Pengertian PP Endorse, Perbedaan Dengan Paid Promote, Hingga Kelebihan Dan Kekurangan PP Endorse

6 pp endorse

Di era media sosial, Paid Promote atau endorse adalah cara yang dilakukan banyak perusahaan untuk mengiklankan produknya. Mereka biasanya menghubungi selebriti di media sosial dengan jumlah pengikut yang banyak agar produknya dikenal dan penjualannya semakin baik.

Instagram merupakan platform media sosial yang paling banyak dipakai di Indonesia setelah Facebook. Alhasil, selebriti Instagram alias selebgram menjadi media yang efektif untuk memasarkan produk, baik barang maupun jasa. Selain beriklan di Instagram Ads, cara yang umumnya dilakukan adalah dengan bermitra dengan selebriti yang memiliki ribuan bahkan jutaan pengikut.

Pengertian Endorse

Endorse adalah bentuk kata pinjaman bahasa Inggris, yaitu endorsement. Jadi yang dimaksud dengan endorse adalah menyetujui, mendukung, mendukung, mengesahkan dan melegitimasi. Jika dilihat dari definisinya, ruang lingkup endorsement sebenarnya sangat luas.

Kata ini dapat mencakup bisnis, asuransi, dan hukum. Namun pengertian endorse yang sering digunakan sehari-hari adalah endorse yang mengartikan kegiatan yang dilakukan seseorang untuk mendukung atau menyetujui sesuatu.

Pengertian Paid Promote

Istilah promosi lain yang sering digunakan oleh para pebisnis online adalah paid promote. Kata paid artinya membayar, sedangkan kata promote artinya promosi. Jadi, promosi berbayar dapat didefinisikan sebagai layanan promosi berbayar.

Layanan ini diberikan oleh seseorang atau sekelompok orang yang memiliki dasar pembuatan layanan promosi media sosial dengan nilai kontrak tertentu sesuai kesepakatan. Layanan ini terkait dengan media sosial Instagram dan profesi Celebgram.

Pengertian Selebgram

Selebgram adalah gabungan dari kata selebriti dan Instagram. Seseorang yang terkenal di media sosial Instagram biasanya memiliki followers (pengikut). Selebgram terkenal di Indonesia, seperti Rachel Vennya, Ria Ricis, Awkarin, atau Anya Geraldine, memiliki jutaan bahkan puluhan juta pengikut di Instagram.

Perbedaan Paid Promote Dan Endorse

Sekarang paid promote sendiri adalah istilah yang digunakan ketika Anda membayar akun yang sudah memiliki jumlah followers dan engagement yang tinggi untuk kebutuhan promosi produk atau akun toko online Anda. Biasanya Anda akan bekerja sama dengan selebriti, influencer, atau publik figur untuk melakukan promosi berbayar ini.

Berbeda dengan promosi berbayar, dengan melakukan endorsement, Anda tidak perlu menyiapkan konten. Anda cukup memberikan arahan atau pengarahan kepada influencer tentang produk yang ingin Anda promosikan. Dalam brief yang Anda berikan, pastikan ada detail yang jelas tentang produk dan juga poin tentang keunggulan produk Anda.

Cara Kerja Endorse Dan Cara Kerja Paid Promote

  • Cara Kerja Endorse

1. Bersifat Publik Dan Positif

Pengesahan selalu bersifat publik. Artinya, siapapun bisa mendengar, melihat atau membacanya. Saat Anda di endorse, maka Anda harus mempromosikan produk/jasa tersebut di akun media sosial yang tidak diprivate, bukan sekedar membagikannya ke grup keluarga atau teman kerja.

2. Tidak Mengikat

Pengesahan adalah bentuk iklan yang tidak mengikat. Endorser hanya perlu memposting sekali untuk jangka waktu tertentu dan tidak ada kewajiban untuk terus menggunakan produk. Faktanya, endorser dapat memposting produk/layanan yang berbeda pada hari yang sama.

3. Tidak Ada Kontrak

Perjanjian endorsement bahkan tidak memerlukan pembicaraan tatap muka, karena semua proses dapat dilakukan secara online atau melalui telepon. Perjanjian itu juga tanpa tanda tangan kontrak, kecuali merek-merek besar.

  • Cara Kerja Paid Promote

Paid promote sebenarnya merupakan kegiatan beriklan di media sosial, khususnya di Instagram. Cara kerjanya adalah, sebuah perusahaan atau penjual produk menyewa jasa seseorang – biasanya seorang influencer – yang memiliki puluhan juta pengikut dalam sebuah akun. Influencer kemudian diminta untuk mempromosikan produk perusahaan dengan persyaratan yang disepakati bersama.

