Apa Yang Dimaksud Dengan Desain Produk,Tujuan Dan Fungsinya

Desain produk adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan sebelum launching produk tersebut

Saat memulai bisnis baru, yang harus kita lakukan hanyalah memperkenalkan produk kepada masyarakat umum. Jadi bagaimana? Sebelum itu, harus dipastikan bahwa produk kita benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat dengan melakukan beberapa penelitian sebelumnya. Hal ini akan memudahkan kami untuk memperkenalkan produk kami. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, logo merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan atau instansi. Oleh karena itu, tampilan jenis logo kami juga mempengaruhi kepercayaan masyarakat. Logo yang baik akan meyakinkan masyarakat bahwa produk kita benar-benar terpercaya. Tentunya dengan tampilan logo yang mencerminkan bisnis kita. agar anda lebih memahami Apa Yang Dimaksud Dengan Desain Produk, tujuan dan fungsinya, yuk simak ulasan dibawah ini yang telah kami sediakan untuk anda.

Saat memulai bisnis baru, yang harus kita lakukan hanyalah memperkenalkan produk kepada masyarakat umum. Jadi bagaimana? Sebelum itu, harus dipastikan bahwa produk kita benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat dengan melakukan beberapa penelitian sebelumnya. Hal ini akan memudahkan kami untuk memperkenalkan produk kami. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, logo merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan atau instansi. Oleh karena itu, tampilan jenis logo kami juga mempengaruhi kepercayaan masyarakat. Logo yang baik akan meyakinkan masyarakat bahwa produk kita benar-benar terpercaya. Tentunya dengan tampilan logo yang mencerminkan bisnis kita. agar anda lebih memahami Apa Yang Dimaksud Dengan Desain Produk, tujuan dan fungsinya, yuk simak ulasan dibawah ini yang telah kami sediakan untuk anda.

Pengertian Desain Produk

Pengertian Desain Produk

Desain Produk adalah rangkaian upaya mempelajari dan merencanakan benda pakai yang fungsional, ergonomis, dan estetis sehingga menjadi lebih bernilai dan bermanfaat. Biasanya produk yang sudah didesain akan diproduksi massal secara industri. Oleh karena itu bidang studi ini juga disebut sebagai desain industri.

Pengertian desain produk menurut para ahli

Menurut Suyadi Prawirosentono adalah desain dari suatu jenis produk yang akan dihasilkan.

Menurut Franklin G Moore Dan Thomas E Hendrick merupakan hal yang sangat penting dari sebuah produk, karena dapat meningkatkan omzet suatu organisasi 2-3 kali dalam satu waktu.

Menurut Imam Djati Widodo adalah pendekatan yang sistematis, dalam mengintegrasikan perencanaan produk dan proses mempengaruhi. Termasuk pembuatan dan pendukungnya.

Apa Itu Desain Produk?

Desain produk adalah proses mengidentifikasi peluang pasar, mencari tahu sumber masalah, menciptakan jalan keluar dari masalah, dan meminta validasi dari audiens. Untuk memecahkan suatu masalah diperlukan suatu metode yang disebut design thinking. Design thinking adalah salah satu pendekatan yang paling popular dalam menciptakan suatu produk.

Apa Yang Dimaksud Dengan Desain Produk Dalam Seni Rupa?

Desain produk dalam seni rupa adalah proses menciptakan produk baru yang akan dijual kepada pelanggannya.

  • Dalam pendekatan sistematis, desainer produk membuat konsep dan mengevaluasi ide, dan mengubahnya menjadi penemuan dan produk nyata.
  • Aspek lain dari desain produk termasuk desain rekayasa, terutama ketika hal fungsi atau utilitas (misalnya pemecahan masalah) menjadi masalah, meskipun batas-batasnya tidak selalu jelas.

Baca juga : Wirausaha Adalah 

Apa Itu Desain Produk Kerajinan

Desain produk kerajinan adalah desain berbasis kriya, terjemahan dari istilah 'rancangan kriya' dan dapat diartikan sebagai karya rancang bangun yang berdasarkan prinsip-prinsip kriya dalam proses perwujudannya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Desain Produk Dan Jasa

Desain produk adalah proses menciptakan produk baru yang akan dijual kepada pelanggannya. Sedangkan service design adalah sesuatu yang diproduksi dan dikonsumsi secara bersamaan karena juga akan menentukan berhasil atau tidaknya dalam bisnis.

Baca juga : Apa Itu Komersial?

Ruang Lingkup Desain Produk

Riset User Atau Pengguna

Sebelum memutuskan untuk melakukan sebuah desain produk, tentunya Anda ingin mengetahui solusi apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pengguna. Anda harus memahami motivasi, aspirasi, dan tujuan pengguna. Untuk mencapai hasil riset terbaik, Anda akan bekerja sama dengan Product Manager, UX Researcher, Product Insight dan stakeholders lainnya untuk menentukan target user, permasalahan yang mereka hadapi.

Prototipe Dan Desain

Kemudian, setelah menentukan siapa pengguna Anda dan apa masalah pengguna, Anda akan mulai mendesain produk yang masih dalam bentuk draft. Selanjutnya, dengan menggunakan alat desain, Anda dan tim Anda akan membuat prototipe desain.

Dalam proses pembuatan prototipe ini, Anda dan tim Anda akan menguji desain secara visual dan bagaimana desain tersebut berinteraksi dengan pengguna. Selain interaksi yang baik dengan pengguna, prototipe ini juga perlu mengikuti prinsip-prinsip desain perusahaan.

Uji Produk

Setelah prototipe selesai, Anda akan bekerja dengan Peneliti UX untuk menemukan pengguna yang cocok untuk menguji produk. Ada berbagai metode untuk menguji desain produk yang umum digunakan seperti pengujian pohon, pengujian A/B, survei, wawancara, atau beta langsung.

