkualitas.

  • Pilihlah layanan pengiriman yang sudah banyak digunakan. Karena mereka telah memiliki banyak pengalaman, maka mereka akan lebih tahu bagaimana cara memuaskan kliennya.

  • Kamu juga bisa lho memilih layanan ekspedisi yang baru (karena pengalamn bukanlah satu-satunya pertimbangan). Biasanya saat baru pertama kali launching, mereka akan memberikan banyak promo yang cukup menguntungkan. Namun, tetap pertimbangan kualitas pelayanannya ya.

  • Pilihlah jasa pengiriman luar negeri yang memberikan fasilitas tambahan seperti fasilitas pengurusan dokumen, bea cukai, dan juga asuransi.

  • Kalau kamu mau paketmu cepat sampai di tujuan, kamu bisa request atau menggunakan layanan pengiriman jalur udara (dikirim menggunakan pesawat/pesawat kargo) hanya saja harganya memang jauh lebih mahal. Kalau kamu tidak terburu-buru dan ingin harga yang lebih murah, kamu bisa memilih pengiriman jalur laut atau darat. Sebagai tips tambahan, kamu bisa memilih jasa ekspedisi yang menyediakan 3 pilihan jalur (udara, darat, laut) sehingga kamu bisa lebih bebas memilihnya.

  • Pilihlah jasa Kirim Paket ke Luar Negeri yang operasional atau proses pengirimannya mencakup berbagai wilayah di seluruh dunia.

  • Pilih jasa ekspedisi yang terkenal dengan image baiknya, dan memiliki fasilitas tracking yang baik.

Baca juga : Cara Membuat Situs Web Profesional dengan Mudah dan Praktis

Rekomendasi Jasa Kirim Paket ke Luar Negeri Terbaik

Tarif Kirim Paket Ke Luar Negeri

https://img.freepik.com/free-vector/import-goods-services-abstract-concept-illustration_335657-3938.jpg?size=338&ext=jpg&ga=GA1.2.1611342594.1654247670

Masih bingung mau pilih jasa ekspedisi mana untuk keperluan pengiriman internasional? Kamu mungkin bisa memilih layanan berikut ini :

  • DHL

Pertama, kamu bisa menggunakan DHL. DHL sudah dipercaya mengirimkan jutaan paket ke seluruh dunia DHL sendiri banyak dipilih lantaran menawarkan jasa kirim paket internasional yang murah dengan kualitas yang terjamin. Selain itu, DHL juga melayani pengiriman ke berbagai negara di penjuru dunia.

Jasa pengiriman DHL juga cukup komplit lho, mencakup pengiriman jalur laut, udara, darat sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhanmu.

Baca juga : Contoh, Jenis Barang, Hingga Tips Mengirim Paket

  • FedEx

Kedua, ada FedEx. Sama seperti DHL, FedEx juga menyediakan layanan pengiriman internasional yang mencakup berbagai negara. Tarif FedEx sendiri juga terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan tarif ekspedisi lainnya.

Proses pengirimannya juga cukup mudah dan cepat. Dengan FedEx, kamu juga bisa melakukan pelacakan paket secara online lho sehingga kamu bisa mengetahui perkiraan barang sampai tujuan kamu kapan.

Baca juga : Pengertian, Sejarah dan Perkembangan Blog Pribadi

  • TIKI

Ketiga, ada TIKI. Ya, TIKI juga menyediakan layanan pengiriman internasional yang bisa kamu manfaatkan. Nama layanannya sendiri adalah INT atau International Service. TIKI sendiri adalah salah satu layanan ekspedisi yang memiliki reputasi yang cukup baik di Indonesia.

Tarifnya cukup murah, aman terpercaya, dan juga sampainya cepat. Untuk pengiriman ke luar negeri, kamu nggak perlu khawatir lantaran TIKI juga memberikan ongkos kirim yang murah. Terlebih lagi, ada asuransinya. Jadi, kamu bisa melakukan klaim penggantian apabila barang tersebut hilang.

  • JNE

Selain TIKI, JNE juga menyediakan layanan pengiriman internasional dengan harga yang murah. Ada fasilitas tracking juga dan tarifnya cukup terjangkau. Kamu bisa mengirimkan paket melalui counter JNE terdekat. Sama seperti TIKI, JNE juga memberikan asuransi. Jadi, kamu nggak perlu khawatir lantaran barangmu aman dan dijamin sampai tujuan.

