Pengertian Brand Ambassador, Tugas, Jenis, Hingga Tips Memilih Brand Ambassador

Saat ini persaingan bisnis semakin ketat, berbagai brand berlomba lomba untuk memasarkan produk mereka. Oleh sebab itu, perusahan harus memutar otak untuk mampu berkompetisi dengan tepat agar tidak kehilangan posisi pasar. Ada berbagai macam cara yang dilakukan perusahaan untuk memperkenalkan brand kepada masyarakat, salah satunya adalah dengan mengangkat seorang brand ambassador atau sering disebut juga sebagai duta merek. 

Terlebih, banyaknya pengguna media sosial saat ini meningkatkan kebutuhan akan brand ambassador. Keberadaan brand ambassador ini dapat kita jumpai sehari hari, para brand ambassador kebanyakan adalah para selebriti, mereka kerap kali mengiklankan produk di berbagai media. Selain itu, mereka juga sering membagikan kesehariannya menggunakan produk tersebut di media sosial. Lantas, apa itu sebenarnya brand ambassador, bagaimana peranannya bagi perusahaan, dan bagaimana tips memilih brand ambassador yang tepat? Ketahui jawabannya dalam ulasan berikut ini. 

Pengertian Brand Ambassador

Brand Ambassador adalah seseorang yang dipercaya dan diajak bekerjasama oleh suatu perusahaan dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness serta mendorong penjualan melalui promosi brand ke jaringan mereka. Brand ambassador akan bekerja sesuai dengan durasi yang disepakati oleh kedua belah pihak. Biasanya, brand ambassador adalah seseorang yang terkenal, seperti aktor, musisi, dan figur publik tetapi bukan berarti brand ambassador hanya terbatas pada orang terkenal. Dengan begitu, pesan dari brand-anda akan tersebar dengan luas. 

Dengan adanya brand ambassador yang dipilih untuk menjadi ikon dalam mewakili suatu brand merupakan salah satu strategi pemasaran. Strategi ini dapat mempengaruhi keputusan calon konsumen, apakah mereka akan membeli atau tidak. Dengan cara demikian diharapkan perusahaan bisa mendapatkan serta mempertahankan loyalitas pelanggan produknya tersebut. Tidak hanya itu, memiliki brand ambassador ditujukan agar mereka dapat menjadi juru bicara yang mengkomunikasikan suatu brand dan juga membentuk identitas suatu perusahaan. Oleh sebab itu, perusahaan harus berhati-hati dalam memilih brand ambassador. 

Baca juga : Apa Itu Komersial?

Perbedaan Brand Ambassador, Brand Advocate dan Influencer

https://www.tbsnews.net/tech/chris-evans-becomes-tecno-brand-ambassador-240763 

 

https://talkinginfluence.com/2019/12/16/influencers-branding-new-level/ 

 

https://www.itagroup.com/insights/want-generate-brand-advocacy-these-brands-show-you-how 

Brand advocate, brand ambassador, dan influencer merupakan istilah yang sering digunakan dalam dunia marketing. Mayoritas orang menganggap ketiga istilah tersebut memiliki arti yang sama. Oleh sebab itu, agar tidak salah paham, berikut perbedaannya. 

Brand Ambassador

Brand Advocate

Influencer

Ditunjuk langsung oleh perusahaan

Tidak ditunjuk langsung oleh perusahaan

Ditunjuk langsung oleh perusahaan

Mayoritas berasal dari kalangan artis atau orang terkenal

Berasal dari pelanggan setia

Bukan hanya berasal dari kalangan artis atau orang terkenal, mereka bisa berasal dari mana saja.

Dibayar untuk menunjukkan rasa puas dan senang terhadap produk atau brand tertentu.

Bersedia memberikan komentar dan review positif tanpa dibayar atau diberi imbalan.

Mendapatkan imbalan dari apa yang mereka katakan kepada publik meskipun tidak sebesar brand ambassador.

Diminta untuk memberi review pada produk meski belum pernah menggunakannya.

Sudah lama memakai dan menggunakan produk dari brand Anda.

Diminta untuk memberi review pada produk meski belum pernah menggunakannya.

Kontrak kerjasama yang cukup panjang

Tidak ada kontrak kerja sama

Kontrak kerjasama relatif singkat

Tugas dan Tanggung Jawab Brand Ambassador

Setelah mengetahui apa itu brand ambassador dan perbedaannya dengan influencer dan brand advocate, berikut beberapa tugas dan tanggung jawab brand ambassador. 

