Pengertian Facebook Ads, Cara Membuat, Jenis, Dan Manfaat Facebook Ads

Facebook Ads

Berbicara tentang cara memasarkan suatu produk atau jasa suatu merek, tidak hanya dapat dilakukan dengan cara konvensional seperti menyebarkan brosur di jalan, memasang iklan di koran, atau dengan menempelkan poster di dinding. Diperlukan metode pemasaran yang lebih efektif untuk menjangkau pasar yang lebih luas, tidak hanya pasar nasional tetapi juga pasar internasional.

Oleh karena itu, memasarkan produk atau jasa secara online adalah salah satu metode yang paling efektif untuk bisnis Anda. Berpromosi secara online tentunya memiliki peran yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan sebuah brand. Dengan melakukan promosi, pelanggan atau calon pelanggan Anda dapat mengetahui produk atau jasa apa yang Anda jual dan apa kegunaan atau manfaat dari produk yang Anda jual.

Tujuan dari promosi adalah untuk menarik calon konsumen agar tertarik untuk membelinya. Ada berbagai macam pilihan strategi promosi yang bisa Anda pertimbangkan, baik yang dilakukan tanpa modal atau dengan mengeluarkan modal terlebih dahulu. Yang jelas, jika ingin cara tercepat mendatangkan banyak subscriber, Anda bisa memilih media berbayar. Untuk media berbayar paling unggul sampai saat ini ada dua yaitu Facebook Adsdan Google Adwords.

Apa itu Facebook Ads?

Facebook Ads adalah layanan periklanan yang ditawarkan oleh Facebook untuk mempromosikan produk Anda sesuai dengan anggaran Anda dan berbagai target pasar. Sama seperti Google Ads, Facebook Ads dinilai cukup ampuh untuk menjangkau calon pengunjung, maupun calon pembeli dalam jumlah besar dan di lokasi yang sangat luas.

Namun, iklan yang ditampilkan di Facebook Ads hanya muncul di platform Facebook dan Instagram, sedangkan iklan yang ditampilkan di Google Ads akan memiliki platform media yang lebih luas (bisa muncul di situs web mana pun).

Kelebihan Facebook Ads

Jumlah Pengguna Facebook Yang Terus Meningkat

Sejak pertama kali diluncurkan sampai sekarang, jumlah pengguna Facebook tidak berkurang. Bahkan dari tahun ke tahun semakin meningkat. Pada 2018, jumlah pengguna aktif Facebook mencapai 2,17 miliar. Data ini dirilis di website We Are Social pada Maret 2018 dan tentunya kini jumlahnya bertambah lagi.

Layanan Jasa Facebook Ads Untuk Suatu Promo Lokal Dan Internasional

Apakah Anda ingin mempromosikan bisnis Anda di area sekitar saja? Atau ingin mempromosikannya ke luar negeri? Kelebihan Facebook Ads bisa mewujudkan semua impian tersebut. Facebook menyediakan pengaturan iklan berdasarkan target wilayah tertentu.

Sistem Penargetan Yang Detail

Tidak seperti layanan periklanan lainnya, keunggulan Facebook Ads ini memiliki sistem penargetan yang sangat detail. Anda dapat mengatur penargetan iklan berdasarkan lokasi negara, provinsi, kota hingga kecamatan, usia, jenis kelamin, hobi, minat, perangkat yang digunakan dan sebagainya.

Jenis Facebook Ads

Facebook Photo Ad

Pertama, ada Iklan Foto Facebook. Jenis Facebook Ads ini adalah yang paling mudah. Sebab, Anda hanya perlu menyediakan foto, tombol CTA, dan juga link. Iklan foto Facebook cocok untuk promosi produk. Sebab, perhatian orang akan langsung tersedot pada gambar tersebut.

Facebook Video Ad

Ingin membuat iklan Anda tidak terlalu membosankan? Iklan video Facebook bisa menjadi solusinya. Dengan format video, iklan Anda dapat mencapai beberapa sasaran. Untuk memasarkan produk dan layanan, menarik perhatian dengan cepat, dan mengarahkan calon pelanggan ke tindakan tertentu.

Slideshow

Jika Anda ingin mengiklankan beberapa produk atau layanan dalam satu pos, tayangan slide adalah cara yang tepat. Anda dapat menggabungkan gambar, video, teks, hingga suara agar informasi yang disampaikan lebih maksimal.

Cara Menentukan Kampanye Iklan

Akses Ke Pasar Global

Pengguna Facebook telah menghabiskan lebih dari 300.000 juta menit untuk melihat konten langsung selama setahun terakhir, dengan jutaan pengguna dari seluruh dunia, sehingga mereka semua dapat melihat iklan Anda dan membuat Anda berkembang dari audiens Anda.

Interaksi Real-Time Dengan Tren Saat Ini

Banyak merek berkomitmen untuk menargetkan audiens muda, karena merek inilah yang mengikuti tren baru secara lebih luas, dan ini menjadikan Facebook sebagai platform yang ideal, karena sebagian besar dilihat oleh orang-orang berusia hingga 35 tahun. usia, yang sangat cocok dengan audiens target Anda.

