Pengertian Paket Bundling, Cara Membuat, Jenis, Hinggaa Keuntungan Menjual Paket Bundling

3 paket bundling

Dalam menjalankan usahanya, para pelaku bisnis pasti akan berada pada titik dimana usahanya mengalami fluktuasi (kondisi atau kondisi yang tidak tetap atau berubah). Dalam mencegah resiko atau kerugian yang bisa terjadi, pengetahuan dan wawasan tentang Paket Bundlingsangat diperlukan.

Apalagi pelaku bisnis harus bisa memanfaatkan era teknologi dan digitalisasi untuk menawarkan produk dalam paket hemat. Hal ini jelas akan menguntungkan kedua belah pihak, antara penjual dan pembeli.

Dengan memahami dan menerapkan product bundling, Anda akan memperoleh keuntungan penjualan yang signifikan. Sementara itu, pelanggan akan diuntungkan karena dapat mencoba lebih dari satu produk atau layanan hanya melalui bundling dengan harga terjangkau. Oleh karena itu, penting bagi Anda sebagai pebisnis untuk menerapkan product bundling, baik secara terbatas maupun berkelanjutan.

Apa itu Bundle?

Bundle atau bundling produk merupakan teknik di mana beberapa produk dikelompokkan bersama dan dijual sebagai satu unit dengan satu harga. Strategi ini digunakan untuk mendorong para pelanggan membeli lebih banyak produk. McDonald's Happy Meals adalah contoh bundel produk.

Alih-alih menjual burger, soda, dan kentang goreng dengan secara terpisah, keduanya dijual sebagai kombinasi, yang menghasilkan lebih banyak penjualan daripada menawarkannya secara terpisah. Selain itu, metode ini sangat umum digunakan oleh pelaku bisnis eCommerce, restoran cepat saji, dan juga industri perhotelan.

Awal Mula Hadirnya Paket Bundling

Munculnya product bundling terjadi karena suatu alasan. Tahun 1995 menandai dimulainya product bundling, dimana perusahaan telekomunikasi gencar menghadirkan ponsel CDMA. Perusahaan memperkenalkan dan menggunakan strategi bundling agar produk baru ini dapat menarik perhatian masyarakat untuk memilih penggunaan jaringan pulsa baru yaitu CDMA. Tidak hanya itu, semakin banyak orang yang memilih ponsel CDMA.

Selain itu, perusahaan juga menawarkan berbagai keuntungan bagi pengguna. Contohnya adalah akses yang mudah dan murah saat menggunakan media sosial yang dikenal saat itu. Seiring waktu, produser China meniru dan memberikan starter pack serta lagu secara gratis. Strategi ini telah terbukti berhasil dan telah mempengaruhi perusahaan Cina lainnya dalam mencapai kesuksesan pemasaran dan penjualan produk.

Cara Membuat Produk Bundle

1. Masuk ke Admin, lalu buka halaman Produk > Bundel produk.

2. Masukkan foto atau gambar untuk promosi produk bundle yang Anda buat.

3. Beri nama dan deskripsi untuk bundel produk. Pastikan nama ditulis dengan jelas dan deskripsinya semenarik mungkin.

4. Tentukan skema harga untuk bundel produk. Ada 3 syarat skema harga:

  • Harga tetap: Harga tetap dari produk yang dibundel yang ditentukan tanpa dipengaruhi oleh harga total masing-masing produk.

  • Nilai diskon (Rp): Total harga produk dikurangi dengan nominal diskon yang telah ditentukan.

  • Persentase diskon (%): Total harga produk dikurangi dengan persentase diskon nominal yang ditentukan.

5. Tentukan produk apa yang akan di-bundling. Pertama, pilih produk untuk bundel produk pertama.

6. Pilih produk untuk bundel produk kedua.

7. Tambahkan produk lain untuk digabungkan dalam satu bundel sesuai keinginan Anda. Kemudian klik Simpan.

8. Temukan bundel produk yang telah Anda buat di halaman Diskon toko Anda.

Nah, itu saja tentang produk bundling, mulai dari pengertian bundling, manfaat, kendala dan solusi, hingga cara membuatnya.

Jenis-Jenis Product Bundling

1. Mixed Bundling

Mixed bundling adalah salah satu strategi bundling yang paling umum digunakan. Mixed bundling biasanya menggunakan background data history order dari penjualan produk yang dijual secara bersamaan dan adanya penggabungan antara dua produk yang banyak digunakan oleh konsumen. Melalui mixed bundling, pelanggan tetap dapat membeli setiap item secara terpisah. Namun, Anda bisa memberikan diskon khusus kepada konsumen saat memesan dan membeli keduanya sekaligus.

