Pengertian, Kelebihan, Kekurangan dan Etika Cash On Delivery

 

 Cash on Delivery Artinya

 

Beberapa tahun belakangan ini sistem belanja secara online cukup populer dan digandrungi oleh banyak orang. Dalam sistem belanja online, kita mengenal banyak sekali metode pembayaran.  Mulai dari transfer, pembayaran menggunakan saldo e-wallet, hingga sistem cash on delivery (COD).

Salah satu sistem pembayaran yang banyak dilakukan oleh konsumen adalah sistem COD. Sistem COD ini terbilang lebih mudah, terlebih untuk orang-orang yang belum memiliki akun bank. Dengan sistem ini kamu juga tidak perlu khawatir kalau barang yang sudah kamu bayar tidak sampai.  Lalu sebenarnya apa sih sistem COD itu? Yuk, simak penjelasannya pada ulasan di bawah ini!

Baca juga : Rencana Bisnis adalah : Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

Pengertian Sistem Cash On Delivery

Cash on Delivery artinya adalah sistem bayar di tempat. Jadi, barang yang kamu pesan secara online baru akan kamu bayar setelah barang tersebut sampai di tanganmu.

Dulu, sistem COD ini lebih banyak digunakan oleh pembeli dan penjual secara langsung (tanpa perantara, seperti platform E-Commerce). Contoh, kamu menemukan sepatu idaman di Facebook. Kamu menghubungi penjual tersebut, deal harga, dan setuju untuk bertemu langsung dengan penjual untuk melakukan transaksi. Setelah kamu bertemu dengan penjualnya secara langsung dan barang tersebut cocok, kamu bisa menyerahkan uangnya secara tunai pada penjual.

Penggunaan sistem COD sendiri sekarang lebih luas, lantaran ada banyak sekali platform E-Commerce (sebut saja ada Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Lazada, dan lain sebagainya) yang memberikan pilihan pembayaran dengan sistem COD ini.

Dalam sistem marketplace ini, kamu tidak akan menyerahkan uang tunai langsung ke penjualnya. Melainkan, ada perantaranya yakni kurir (tukang paket) yang mengantarkan barangmu. Selanjutnya, kurir tersebut akan menyerahkan dana itu ke kantor ekspedisi. Kantor ekspedisi akan meneruskan uang tersebut ke marketplace terkait. Setelah uang tersebut masuk di marketplacenya, maka akan dilakukan distribusi uang hasil COD ke masing-masing seller.

Seller sendiri baru akan menerima dana COD tersebut apabila kamu (sebagai pembeli) sudah mengkonfirmasi pesanan dan produk telah diterima dengan baik.

Baca juga : Pengertian Consumer dan Perbedaannya dengan Customer dan Client

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Cash On Delivery

Kelebihan dan kekurangan sistem cash on delivery

https://img.freepik.com/free-vector/person-receiving-package-paying-delivery_23-2148773021.jpg?size=338&ext=jpg&ga=GA1.2.1398227005.1655550954

 

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan sistem COD ini. Diantaranya adalah :

Kelebihan Sistem Cash On Delivery

  • Lebih praktis, kamu sebagai pembeli tidak perlu datang ke ATM untuk transfer atau top up saldo e-wallet.

  • Lebih aman, terutama untuk menghindari adanya modus penipuan online.

Baca juga : Cari Supplier Tangan Pertama agar Harganya Lebih Murah

Kekurangan Sistem Cash On Delivery

  • Dalam sistem ini kamu tidak bisa sembarangan menitipkan penerimaan paket,  karena kamulah yang harus menerima paket tersebut secara langsung dan menyerahkan uang tunainya. Namun, hal ini bisa diatasi dengan cara memberitahu dan menyerahkan sejumlah uangnya orang yang kamu tutupi (untuk penerimaan).

  • Masih ada banyak orang yang belum terlalu paham dengan sistem COD ini. Sehingga, hal ini kerap menjadi masalah.

Baca juga : Cara Menjalankan Bisnis Online Terbaru

Etika Dalam Sistem Cash On Delivery

Belakangan ini, banyak video viral yang memperlihatkan konsumen COD marah-marah kepada kurir paket dan tidak mau membayar pesanannya. Nah, hal tersebut tidak akan terjadi jika konsumen tersebut paham bagaimana cara kerja sistem COD.

Baca juga : Cara Menjadi Reseller Shopee yang Bisa Anda Coba!

Berikut ini beberapa etika dalam COD yang harus kamu taati :

  • Jangan membuka paket sebelum kamu membayarnya.

  • Jika barang tersebut tidak sesuai, komplainlah ke seller atau penjualnya via aplikasi marketplace tersebut. Jangan komplain pada kurirnya. Tugas kurir hanyalah mengantarkan paket yang kamu pesan.

  • Terima barang yang kamu pesan apapun kondisinya. Jika tidak sesuai, lakukanlah retur ke konsumennya dengan send back paket tersebut.

  • Siapkan uang tunai, dalam jumlah yang pas.

  • Saat estimasi waktu paket datang tiba. Cobalah untuk tetap berada di lokasi COD/rumahmu agar tidak menyulitkan kurir.

Cash on Delivery artinya bayar ditempat. Merupakan suatu metode pembayaran yang cukup populer saat ini. 

Baca juga : Cara Jualan Online dan Rekomendasi Produknya

 Referensi :

https://majoo.id/solusi/detail/cash-on-delivery-atau-cod 

https://www.niagahoster.co.id/blog/marketplace-adalah/