Mengenal Apa Yang Dimaksud Dengan Promosi

Kata promosi sudah bukan kata awam di telinga kita. Tapi, apa sebetulnya promosi itu?

Bagi pejuang reseller dan dropshipper, kali ini tim Demanda akan mengupas tuntas tentang promosi lengkap hingga tujuan dan jenisnya. Kamu bisa praktekkan hal ini dalam perjalanan jualan online kamu.

Bagi pejuang reseller dan dropshipper, kali ini tim Demanda akan mengupas tuntas tentang promosi lengkap hingga tujuan dan jenisnya. Kamu bisa praktekkan hal ini dalam perjalanan jualan online kamu.

Promosi sebagai strategi pemasaran

Promosi sebagai strategi pemasaran

 

Promosi meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian kegiatan komunikasi dari suatu organisasi kepada konsumen dan sasaran lainnya. Promosi adalah kumpulan kegiatan yang menginformasikan kebaikan suatu produk dan membujuk pelanggan sasaran untuk membelinya. Promosi dapat dikategorikan sebagai salah satu komponen dalam bauran pemasaran yang menekankan pada teknik efektif dalam menjual produk. Dan dibawah ini akan dijelaskan secara menyeluruh Apa Yang Dimaksud Dengan Promosi.

Dalam sebuah bisnis, peran promosi sangatlah penting. Bahkan, kegiatan ini bisa menjadi ujung tombak dalam strategi pemasaran di berbagai lini bisnis. Promosi merupakan salah satu faktor penentu dalam meningkatkan penjualan produk dalam suatu usaha. Banyak perusahaan mengalokasikan dana besar untuk melakukan promosi besar-besaran guna meningkatkan omzet penjualan.

Artinya, promosi merupakan suatu kegiatan yang sangat umum dilakukan oleh pemasar untuk dapat memberikan informasi terkait suatu produk dan juga mendorong calon konsumen agar mau membeli barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Kegiatan ini pada umumnya akan menggabungkan beberapa bentuk promosi, seperti iklan, diskon, atau kaos branded perusahaan.

Suatu produk sebagus dan sebagus apapun jika tidak diinformasikan kepada konsumen membuat produk tersebut tidak dikenal dan tidak dipahami sehingga kerja keras perusahaan akan sia-sia, oleh karena itu perusahaan harus menginformasikan kepada konsumen tentang produk yang dibuat dan berusaha untuk dipahami. dan diketahui.

Tentunya untuk mencapai hal tersebut diperlukan usaha yang semaksimal mungkin untuk mempengaruhi dan membujuk konsumen agar mau membeli dan memahami apa yang telah diciptakan oleh perusahaan. Upaya yang dilakukan untuk menginformasikan produk dilakukan dengan usaha yang disebut promosi.

Banyak sekali cara dan juga media promosi yang bisa dilakukan, bahkan cara melakukan promosi ini terus berkembang. Beberapa contoh media promosi adalah media cetak, baliho, radio, tv, dan internet.

Baca juga : Wirausaha Adalah 

Pengertian Promosi Secara Umum

Berikut ini adalah pengertian promosi secara umum beserta istilah-istilah umum yang sering digunakan dengan kata promosi.

Apa yang Dimaksud Dengan Promosi

Promosi adalah metode komunikasi persuasif, mengajak, membujuk, dan meyakinkan untuk mengarahkan calon pelanggan ke tingkat pertukaran dalam pemasaran. Kegiatan promosi ini dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu dengan cara periklanan, personal selling, promosi penjualan dan metode publisitas.

Apa Yang Dimaksud Dengan Media Promosi

Media promosi merupakan suatu cara bagi para pelaku bisnis untuk menyampaikan, menyebarluaskan, dan menawarkan produk atau juga jasa yang mereka jual agar calon konsumen tertarik untuk membeli barang tersebut.

Sedangkan promosi dapat diartikan sebagai suatu bentuk komunikasi pemasaran yang berarti segala kegiatan yang berusaha menyebarkan informasi yang dapat mempengaruhi atau membujuk konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan sehingga dapat meningkatkan pemasaran dan membuat pembeli loyal terhadap produk yang dibelinya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Promosi Penjualan

Promosi penjualan adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan dalam jangka waktu terbatas yang telah ditentukan, dengan tujuan untuk meningkatkan permintaan konsumen dan juga merangsang penjualan. Promosi penjualan memberi calon pelanggan alasan tambahan untuk mempertimbangkan berbisnis dengan Anda dan juga perusahaan Anda.

Apa Yang Dimaksud Dengan Strategi Promosi

Strategi promosi penjualan Anda harus mencakup lima elemen penting berikut : Pilih audiens yang tepat, Tetapkan tujuan yang terukur, Batasi ketersediaan, Promosikan secara luas tapi bijaksana, Menawarkan nilai nyata, Tinjau hasil Anda.

Baca juga : Apa Itu Komersial?

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

Di bawah ini adalah pengertian promosi menurut para ahli pemasaran.

Harper Boyd

Boyd menjelaskan bahwa promosi adalah upaya membujuk orang untuk menerima suatu produk, konsep atau ide.

Basu Swastha Dharmesta

Swastha berpendapat bahwa promosi adalah promosi satu arah yang dilakukan untuk mempengaruhi pihak lain agar terjadi pertukaran dalam pemasaran.

Louis E. Boone & David L. Kurtz

Menurut Boone dan Kurtz, promosi adalah usaha untuk membujuk, memberikan informasi, dan mempengaruhi keputusan pembelian.

Fandy Tjiptono

Menurut Tjiptono, promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi, membujuk, atau meningkatkan pasar sasaran bagi perusahaan dan produknya sehingga masyarakat dapat menerima, membeli, dan loyal terhadap produk yang ditawarkan perusahaan.

Philip Kotler

Kotler berpendapat bahwa promosi merupakan salah satu bagian dan proses dari strategi pemasaran sebagai bentuk komunikasi dengan pasar melalui komposisi bauran pemasaran.

Indriyo Gitosudarmo

Gitosudarmo menjelaskan bahwa promosi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mempengaruhi calon konsumen agar dapat mengenal produk yang ditawarkan perusahaan kepada mereka dan kemudian mereka senang dan mau membeli produk tersebut.

Tujuan Promosi Adalah

Ada beberapa tujuan promosi dalam sebuah bisnis. Berikut ini adalah tujuan promosi yang sering dijadikan acuan:

  • