Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Jenis Spanduk

Spanduk adalah

Ketika kamu tengah berada dalam perjalanan, kamu pastinya sering melihat jejeran spanduk di sepanjang pinggir jalan, bukan? Lalu, sebenarnya apa sih spanduk itu. Mari kita bahas pengertian spanduk dan beberapa hal lainnya seputar spanduk dalam ulasan berikut ini!

Baca juga : Pengertian, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangan Metode Agile

Baca juga : Contoh, Jenis Barang, Hingga Tips Mengirim Paket

Pengertian Spanduk

Spanduk dikenal juga dengan istilah banner (Bahasa Inggris) yang sebenarnya berasal dari Bahasa Latin Banderia atau Bandum.

Beberapa ahli yang menyatakan pendapatnya mengenai pengertian banner atau Spanduk Adalah :

  • Soewardikoen : “salah satu media iklan yang terdiri dari unsur gambar (ilustrasi dengan tangan atau foto) digabungkan dengan unsur tertulis (huruf-huruf, kata-kata, dan kalimat) yang dirangkai sedemikian rupa dengan tujuan untuk menarik atau memikat pembaca.”

  • Rachmat Kriyantono : “suatu bentuk komunikasi non personal yang menyampaikan pesan untuk menjual sebuah produk yang memungkinkan lebih banyak konsumen untuk membeli produk yang dijual dan membayar media yang digunakan.”

  • Darmadi Durianto : “suatu proses komunikasi yang memiliki tujuan untuk membujuk banyak orang untuk membeli dan menggunakan apa yang diiklankan dan menjadi sebuah promosi yang dapat meningkatkan daya beli orang-orang yang menginginkan produk tersebut.”

Dari pengertian-pengertian diatas, dapat kita simpulkan bahwa Spanduk Adalah suatu media iklan/promosi yang menggabungkan unsur visual dan kata-kata yang dirangkai sedemikian rupa dengan tujuan untuk menarik/memikat pembacanya/calon konsumen untuk membeli/menggunakan suatu jasa/produk atau melakukan sesuatu seperti yang diinginkan si pembuat spanduk.

Untuk membuat spanduk ini, Anda cukup mendatangi tempat sablon/printing digital yang melayani pembuatan spanduk. Selanjutnya, Anda bisa meminta request khusus atau memberikan desain spanduk yang telah jadi untuk selanjutnya dicetak.

Harga pembuatan spanduk ini cukup murah kok, berkisar antara puluhan hingga ratusan ribu rupiah saja. Tergantung ukuran dan spesifikasi yang diminta.

Baca juga : Pengertian, Konsep, Tujuan, Manfaat dan Contoh Marketing Mix

Baca juga : Pengertian Open Order, Cash On Delivery dan Tips Membeli Barang Secara Online

Fungsi dan Manfaat Spanduk

  • Sebagai media penyebaran informasi pada khalayak banyak.

  • Sebagai media untuk mempromosikan suatu produk/jasa.

  • Untuk menggaet lebih banyak calon konsumen.

  • Menunjukkan identitas & informasi terbaru seputar perusahaan/event tertentu. Contoh : launching restoran baru dan event bazar buku.

  • Meningkatkan kredibilitas dan brand awareness.

Baca juga : Cara Kirim dan Rekomendasi Jasa Kirim Paket ke Luar Negeri

Jenis Spanduk

Ada banyak sekali jenis spanduk yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan lho. Berikut ini diantaranya :

1. Jenis Spanduk Berdasarkan Proses Pembuatannya

  • Spanduk Sablon : Diproduksi dengan cara disablon. Memungkinkan pencetakan banyak spanduk dengan cepat. Hanya saja, jika campuran catnya tidak pas maka spanduk jenis ini akan mudah luntur ketika terkena air hujan.

  • Spanduk Spray : Spanduk jenis ini lebih tahan air. Namun, proses pembuatannya lebih lama.

  • Spanduk Printing : Dicetak menggunakan peralatan/mesin yang canggih. Kualitasnya terjamin, tapi harganya cukup mahal.

Baca juga : Cara Kirim dan Tips Mengemas Paket Via Ekspedisi

2. Jenis Spanduk Berdasarkan Ukurannya

  • Spanduk berukuran standar : Sering digunakan untuk kepentingan promosi seperti pop up atau diletakkan di pinggir jalan atau di tempat perusahaan/event berlangsung. Contoh ukuran : 300 x 250 IMU/Pixel - Medium Rectangle.

  • Banner & Buttons : Seringkali digunakan untuk keperluan promosi di internet. Contoh ukuran : 120 x 90 IMU/Pixel – Button.

Baca juga : Cara Membuat Situs Web Profesional dengan Mudah dan Praktis

Baca juga : Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, Hingga Cara Mendesain Flyer

3. Jenis Spanduk Berdasarkan Bentuk

  • X-Banner : Spanduk yang memiliki 2 tiang penyangga menyilang berbentuk X. Sering digunakan sebagai media informasi dan promosi di dalam ruangan pada suatu perusahaan/tempat. Contoh, di depan restoran/booth kuliner untuk menampilkan menu terbaru.

  • Mini X-Banner : Sama seperti X-Banner, hanya saja ukurannya lebih kecil. Sering diletakkan di atas meja.

  • Roll Banner : Berbentuk roll yang bisa digulung sehingga lebih fleksibel untuk dibawa.

 Baca juga : Pengertian, Sejarah dan Perkembangan Blog Pribadi

Spanduk Adalah salah satu media promosi dan media penyebaran informasi yang masih banyak digunakan saat ini. Sekian pembahasan kali ini dan semoga bermanfaat.