Desain Produk Lanjutan

Dengan memanfaatkan umpan balik dan data dari pengguna, Anda kemudian akan melakukan desain produk tingkat lanjut. Ini untuk memastikan bahwa produk benar-benar dapat menyelesaikan masalah pengguna selama peluncuran produk.

Launching dan monitoring

Setelah desain produk selesai, Anda akan bekerja sama dengan tim insinyur untuk membangun produk sesuai dengan cetak biru desain yang ada. Ini juga untuk memastikan bahwa produk sesuai dengan desain dan tidak memiliki bug. Begitu produk diluncurkan, pekerjaan Anda tidak selesai begitu saja.

Anda akan bekerja sama dengan Peneliti UX dan Tim Produk lainnya untuk memantau KPI. Berdasarkan data pemantauan, Anda dan tim akan menyesuaikan kembali apakah desain produk perlu dimodifikasi atau diperbarui. Secara garis besar ruang lingkup desain produk saling terkait antara analisis, desain, peluncuran produk, pemantauan dan pengembangan kembali produk. Dimana, tujuan utama dari perancangan produk ini adalah untuk memecahkan masalah.

3 Jenis desain produk

Dalam desain produk, ada tiga jenis utama desain produk yang perlu Anda ketahui. Masing-masing jenis produk ini memiliki fungsi yang sangat penting.

System design

Seperti namanya, desain sistem berarti berfokus pada sistem dalam produk Anda. Maka salah satu kompetensi yang harus dimiliki adalah arsitektur informasi. Anda harus dapat mengelola informasi sehingga menjadi sebuah sistem desain yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Contoh nyata dari desain sistem adalah ketika Anda berbelanja di supermarket.

Process Design

Setelah memiliki sistem dalam sebuah desain produk, selanjutnya Anda perlu memperhatikan proses desainnya. Berkaca pada contoh pengalaman berbelanja di supermarket, Anda akan melalui berbagai proses pembayaran untuk membawa pulang belanjaan Anda.

Interface Design

Sebuah desain produk dapat menentukan kemampuan, efisiensi, kecepatan dan keandalan desain antarmuka. Ada berbagai kemungkinan desain antarmuka yang dapat Anda tawarkan kepada pengguna. Misalnya pada contoh supermarket, ketika Anda memilih self-checkout, Anda akan melihat interface berupa item apa yang Anda beli beserta total harga.

Fungsi Desain pada Produk untuk Pengembangan Bisnis

Fungsi desain pada barang atau jasa yang dihasilkan adalah sebagai identitas produk itu sendiri, sehingga menjadi pelindung produk dan menambah nilai jual suatu produk. Sedangkan nilai manfaat dari desain produksi tentu menjadi hal yang diperhatikan konsumen.

Menjadikan Konsumen Puas Akan Pelayanan

Konsumen akan lebih melihat suatu produk berdasarkan desain yang ditampilkan. Karena dengan melihat kualitas desain, tampilan menarik, kemudahan penggunaan dan minim kendala, konsumen menarik kesimpulan bahwa produksinya berkualitas dan bermutu tinggi.

Faktor Penentuan Sebuah Kesuksesan Produk

Sebuah kreasi dan inovasi dalam menghasilkan desain pada barang atau jasa akan membawa manfaat yang besar dalam sebuah bisnis. Dengan adanya faktor-faktor yang menentukan keberhasilan suatu produk maka akan meningkatkan kinerja, efisiensi serta dapat menekan biaya dan resiko bagi usaha yang dijalankan.

Meningkatkan Penjualan

Dalam menjangkau pasar yang lebih luas, diperlukan desain produk yang inovatif dan kreatif. Karena desain yang unik merupakan faktor penentu keberhasilan suatu produk atau jasa. Tentu saja akan mempengaruhi penjualan dan meningkatkan laba atas investasi suatu bisnis.

Desain Produk Meningkatkan Kualitas Perusahaan

Sebuah perusahaan dikatakan berhasil jika menghasilkan desain untuk produksi yang cermat, dengan mengoptimalkan penggunaan bahan, mengurangi biaya produksi dan meminimalkan pemborosan. Selain itu, desain produksi yang dihasilkan mampu memiliki ciri khas yang unik.

Peningkatan Dalam Pengembangan Bisnis

Desain produk, baik yang baru maupun pengembangan dari desain yang sudah ada, tentunya akan mempengaruhi proses penjualan suatu jasa atau produk yang telah dihasilkan. Konsumen cenderung menilai secara visual. Baik produk maupun jasa jika nilai estetika produknya tinggi tentu akan mempengaruhi produk tersebut. Oleh karena itu, penjualan produk itu sendiri akan meningkat. Hal ini sangat mempengaruhi bisnis yang sedang dikembangkan.

Demikian ulasan tentang Apa Yang Dimaksud Dengan Desain Produk, Tujuan Dan Fungsinya semoga bermanfaat.

Jika anda butuh jasa desain produk, berikut adalah salah satu website rekomendasi kami:

Mau buka toko online anti ribet?

Yuk join di demanda.id  sekarang juga!

Dengan Demanda, kamu bisa memiliki bisnis online kamu sendiri. Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper yang barangnya DISIAPIN, DIBUNGKUSIN, & DIKIRIMIN ke pelanggan kamu ATAS NAMA KAMU! Modal terbatas? Jangan khawatir, modal untuk berjualan di Demanda adalah 0 rupiah alias GRATIS. Yuk gabung sekarang dan dapatkan uang tambahan jutaan rupiah perbulan!

Download app-nya sekarang!

google play iconc2