  • Mempromosikan brand melalui akun media sosial pribadi 

  • Menyesuaikan citra dirinya dengan visi dan misi dari perusahaan atau brand

  • Bekerjasama dengan perusahaan untuk membantu pengkonsepan konten 

  • Memahami brand yang dipromosikan sehingga dapat berinteraksi dengan pelanggan

  • Meningkatkan kepercayaan masyarakat dengan menunjukkan citra yang baik pada setiap aktivitasnya

Manfaat Memiliki Brand Ambassador

Selain brand ambassador memiliki pengaruh terhadap peningkatan penjualan produk, brand ambassador juga memiliki berbagai manfaat, seperti

  • Membantu brand sebuah perusahaan untuk dikenal oleh masyarakat

  • Membantu mendekatkan brand dengan pelanggan sehingga mampu menggaet calon pembeli

  • Membantu proses marketing suatu brand dengan memberikan ulasan positif mengenai suatu produk

  • Membantu memperluas pasar di mancanegara dengan bekerja sama dengan brand ambassador lokal

Jenis brand ambassador

Brand ambassador dapat dikategorikan menjadi beberapa tipe, diantaranya

1. Influencer Brand Ambassador Program 

Para pelaku brand ambassador ini kebanyakan berasal dari kalangan artis dan para tokoh terkenal. Mereka memiliki pengaruh besar di masyarakat dan bertugas mengunggah konten brand selama periode tertentu sesuai kesepakatan.

2. Affiliate Brand Ambassador Program

Brand ambassador ini memiliki cara kerja affiliate marketing dimana brand ambassador akan mempromosikan brand dengan membagikan tautan di akun media sosial mereka dan ketika seseorang berhasil melakukan pembelian mereka akan menerima komisi. Oleh sebab itu, jenis brand ambassador ini diyakini akan memberikan keuntungan bagi kedua pihak. 

3. College Brand Ambassador Program

Pada tipe satu ini, pelaku merupakan mahasiswa yang mempromosikan produk kepada sesama mahasiswa. Mereka dapat melakukannya dengan membagikan souvenir gratis, sampel produk, memasang poster perusahaan, serta menyelenggarakan acara promosi di dalam atau di luar kampus. Brand ambassador jenis ini memiliki target customer berusia 18-25 tahun. 

Alasan Perusahaan Menjalankan Brand Ambassador

Seperti yang diketahui, banyak dari pelaku bisnis memiliki brand ambassador, sebut saja e-commerce. Ada beberapa alasan perusahaan memutuskan untuk memiliki brand ambassador, berikut beberapa alasannya,

  • Melindungi Citra Brand – ketika rumor negatif melanda bisnis anda, merekrut brand ambassador merupakan cara yang patut dicoba guna mengembalikan citra brand bisnis anda.

  • Membantu Bisnis Berkembang – energi positif dari brand ambassador akan memberikan pengaruh dalam penjualan dan perkembangan bisnis anda. 

  • Meningkatkan Traffic Situs Bisnis – ketika brand ambassador melakukan promosi di akun media sosialnya, ini mampu meningkatkan kunjungan ke situs bisnis anda. 

Tips memilih Brand Ambassador

1. Profesionalisme 

Ketika memilih seorang brand ambassador, pastikan anda tidak memilih publik figur yang berpotensi memiliki masalah atau skandal. Penting juga untuk memastikan bahwa mereka adalah orang yang profesional, dapat diandalkan, dan dapat bekerjasama. 

2. Passion

Seorang brand ambassador harus selalu bersemangat dan mempunyai energi positif sehingga orang tertarik pada mereka. Tidak hanya itu, mereka juga harus mempunyai kemampuan untuk menjalin hubungan baik dengan para pelanggan dan mempromosikan brand. 

3. Relevan dengan Brand

Pertimbangan saat merekrut brand ambassador adalah relevansi dengan brand. Pastikan bahwa mereka memiliki kecocokan dengan brand dengan memintanya untuk mencoba brand anda. 

4. Percaya terhadap Brand

Tidak kalah penting adalah kepercayaan brand ambassador terhadap brand anda. Hal ini penting karena mereka bertugas untuk mengkomunikasikan brand anda dengan tulus dan konsisten.

5. Fleksibilitas

Sebagai brand ambassador, mereka sudah seharusnya terbuka terhadap masukan dan bersedia untuk merespon terhadap calon pelanggan kapanpun dan dimanapun. Jangan sampai mereka malah acuh ketika seseorang bertanya mengenai brand anda. 

Mau buka toko online anti ribet? Yuk join di demanda.id  sekarang juga!

Dengan Demanda, kamu bisa memiliki bisnis online kamu sendiri. Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper yang barangnya DISIAPIN, DIBUNGKUSIN, & DIKIRIMIN ke pelanggan kamu ATAS NAMA KAMU! Modal terbatas? Jangan khawatir, modal untuk berjualan di Demanda adalah 0 rupiah alias GRATIS. Yuk gabung sekarang dan dapatkan uang tambahan jutaan rupiah perbulan!

Download app-nya sekarang!

google play iconc2