Cara Membuat Iklan di Facebook

Cara membuat iklan facebook

 Ada banyak sekali strategi marketing yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan produk kami. Salah satunya adalah dengan menggunakan layanan iklan berbayar yang disediakan oleh tiap platform sosial media. Salah satunya adalah Facebook. Beriklan di Facebook sendiri adalah salah satu cara terbaik untuk mempromosikan produk, terlebih untuk menjangkau konsumen potensial yang menggunakan medsos seperti Facebook.

Baca juga : Jenis-Jenis E-Commerce dan Pengertiannya

Baca juga : Cara Menjadi Reseller Shopee yang Bisa Anda Coba!

Indonesia sendiri memiliki jumlah pengguna Facebook aktif yang mencapai 140 juta pengguna per tahun 2021. Itu artinya, ada lebih dari separuh penduduk Indonesia yang menggunakan Facebook. Belum lagi nih, Facebook sendiri juga terhubung dengan berbagai media sosial besar lainnya seperti Instagram dan WhatsApp.

Baca juga : Cara Pasang Iklan di Instagram

Baca juga : Cara Menjalankan Bisnis Online Terbaru

Jadi, beriklan di Facebook sendiri merupakan salah satu cara jitu untuk membuat produk lebih dikenal. Berikut ini beberapa Cara Membuat Iklan di Facebook yang bisa kamu jadikan referensi :

Cara Membuat Facebook Ads

Langkah - Langkah Membuat Facebook Ads

  1. Pertama-tama, pastikan bahwa kamu sudah memiliki akun Facebook dan halaman yang berisikan tentang produk kami. Jika belum, kamu bisa mulai menyiapkan halaman yang akan kamu iklankan.

  2. Langkah selanjutnya, masuklah ke menu Facebook Business Suite. Iin merupakan tempat untuk mengelola Ads atau iklan di Facebook. Seperti untuk mengatur aplikasi apa saja yang terhubung dengan Facebook milikmu. Kamu bisa menemukan menu ini di sebelah kiri halaman Facebook. Tepatnya di “Manage Page” > “Business Suite”.

  3. Langkah selanjutnya, akseslah Facebook Ads Manager tersebut. Caranya, cukup klik “Ads” > “Ads Manager”.

  4. Setelahnya, cobalah untuk mempelajari Dashboard Facebook Ads Manager. Ini adalah dashboard untuk mengelola iklan di Facebook. Berikut ini bagian di Dashboard Facebook Ads Manager dan fungsinya:

    1. Ads : iklan untuk menjumpai target audience.

    2. Ad Set : terdiri dari banyak ads atau iklan, dibuat untuk meraih goal champaign. Isinya merupakan pengaturan promosi iklan, mulai dari target, budget, jadwal, hingga penempatan iklannya.

    3. Campaign : merupakan tujuan utama yang ingin diraih melalui kumpulan Ad Set. Contohnya saja adalah untuk meningkatkan brand awareness.

  5. Cara membuat iklan di Facebook yang selanjutnya adalah mengenal tujuan dari Champaign yang kamu lakukan. Bagaimana cara menentukan tujuan dari Champaign ini? Sederhananya, kamu hanya harus mengetahui tujuan kamu untuk melakukan iklan di Facebook. Setelah menemukan tujuan utamamu, selanjutnya klik Campaign > Create. Pilih Champaign yang ingin kamu jalankan. Pilih antara “Brand Awareness” dan “Reach”. Atau kamu juga bisa memilih jenis Champaign lainnya, seperti : Consideration (Traffic, Engagement, App Install, Video Views, Lead Generation, dan Massages) atau Conversion (Conversions, Catalogues Sales, dan Store Traffics). Kemudian, di bawahnya berikan nama Campaign dan Ads-mu.

  6. Buat Champaign-mu. Isikan dengan Champaign secara lengkap. Mulai dari Champaign Name, Categories, Champaign Details, A/B Test, hingga Champaign Budget Optimization.

  7. Buat Ads Set. Caranya, klik Ads Sets > Create. Klik opsi “Use Existing Campaign” pilih Champaign yang telah kamu buat sebelumnya. Isi judul pada kolom Ads Set. Kemudian, klik “Continue”. Pilih Facebook Page yang ingin kamu promosikan. Buat Facebook Ads.

Nah, itulah beberapa cara membuat iklan di Facebook. Cara diatas terbilang sangat mudah kok, Facebook juga telah menyediakan berbagai tutorial cara membuat iklannya. Dengan beriklan di Facebook, kamu mungkin harus mengeluarkan biaya tambahan. Namun, kamu tidak akan dikecewakan dengan hasil yang akan kamu dapatkan lho.

Baca juga : Pengertian, Tujuan dan Strategi Marketing Campaign

Baca juga : Pengertian, Jenis dan Cara Melakukan Brand Positioning