2. Pure Bundling

Jenis product bundling selanjutnya adalah pure bundling. Pure bundling menawarkan produk bundling yang hanya dapat dibeli dalam waktu bersamaan. Saat Anda berada di sisi pelanggan, Anda tidak dapat membelinya secara terpisah. Pure bundling memiliki kelemahan berupa menurunnya penjualan dari waktu ke waktu, hal ini dikarenakan pelanggan merasa terbatas untuk membeli produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

3. Same Produk Bundling

Same product bundling merupakan strategi yang paling tepat karena mampu memberikan diskon ketika konsumen memesan produk yang sama sekaligus. Strategi yang sama untuk produk bundling telah berhasil dijalankan oleh perusahaan atau langsung ke merek konsumen yang menawarkan produk perawatan atau esensial.

Konsep bundling yang satu ini cenderung mirip dengan model berlangganan, tentunya ini lebih baik daripada membayar pesanan baru hampir setiap hari. Oleh karena itu, bundling jenis ini memberikan keuntungan kepada pelanggan untuk membeli produk dengan harga yang cukup tinggi di awal, namun tetap lebih efisien, terjangkau, dan efisien.

4. Kelebihan Persediaan

Mengapa strategi product bundling masih yang paling efektif saat ini? Hal ini karena ada peluang bagi Anda sebagai pebisnis untuk membersihkan ruang inventaris yang lama dan dapat memberikan ruang untuk produk baru.

Faktor keuntungan dapat berkurang secara signifikan ketika suatu produk mengalami pergerakan transaksi yang lebih lambat. Selain itu, Anda harus merogoh kocek ekstra untuk memenuhi biaya penyimpanan. Setiap produk perlu memiliki kemampuan untuk menjual dengan cepat.

Keuntungan Produk Bundling

1. Meningkatkan Nilai Pesanan Secara Rata-Rata

Eksekusi dan implementasi bundling dapat mengakibatkan peningkatan rata-rata jumlah pesanan serta penjualan. Hal ini dapat berdampak pada peningkatan keuntungan atau keuntungan bisnis melalui penjualan setiap produk. Dalam perspektif konsumen, mereka dapat merasakan efisiensi waktu dan biaya karena membeli beberapa produk dalam waktu yang bersamaan. Misalnya, ketika seorang pelanggan memutuskan untuk membeli hotdog, kentang, dan minuman.

2. Mengurangi Biaya Pesanan Dan Biaya Distribusi

Salah satu kegiatan pemasaran yang membutuhkan biaya nominal yang besar adalah kegiatan distribusi. Hanya dengan menggabungkan beberapa produk menjadi satu, penjualan jadi lebih banyak disertai upaya fisik dan distribusi minimal.

Mengemas produk secara bersama-sama juga memudahkan Anda untuk menghemat biaya pengemasan sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra. Tentu Anda tahu bahwa karton dan kotak memiliki ukuran tertentu dan lebih mudah untuk mengambil berat dan tempat pengiriman.

3. Mengurangi Pemborosan Inventaris

Product bundling merupakan alternatif yang paling direkomendasikan untuk menipiskan stok mati sebelum menumpuk dan memicu masalah tertentu, karena tentunya tidak ada pengusaha yang akan mengalami kerugian drastis akibat kondisi persediaan.

Tantangan Dalam Melakukan Produk Bundling

1. Keliru Membundling Suatu Produk

Sama seperti jenis perencanaan lainnya, Anda harus melalui tahap percobaan terlebih dahulu untuk menilai kompatibilitas antara menggabungkan berbagai produk. Meski sudah memilih produk yang benar-benar laris di pasaran, tentunya masih ada peluang kesalahan bundling yang harus diantisipasi.

2. Kehabisan Salah Satu Produk Bundling

Ada kondisi di mana Anda sudah mempersiapkan rencana bundling produk dengan matang. Namun, satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah mengecek stok barang dan memastikan salah satunya tidak habis. Tentu akan merepotkan Anda dan tim jika stok habis saat sibuk.

Demikian ulasan tentang Pengertian Paket Bundling, Cara Membuat, Jenis, Hinggaa Keuntungan Menjual Paket Bundling semoga bermanfaat.

 

Mau buka toko online anti ribet? Yuk join di demanda.id  sekarang juga!

Dengan Demanda, kamu bisa memiliki bisnis online kamu sendiri. Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper yang barangnya DISIAPIN, DIBUNGKUSIN, & DIKIRIMIN ke pelanggan kamu ATAS NAMA KAMU! Modal terbatas? Jangan khawatir, modal untuk berjualan di Demanda adalah 0 rupiah alias GRATIS. Yuk gabung sekarang dan dapatkan uang tambahan jutaan rupiah perbulan!

Download app-nya sekarang!

google play iconc2