Pengertian, Manfaat Paid Promote dan Perbedaannya Dengan Endorsement

 

paid promote adalah

https://img.freepik.com/free-vector/hand-drawn-illustration-people-with-smartphone-marketing_52683-66659.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1398227005.1655550954 

 

Apakah kamu pernah mendengar istilah paid promote? Apa itu paid promote? Yuk, simak pembahasannya pada ulasan di bawah ini!

Pengertian Paid Promote

Paid promote adalah salah satu strategi Digital Marketing yang dilakukan dengan cara menggunakan jasa pihak ketiga untuk mempromosikan produk atau jasa perusahaan. Biasanya paid promote ini dilakukan dengan menggunakan jasa influencer atau pemilik akun sosial media yang memiliki jumlah followers dengan engagement yang tinggi.

Dengan adanya paid promote ini diharapkan perusahaan akan mendapatkan keuntungan lebih terutama dari segi promosi produk. Sekarang ini paid promote adalah salah satu strategi digital marketing yang paling banyak digunakan. Beberapa platform sosial media yang kerap digunakan untuk menjalankan strategi ini adalah Instagram, Facebook, Twitter, Tik Tok, dan berbagai sosial media lainnya.

Perbedaan Antara Paid Promote Dan Endorsement

Lalu apa perbedaan antara paid promote dan endorsement. Sebenarnya, paid promote adalah strategi yang tak jauh berbeda dari endorsement. Namun, ada beberapa membedakan keduanya. Diantaranya adalah :

  • Dari Segi Konten

Konten yang digunakan dalam paid promote ini berasal dari klien atau dari-mu yang menggunakan jasa paid promote tersebut. Sementara itu, konten yang digunakan dalam proses endorsement dibuat sendiri oleh influencer yang kamu sewa.

Jadi jika kamu ingin menggunakan strategi paid promote ini, kamu terlebih dahulu harus membuat konten yang nantinya akan diposting atau dipublikasikan di akun mereka. Sementara itu, di sistem endorsement kamu hanya perlu memberikan penjelasan atau brief konten sesuai dengan keinginanmu dan kemudian influencer tersebutlah yang akan membuat konten dan mempostingnya di akun mereka.

  • Dari Segi Mekanisme promosi

Dari segi mekanisme promosi, paid promote dan juga endorsement memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Dalam sistem Paid promote sendiri kamu tidak perlu mengirimkan produk itu, kamu hanya perlu mengirimkan gambar atau materi konten jadi yang bisa langsung di posting oleh influencer tersebut. Sementara itu, Jika kamu menggunakan endorsement maka kamu harus mengirimkan barang atau produk yang nantinya akan di-review atau diulas oleh influencer tersebut secara langsung.

  • Dari Segi Media promosi

Perbedaan selanjutnya antara endorsement dan paid promote adalah media/akun yang digunakan untuk memposting konten. Untuk tujuan paid promote sendiri biasanya akan menggunakan akun publik dengan engagement yang tinggi dan jumlah followers yang banyak. Contohnya saja, akun-akun dagelan, akun informasi, akun loker dan lain sebagainya. Untuk endorsement sendiri biasanya akan diberikan pada akun-akun pribadi influencer. Dengan syarat, influencer tersebut adalah orang yang memiliki personal branding yang kuat.

Nah itulah beberapa perbedaan antara paid promote dan endorsement.

Manfaat Paid Promote

Manfaat Paid Promote

https://img.freepik.com/free-vector/mobile-marketing-isometric-style_23-2148896785.jpg?size=338&ext=jpg&ga=GA1.2.1398227005.1655550954

 

Paid promote adalah salah satu strategi digital marketing yang terbilang cukup berhasil dan mampu membawa banyak keuntungan bagi perusahaan. Lalu apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan paid promote ini? Berikut diantaranya :

  1. Paid promote dapat meningkatkan brand awareness produk/jasa yang kamu miliki.

  2. Dapat digunakan untuk sebagai media promosi terbaik.

  3. Dapat menjangkau konsumen yang lebih luas. Terlebih jika konsumen potensialnya adalah kaum muda yang kerap menggunakan sosial media untuk mendapatkan informasi dan hiburan.

  4. Mensukseskan kegiatan promosi dan pemasaran suatu produk atau jasa.

  5. Dapat digunakan untuk menyampaikan pesan kepada audiens.

  6. Meningkatkan engagement.

  7. Menjadi salah satu media promosi bisnis yang efektif.

  8. Menghemat pengeluaran untuk iklan biaya. Karena biasanya biaya untuk paid promote  lebih terjangkau.

Sekian pembahasan mengenai paid promote kali ini. Semoga bermanfaat ya,

 

Referensi :

https://store.sirclo.com/blog/paid-promote/#:~:text=Paid%20promote%20adalah%20promosi%20produk,kamu%20tawarkan%20dapat%20menarik%20pelanggan 

https://dotnextdigital.com/perbedaan-paid-promote-dan-endorsement/