Baca juga : Cara Kirim dan Tips Mengemas Paket Via Ekspedisi

  • FWD Express

Kelima, ada FWD Express. Meskipun masih tergolong baru. Namun, layanan ini tetap bisa kamu coba lho. Cakupan pengirimannya juga luas, mencakup beberapa negara di dunia. Selain itu, prosesnya juga cukup cepat dan murah.

Karena sistemnya yang berorientasi pada konsumen, kamu bisa mengandalkan FWD Express sebagai penyedia layanan Kirim Paket ke Luar Negeri. Ada juga fitur pelacakan resi online dari FWD Express yang bisa kamu manfaatkan untuk tracking paketmu.

  • Pos Indonesia

Kamu juga bisa lho mengirimkan paket internasional menggunakan layanan Pos Indonesia. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengemas barangmu seaman mungkin sesuai dengan aturan pengiriman barang. Kemudian, antarkan paket tersebut ke kantor cabang Pos Indonesia. Jangan lupa cantumkan alamat pengiriman dan penerima dengan lengkap ya.

Staff counter disana akan membantumu untuk menimbang paket dan mengisi formulir. Syarat pengirimannya : negara tujuannya harus masuk kedalam jaringan EMS (Express Mail Service), ukuran dan berat terpenuhi, packing aman dan kuat. Kamu nanti akan diberikan 2 resi, yakni resi dalam negeri dan resi luar negeri dimana resi dalam negeri bisa kamu gunakan untuk mengecek/tracking di laman Pos Indonesia dan resi luar negeri untuk penerima. Layanan pengiriman internasional yang disediakan oleh Pos Indonesia antara lain adalah : EMS, QIX (Quick International Express), Paket pos Cepat Internasional, dan pos ekspor.

Baca juga : Pengertian Open Order, Cash On Delivery dan Tips Membeli Barang Secara Online

  • SAP Express Courier

Terakhir, ada SAP Express Courier. Kamu mungkin sering menjumpai kendaraan logistic milik SAP ini di jalan, bukan? Ya, SAP sendiri merupakan salah satu layanan kirim paket yang populer. Ada juga layanan pengiriman internasional yang bisa kamu manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pengiriman paket. Pelayanannya pun cukup lengkap, dengan harga yang cukup murah.

Nah, itulah beberapa rekomendasi jasa ekspedisi yang melayani Kirim Paket ke Luar Negeri. Tiap ekspedisi biasanya memiliki tarif serta ketentuan layanannya sendiri. Contoh : bobot minimal, dan sejenisnya. Kamu bisa bertanya-tanya dulu pada ekspedisi yang akan kamu gunakan untuk memastikannya.

Baca juga : Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Jenis Spanduk

Perkiraan Tarif Kirim Paket ke Luar Negeri

Kamu juga bisa mengecek tarifnya via online lho, dengan mengunjungi laman cek ongkir masing-masing ekspedisi atau mengunjungi ekspedisi tersebut secara langsung.

Nah,  berikut ini estimasi ongkos kirim barang ke berbagai negara :

  • Malaysia : Rp 85.366 (Mister Exportir), Rp 487.366 (Pos Indonesia), JNE (Rp 104.000), dan TIKI (Rp 305.000).

  • Taiwan (asal pengiriman Jakarta) : Pos Indonesia Rp 254.120, JNE Rp 406.000, SiCepat Rp 128.000, TIKI Rp 504.000.

  • Korea Selatan (asal pengiriman Jakarta) : Via Pos Indonesia Rp 271.937, JNE Rp 260.000, TIKI Rp 504.000.

NB : tarif tersebut bisa berbeda, tergantung layanan ekspedisi, bobot, negara tujuan, negara asal, dan faktor lainnya.

Baca juga : Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, Hingga Cara Mendesain Flyer

 

Referensi :

https://misterexportir.com/biaya-kirim-paket-ke-luar-negeri/

https://www.kuriran.id/jasa-pengiriman-barang-ke-luar-negeri-paling-murah/

https://kargo.tech/blog/cara-kirim-paket-keluar-negeri-dengan-mudah/

https://blog.shipper.id/tips/kirim-barang-ke-luar-negeri/