Cara Membuat Halaman di Facebook

1. Buka Facebook Pages

Buka Halaman Facebook dan pilih jenis halaman yang menggambarkan bisnis Anda.

2. Pilih Kategori

Pilih kategori dan masukkan nama perusahaan Anda, lalu klik tombol Mulai

3. Lengkapi Informasi

Isi alamat dan nomor telepon. Anda dapat mengatur untuk tidak menampilkan informasi alamat dan nomor telepon.

4. Unggah Foto Profil

Masukkan Foto Profil untuk halaman Facebook Anda.

5. Unggah Foto Sampul

Tambahkan Foto Sampul halaman Facebook Anda.

6. Selesai!

Sekarang Anda memiliki halaman di Facebook. Langkah selanjutnya adalah membuat Facebook Ads.

Cara Membuat Iklan di Facebook Ads

1. Buka Facebook Ads

Buka halaman Pengelola Facebook Ads. Pastikan Anda login ke akun Facebook yang Anda gunakan untuk membuat halaman di Facebook tadi.

2. Pilih Pembuatan Iklan Terpandu

Buka menu Kampanye dan klik Buat Iklan. Facebook akan memberikan dua pilihan untuk membuat iklan, yaitu Guided Ad Creation dan Quick Ad Creation. Saran saya adalah memilih Pembuatan Iklan Terpandu untuk membuat iklan Anda lebih spesifik.

3. Tentukan Tujuan Iklan

Selanjutnya, tentukan tujuan periklanan yang ingin Anda capai. Facebook menyediakan tujuan periklanan dalam tiga kategori berbeda, yaitu Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi.

4. Klik Tujuan Iklan Anda

Pertimbangkan tujuan periklanan mana yang paling cocok untuk Anda. Dalam tutorial Facebook Ads kali ini yang saya pilih adalah traffic/tujuan traffic.

5. Pilih Jenis Facebook Ads

Facebook menyediakan dua jenis opsi iklan, yaitu Split Test dan Budget Optimization. Anda harus memilih salah satu. Kedua jenis Facebook Ads tidak dapat digunakan bersama-sama.

6. Tulis Nama Iklan dan Pilih Tujuan Lalu Lintas

Tulis nama iklan Anda agar Anda bisa mengecek performa iklan di FB Ads. Kemudian pilih tujuan lalu lintas yang ingin Anda tuju. Anda dapat mengarahkan lalu lintas atau lalu lintas ke situs web, aplikasi, Messenger, atau WhatsApp.

7. Tentukan Penempatan

Untuk menentukan penempatan iklan yang ingin Anda tampilkan, disini kami memilih Penempatan Otomatis. Opsi ini lebih baik karena Facebook akan secara otomatis menampilkan iklan di tempat-tempat yang berkinerja terbaik.

8. Pilih Jadwal

Putuskan berapa lama iklan Anda akan ditampilkan. Dalam tutorial ini saya memilih untuk menjadwalkan iklan selama sebulan.

9. Buat Teks

Di bagian ini tulis deskripsi iklan Anda. Buatlah deskripsi yang menarik dan singkat agar audiens Anda dapat langsung memahami tujuan dari iklan Anda.

10. Pilih Gambar, Tulis Judul, dan Masukkan Tautan

Pilih gambar yang cocok dengan deskripsi iklan Anda. Setiap format FB Ads membutuhkan ukuran gambar yang berbeda.

Ukuran Gambar FB Ads

Single Image (Gambar Tunggal)

  • Ukuran Gambar: 1.200 x 628 piksel

  • Ukuran Cerita Facebook dan Instagram: 1.080 x 1.920 piksel

  • Rasio Gambar: 9:16 hingga 16:9 (dipotong menjadi 1,91:1 jika ada tautan)

Carousel (Karosel)

  • Ukuran Gambar: 1.080 x 1.080 piksel (maks. 30MB)

  • Rasio Gambar: 1:1 (persegi)

Slideshow (Tayangan Slide)

  • Ukuran Gambar: 1.280 x 720 piksel

  • Rasio Gambar: 16:9, 1:1, atau 2:3

  • Format Video: jenis file .mov atau .mp4

Demikian ulasan tentang Pengertian Facebook Ads, Cara Membuat, Jenis, Dan Manfaat Facebook Ads semoga bermanfaat.

Mau buka toko online anti ribet? Yuk join di demanda.id  sekarang juga!

Dengan Demanda, kamu bisa memiliki bisnis online kamu sendiri. Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper yang barangnya DISIAPIN, DIBUNGKUSIN, & DIKIRIMIN ke pelanggan kamu ATAS NAMA KAMU! Modal terbatas? Jangan khawatir, modal untuk berjualan di Demanda adalah 0 rupiah alias GRATIS. Yuk gabung sekarang dan dapatkan uang tambahan jutaan rupiah perbulan!

Download app-nya sekarang!

google play iconc2