Pengertian Instagram Ads, Kelebihan, Cara Membuat, Serta Tips Beriklan Dengan Instagram Ads

instagram ads

Beriklan di Instagram Ads adalah salah satu hal yang harus Anda lakukan jika target audiens Anda kebanyakan dari Instagram. Mengapa? karena sebagai pebisnis, Anda bertugas untuk menjangkau konsumen di berbagai tempat yang sering dikunjungi konsumen Anda di dunia maya. Lalu, apa itu Iklan Instagram? bagaimana membuat? tenang, pada kesempatan kali ini kami akan membahas Instagram Ads secara lengkap khusus untuk anda.

Apa itu Instagram Ads?

Jadi, Instagram Ads adalah platform periklanan di media sosial. Iklan Instagram akan memungkinkan Anda membuat iklan di umpan Instagram dan cerita Instagram Anda. Jika sebelumnya Anda sudah familiar dengan Facebook Ads, maka Instagram Ads akan sangat memudahkan Anda.

Sejak diakuisisi oleh Facebook pada 2012, platform antara keduanya telah disatukan dengan pengelola Iklan Facebook. Jadi, setiap langkah dalam membuat iklan di Instagram hampir sama dengan membuat iklan di Facebook. Namun, Anda harus membuat halaman Facebook terlebih dahulu sebelum membuat Iklan Instagram.

Kenapa Harus Menggunakan Instagram Ads-Tujuan pembuatan Instagram Ads? & cara kerja Instagram Ads tersebut?

Perlu Anda ketahui bahwa Indonesia merupakan pengguna Instagram terbesar ke-4 di dunia. Bersumber dari laman napoleoncat, per November 2018 jumlah pengguna Instagram di Indonesia mencapai 60 juta pengguna. Pengguna terbanyak adalah dari generasi muda berusia 18 hingga 34 tahun, dan laki-laki paling mendominasi sebanyak 50,4%.

Selain itu, kami juga melaporkan bahwa sebanyak 45% pengguna di Indonesia mengaku sering membeli produk yang mereka lihat di media sosial Instagram. Jadi, akan sangat bermanfaat untuk mengembangkan bisnis melalui Instagram Ads.

Kelebihan Instagram Ads 

1. Sarana Meningkatkan Brand Awareness

Jika Anda seorang pebisnis baru atau pebisnis yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis, manfaatkan Instagram sebagai sarana branding. Instagram Ads adalah alat yang tepat bagi Anda untuk melakukan branding itu. Karena jika Anda membuat Instagram Ads, Anda akan ditanya terlebih dahulu apa tujuan Anda membuat Instagram Ads, dan salah satunya untuk meningkatkan brand awareness.

2. Targeting Iklan Lebih Spesifik

Instagram Ads memiliki penargetan yang akan memberikan informasi yang lebih spesifik bagi pengguna Instagram. Instagram melakukan penargetan mulai dari demografi pengguna, pekerjaan, status keuangan, kebiasaan, koneksi, minat, dan sebagainya. Target yang sudah ditentukan sejak awal, memudahkan iklan tampil langsung ke pelanggan.

3. Meningkatkan Profit Dan Potensi Penjualan

Menggunakan Instagram memiliki potensi besar untuk meningkatkan penjualan untuk bisnis. Apalagi jika pelanggan Anda adalah kaum milenial dan generasi Z yang menggunakan internet dan media sosial sebagai sumber informasi tentang barang yang mereka incar. Selain memiliki kelebihan, Instagram juga memiliki kekurangan jika digunakan sebagai sarana promosi, seperti berikut ini:

Kekurangan Instagram Ads

1. Harus Rajin Update

Hampir mirip dengan media sosial lainnya, Instagram juga memiliki timeline yang berjalan dengan cepat. Jadi sebagai pemilik bisnis, Anda harus rajin memposting foto atau video agar produknya tetap bisa dilihat oleh pembeli.

2. Spamming

Kemudahan yang telah diberikan oleh media sosial Instagram dalam hal berinteraksi dapat membuat media sosial ini rawan terhadap spamming. Biasanya spamming ditemukan di komentar, namun hal ini bisa disiasati dengan memberlakukan private account agar tidak ada yang sembarangan berkomentar di setiap postingan Anda.

3. Transaksi Yang Kurang Praktis

Pada dasarnya Instagram tidak dibangun sebagai sarana jual beli, sehingga wajar saja jika proses transaksi terlihat kurang praktis ketika seorang konsumen ingin membeli suatu produk. Oleh karena itu, bagi pemilik bisnis, jangan lupa sertakan kontak di bagian caption dan profile setiap postingan.

Cara Membuat Instagram Ads

Cara Setting Instagram Ads

Kali ini kami akan menjelaskan cara membuat Instagram Ads untuk mempromosikan produk. Namun, sebelum itu, pastikan Anda menggunakan Instagram bisnis untuk mempermudah proses pengelolaan iklan.

