Sistem Pembayaran COD : Pengertian, Kelebihan & Kekurangan

Sistem Pembayaran COD

 

Tingginya intensitas belanja online atau online shopping tentunya membawa banyak sekali dampak/pengaruh pada sektor/bidang lainnya. Guna mempermudah transaksi pembayaran, beberapa pihak mulai menawarkan Sistem Pembayaran COD. Lalu, sebenarnya apa sih COD itu? Yuk, simak penjelasan berikut ini supaya kamu tak salah mengartikannya.

Baca juga : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Kelebihan Marketplace

Pengertian Sistem Pembayaran COD

COD merupakan singkatan dari “Cash on delivery”, sederhananya COD merupakan sistem bayar di tempat. Awalnya sistem COD ini dilakukan secara langsung antara pembeli dan penjual. Contoh, kamu adalah seorang penjual sepatu yang memasarkan daganganmu secara online di daerah A.  Contohnya melalui Instagram dan Facebook.

Kemudian ada pembeli yang tertarik dengan daganganmu. Kamu dengan pembeli tersebut  sepakat untuk bertemu di suatu tempat dan kemudian melakukan transaksi serah terima barang serta menerima pembayaran secara langsung. Nah, inilah yang disebut sebagai sistem COD.

Baca juga : Pengertian, Jenis dan Cara Melakukan Brand Positioning 

Dalam perkembangannya, sistem pembayaran COD ini juga mulai diterapkan oleh beberapa marketplace. Contohnya, marketplace Shopee, Lazada, Tokopedia, dan lain sebagainya.

Namun, sistem COD dalam marketplace ini tidak terjadi antara pembeli dan penjual secara langsung. Melainkan ada kurir yang berperan sebagai perantara.

Baca juga : Pengertian, Kelebihan, Kekurangan dan Etika Cash On Delivery

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pembayaran COD

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pembayaran COD

Selayaknya metode pembayaran lainnya, COD ini juga memiliki banyak kelebihan dan kekurangan. Diantaranya adalah :

Kelebihan COD

  • Mempermudah transaksi jual beli. Kelebihan COD yang pertama  adalah mempermudah transaksi jual beli. Apalagi dalam transaksi online kita tidak bertemu secara langsung dengan penjualnya. Sistem COD tentu saja akan mempermudah sistem pembayaran terutama bagi mereka yang tidak memiliki akun Mobile banking atau Internet banking.

  • Memastikan bahwa paket sampai ke alamat yang tepat. Kadang kala nih, muncul kekhawatiran pembeli apabila paket yang ia beli salah alamat padahal ia sudah membayarnya lunas melalui transfer. Hal tersebut bisa dihindari dengan sistem COD ini, jadi kamu hanya akan membayar paketmu ketika paket tersebut telah sampai di tanganmu. Tapi ingat ya, kamu tidak boleh membuka paket tersebut sebelum kamu membayarnya ke kurir.

Baca juga : Pengertian, Skill yang Harus Dimiliki dan Prospek Seorang Salesman

  • Keuntungan sistem pembayaran COD bagi penjual adalah meningkatkan potensi penjualan, karena ada lebih banyak konsumen yang menyukai sistem pembayaran COD dibandingkan sistem transfer. Bahkan, beberapa pembeli akan memfilter produk berdasarkan sistem pembayarannya. Dengan menyediakan opsi pembayaran COD, produk yang kamu jual berpotensi untuk lebih laku.

Baca juga : Pengertian, Tujuan dan Strategi Marketing Campaign

Kerugian COD

  • Bagi penjual, salah satu kerugian sistem pembayaran ini adalah adanya potensi di mana pembeli membatalkan transaksi dan tidak mau membayar paketnya ketika paket tersebut sampai.

  • Bagi pembeli, tidak semua jenis barang dapat dibeli menggunakan sistem COD ini. Bahkan, masih ada banyak penjual dan perusahaan ekspedisi yang tidak menerima sistem pembayaran COD.

Baca juga : Rencana Bisnis adalah : Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

  • Bagi kurir, sistem COD ini terkadang dinilai cukup merepotkan. Kurir harus bertemu langsung dengan pembeli untuk menyampaikan pesanan dan menerima pembayaran. Belum lagi nih, jika si pembeli tidak paham dengan sistem COD ini dan menolak membayar padahal kondisi paket sudah ia buka. Kasus seperti ini belakangan juga marak terjadi. Hal ini dapat dicegah jika pembeli lebih paham tentang sistem COD ini.

Baca juga : Pengertian, Kriteria, Kelebihan dan Kekurangan UMKM  

Itulah beberapa kekurangan dan pembelian barang menggunakan sistem COD. Kalau kamu sendiri bagaimana? Apakah kamu lebih suka sistem pembayaran dengan COD atau transfer dan via E-Wallet?

Sebenarnya, semua sistem pembayaran tersebut sama-sama menguntungkan kok. Kamu bisa menyesuaikan dengan kondisi dan preferensimu.

Sekian, semoga bermanfaat! 

Baca juga : Pengertian, Manfaat Paid Promote dan Perbedaannya Dengan Endorsement