07 Jun 2022 18:05
Dilansir dari KBBI, kata komersial dapat diartikan sebagai :
berhubungan dengan niaga atau perdagangan,
dimaksudkan untuk diperdagangkan, dan
bernilai niaga tinggi, kadang-kadang mengorbankan nilai-nilai lain (sosial, budaya, dan sebagainya).
Dari pengertian diatas, dapat kita simpulkan bahwa komersial adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan niaga/perdagangan yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan melalui pertukaran atas barang/jasa yang dijual dengan uang.
Kegiatan komersial ini bisa dilakukan oleh perorangan maupun perusahaan. Karena sifat komersialnya, maka kegiatan ini akan dikenai pajak oleh negara yang besarannya telah diatur dalam undang-undang atau peraturan pemerintah.
Hal ini tentunya berbeda dengan organisasi non-komersial atau nirlaba, yang mana organisasi tersebut tidak bertujuan untuk mencari keuntungan. Selain itu, organisasi tersebut juga tak dikenai pajak. Contoh organisasi non-komersial tersebut adalah PMI, Yayasan Peduli Kasih, LSM, dan sejenisnya.
Sementara itu, contoh perusahaan komersial di Indonesia sendiri ada banyak sekali. Seperti pabrik-pabrik manufaktur, perusahaan makanan dan minuman, perusahaan tekstil, dan sejenisnya.
Intinya, komersial berhubungan dengan perdagangan, jual beli barang, dan bertujuan untuk meraih keuntungan.
Baca juga : Apa Yang Dimaksud Dengan Desain Produk,Tujuan Dan Fungsinya
Baca juga : Pengertian, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangan Metode Agile
Dalam dunia bisnis, ada beberapa jenis komersial, diantaranya adalah :
Merupakan suatu jenis iklan yang bertujuan untuk mempromosikan suatu produk/jasa kepada audiens banyak. Tujuan utama iklan ini adalah sebagai media promosi, menyebarkan info seputar produk, dan tentunya menarik minat pembeli untuk membeli atau menggunakan produk/jasa yang diiklankan. Iklan komersial ini dibuat dalam rangka melakukan kegiatan pemasaran. Contohnya, iklan air mineral seperti Aqua dan Le Minerale, dan sejenisnya.
Baca juga : Penjelasan Mengenai Maksud Eksportir Dan Importir
Baca juga : Pengertian, Konsep, Tujuan, Manfaat dan Contoh Marketing Mix
Bartel komersial adalah suatu pertukaran yang berkaitan dengan uang, produk/jasa yang menghasilkan keuntungan. Contohnya adalah Bank dan Mall.
Baca juga : Belakangan ini nft sedang ramai diperbincangkan di dunia media sosial
Dapat diartikan sebagai transaksi jual beli yang menggunakan media dan mengambil keuntungan dari saluran media penyiaran. Contoh, siaran komersial suatu produk di TV.
Baca juga : Giveaway Adalah, Manfaat, Syarat Dan Cara Menang Giveaway
Dimana untuk menggunakan perangkat tersebut, Anda harus membeli lisensinya terlebih dahulu. Contoh perangkat lunak komersial adalah Microsoft Office, Adobe, Photoshop Premium, Corel versi berbayar dan sejenisnya.
Baca juga : Pengertian Brand Ambassador, Tugas, Jenis, Hingga Tips Memilih Brand Ambassador
Bisa berupa deposito, cek, bank draft, dan surat sanggup bayar.
Baca juga : Reklame Bertujuan Untuk Apa Sebenarnya
Bank yang berorientasi pada laba/mencari keuntungan dan menyediakan berbagai produk perbankan bagi para nasabahnya.
Baca juga : Customer Service Adalah, Tugasnya Dan Juga Berapa Gajinya
Ada beberapa cara kerja pemasaran komersial agar bisa mendapatkan keuntungan, diantaranya adalah dengan :
Perusahaan harus melakukan sejumlah riset pasar sebelum mulai memasarkan dan memproduksi/menawarkan suatu produk/jasa. Riset ini mencakup sektor yang luas. Meliput riset kecenderungan konsumsi masyarakat, tren pasar, riset struktur biaya industri, profil pelanggan, profitabilitas pasar, ukuran pasar, kebutuhan konsumen, kondisi pasar, kompetitor, peluang produk tersebut laku, area, kebijakan yang berlaku, dan lain sebagainya.
Dengan adanya riset ini, diharapkan perusahaan komersial dapat mendapatkan berbagai data penting yang berguna bagi proses pengambilan keputusan dan perencanaan strategi perusahaan dimasa mendatang.
Baca juga : Memahami Engagement Artinya Apa Di Sosial Media
Bauran pemasaran ini mencakup 4 komponen seperti produk, harga, promosi, dan tempat. Keempat komponen ini harus benar-benar diperhatikan agar semua strategi perusahaan bisa berjalan dengan lebih lancar dan tepat sasaran.
Baca juga : Dongkrak Penjualan Kamu dengan Sistem Live Streaming (Medsos dan Shopee)
Baca juga : Mengenal Apa Yang Dimaksud Dengan Promosi
Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai komersial. Komersial adalah kegiatan yang bertujuan untuk mencari keuntungan. Komersial ini juga dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan sektornya.
Baca juga : Pentingnya Menggunakan Google My Business untuk Bisnis Kamu
Baca juga : Cara Mendapatkan Review Penjualan yang Positif dari Pelanggan
Referensi :
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5942156/komersial-adalah
Adalah kegiatan jual-beli atau sesuatu hal yang mengambil keuntungan dari sebuah saluran siaran media penyiaran. Contoh siaran komersial adalah TV, Radio, da masih banyak yang lainnya.
Kesimpulannya, iklan komersial adalah iklan yang dibuat untuk memasarkan suatu produk agar konsumen tertarik untuk membelinya. Contoh iklan komersial sangat mudah ditemukan di media manapun.
Nah agar lebih jelas, simak contoh iklan komersial berikut ini: Indomie: Indomie seleraku. Yakult: Cintai ususmu, minum Yakult setiap hari. Teh Botol Sosro: Apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa komersial berarti suatu kegiatan yang dilakukan oleh seorang/perusahaan/organisasi dengan tujuan untuk mecari keuntungan. Hal ini berbeda dengan non-komersial, yaitu tidak mengejar keuntungan.
Iklan komersial adalah iklan dimana mengajak para penonton membeli barang dan jasa tersebut. Misal : Iklan aplikasi belajar, ekspedisi, barang, dan lain-lain.
Kawasan komersial menurut Kamus Tata Ruang diartikan sebagai area yang mempunyai fungsi dominan untuk kegiatan komersial atau disebut sebagai kawasan pusat perniagaan/usaha kota, letaknya tidak selalu di tengah-tengah kota dan mempunyai pengaruh besar terhadap kegiatan ekonomi kota.
Sementara iklan komersial adalah iklan yang bertujuan untuk menyampaikan pesan tentang suatu produk atau jasa kepada audiens atau masyarakat. Pesan utama dari poster komersial dari suatu produk adalah bertujuan untuk menarik masyarakat untuk membeli produk yang diiklankan tersebut.
Reklame non komersial adalah jenis reklame yang digunakan untuk kepentingan non komersial, seperti menyampaikan informasi berupa ajakan atau imbauan yang ingin disampaikan. Contoh reklame non komersial adalah imbauan untuk menaati aturan perpajakan, tertib berlalu lintas, ajakan untuk donor darah, dsb.