1. Buka Facebook Ads Manager

Buka halaman Pengelola Iklan Facebook. Pastikan Anda masuk ke akun Facebook yang Anda gunakan untuk halaman Facebook Anda.

2. Pilih Pembuatan Iklan Terpandu

Buka menu Kampanye dan klik Buat Iklan. Facebook akan memberikan dua pilihan untuk membuat iklan, yaitu Guided Ad Creation dan Quick Ad Creation. Saran saya adalah memilih Pembuatan Iklan Terpandu untuk membuat iklan Anda lebih spesifik.

3. Tentukan Tujuan Iklan

Selanjutnya, tentukan tujuan periklanan yang ingin Anda capai. Pengelola Iklan Facebook memberikan tujuan periklanan dalam tiga kategori berbeda, yaitu Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi.

4. Klik Tujuan Iklan Anda

Pertimbangkan tujuan periklanan mana yang paling cocok untuk Anda. Dalam tutorial ini yang saya pilih adalah tujuan lalu lintas/traffic.

5. Pilih Jenis Iklan

Facebook menyediakan dua jenis opsi iklan, yaitu Split Test dan Budget Optimization. Anda harus memilih salah satu. Kedua jenis iklan tersebut tidak dapat digunakan bersama-sama.

Tips Beriklan di Instagram Ads

Maksimalkan Instagram Stories

Instagram Stories adalah fitur Instagram untuk menampilkan postingan foto atau video yang hanya berlaku selama 24 jam. Setelah 24 jam kedaluwarsa, posting akan dihapus secara otomatis. Menariknya, 52 persen pengguna Instagram mengaku lebih tertarik dengan brand yang mereka lihat di Instagram Stories.

Visual Adalah Kunci

Instagram merupakan media sosial yang berfokus pada konten visual. Karena konten utama Instagram adalah foto dan video. Berbeda dengan media sosial lain yang memungkinkan Anda hanya memposting postingan.

Buat Iklan Yang Natural

Membuat konten yang menarik secara visual adalah satu hal. Hal penting lainnya adalah Anda harus bisa membuat iklan terlihat natural di mata audiens target Anda. Lakukan riset pada audiens target Anda, cari tahu konten seperti apa yang biasanya mereka lihat di Instagram dan konten seperti apa yang mereka sukai.

Biaya Iklan Di Instagram Ads

Rata-rata, pengiklan membayar US$0,20 atau Rp. 2.840 (kurs Rp 14.200) menjadi US$2 atau Rp. 28.000 per klik untuk iklan BPK. Sedangkan untuk iklan CPM, harga Instagram Ads berkisar 6,70 dollar AS atau Rp. 95.190 per 1.000 tayangan.

Apa istilah – istilah pada Instagram Ads yang harus kita ketahui?

Ads Manager

Pengelola Iklan adalah alat periklanan dari Facebook yang memungkinkan kita membuat dan mengelola Iklan Facebook dan Instagram.

Power Editor (PE)

Power Editor adalah alat periklanan dari Facebook yang dirancang untuk pengiklan besar yang ingin membuat, mengedit, dan menerbitkan beberapa iklan sekaligus. Juga, memiliki kontrol yang tepat atas kampanye yang mereka buat.

Business Manager

Business Manager adalah fitur di facebook yang digunakan untuk beriklan. Pengelola usaha itu berdiri sendiri, yaitu berdiri sendiri, tidak bergantung pada pembuatnya, dan dapat dipindahkan. Oleh karena itu, satu akun facebook dapat memiliki lebih dari satu Pengelola Bisnis.

Mau join reseller anti ribet? mari bergabung dengan demanda sekarang. Dengan Demanda, Anda dapat memiliki bisnis online sendiri. Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper yang barangnya DISIAPKAN, DIBUNGKUS, & DIKIRIM KE PELANGGAN ANDA ATAS NAMA ANDA! Modal terbatas? Jangan khawatir, modal untuk berjualan di Demanda adalah 0 rupiah alias GRATIS. Ayo gabung sekarang dan dapatkan tambahan jutaan rupiah per bulan!

Demikian ulasan tentang Pengertian Instagram Ads, Kelebihan, Cara Membuat, Serta Tips Beriklan Dengan Instgram Ads semoga bermanfaat.

Mau buka toko online anti ribet? Yuk join di demanda.id  sekarang juga!

Dengan Demanda, kamu bisa memiliki bisnis online kamu sendiri. Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper yang barangnya DISIAPIN, DIBUNGKUSIN, & DIKIRIMIN ke pelanggan kamu ATAS NAMA KAMU! Modal terbatas? Jangan khawatir, modal untuk berjualan di Demanda adalah 0 rupiah alias GRATIS. Yuk gabung sekarang dan dapatkan uang tambahan jutaan rupiah perbulan!

Download app-nya sekarang!

google play iconc2