Keuntungan Endorse Bagi Pemasaran

1. Membangun Kredibilitas

Keuntungan pertama melakukan endorsement adalah membangun kredibilitas. Orang akan percaya dan melihat selebriti yang mengiklankan produk tersebut. Selebriti atau publik figur dapat menunjukkan keunggulan produk, dan membangun kepercayaan dengan merek.

2. Membuat Brand Lebih Menonjol

Keuntungan selanjutnya adalah membuat merek terlihat lebih menonjol. Karena selebriti mengiklankan produk tersebut dengan membandingkan produk dengan kompetitor, sehingga membuat konsumen mengingat keunggulan produk tersebut, yang digunakan oleh selebriti favoritnya.

3. Membuka Pasar Baru

Keuntungan selanjutnya adalah membuka pasar baru. Merek dapat memilih selebriti atau tokoh masyarakat yang tepat, yang memiliki banyak pengikut dan penggemar untuk membuka peluang merek untuk menjangkau pasar baru. Dan disini kami juga akan menjelaskan tentang Keuntungan paid promote untuk pemasaran.

Keuntungan Paid Promote Bagi Pemasaran

1. Menjangkau Banyak Audience

Dengan menggunakan paid promote tentunya Anda dapat dengan mudah menjangkau banyak audiens terutama di era digital sekarang ini dimana hampir semua orang membuat media sosial. Sehingga bisnis Anda berpeluang menarik perhatian banyak orang dan dapat menjangkau semua khalayak.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Mempromosikan melalui iklan di media sosial adalah salah satu cara yang paling efektif dan hemat biaya untuk menciptakan branding yang kuat. Mempromosikan produk melalui pihak ketiga tentunya berharap bisnis yang dijalankan dapat meningkatkan followers dan banyak yang tertarik dengan produk bisnis Anda.

3. Audience Lebih Tepat Sasaran

Jika menggunakan jasa promosi dengan paid promote, maka konten yang dibuat harus tepat sasaran dengan audience. Pastikan audience tertarik dengan caption atau konten yang dibuat sehingga bisa meningkatkan engagement.

Kapan Harus Memulai Endorsment?

Secara umum, semakin banyak pengikut di akun Instagram, semakin tinggi biaya endorsement yang harus Anda keluarkan. Hal ini sangat umum, apalagi untuk mendapatkan banyak followers aktif di Instagram bukanlah hal yang mudah.

Endorsement digunakan agar bisnis Anda bisa dikenal banyak orang. Oleh karena itu, penting untuk menyisihkan keuntungan yang Anda dapatkan untuk biaya endorsement, ya. Anda bisa menentukan target selebgram yang ingin di-endorse dengan mencari tahu biayanya, lalu menyisihkan uang Anda sampai target terpenuhi.

Namun, ketika memilih seseorang untuk di-endorse, Anda tidak bisa hanya melihat jumlah pengikutnya saja, tetapi juga menyesuaikan barang atau jasa yang Anda tawarkan dengan kategori pengikutnya. Misalnya, Anda akan menjual pakaian dan perlengkapan bayi, jadi Anda harus memilih untuk mendukung artis atau selebriti yang memiliki bayi juga.

Karena kemungkinan besar pengikutnya adalah orang tua yang juga memiliki bayi. Pastikan barang atau jasa yang Anda sediakan untuk berpromosi adalah yang terbaik yang Anda miliki dan lakukan promosi dengan jujur.

Lebih baik memiliki pelanggan setia yang puas dengan produk atau layanan Anda, daripada pelanggan yang hanya mencobanya sekali, tetapi langsung kecewa dan tidak mau membeli lagi. Setelah Anda merasakan peningkatan penjualan, Anda bisa melakukan endorse secara berkala agar barang atau jasa yang Anda tawarkan semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Istilah-Istilah Endorsment

  • Paid Promote (PP)

Artinya, selebriti media sosial mempromosikan suatu barang atau merek dengan mempostingnya.

  • Paid Endorse (PE)

Di PE, barang/jasa tersebut benar-benar digunakan oleh selebriti media sosial, dalam foto yang baru diposting. Dan biasanya dilengkapi dengan testimoni di caption.

Demikian ulasan tentang Pengertian PP Endorse, Perbedaan Dengan Paid Promote, Hingga Kelebihan Dan Kekurangan PP Endorse semoga bermanfaat.

Mau buka toko online anti ribet? Yuk join di demanda.id  sekarang juga!

Dengan Demanda, kamu bisa memiliki bisnis online kamu sendiri. Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper yang barangnya DISIAPIN, DIBUNGKUSIN, & DIKIRIMIN ke pelanggan kamu ATAS NAMA KAMU! Modal terbatas? Jangan khawatir, modal untuk berjualan di Demanda adalah 0 rupiah alias GRATIS. Yuk gabung sekarang dan dapatkan uang tambahan jutaan rupiah perbulan!

Download app-nya sekarang!

google play iconc2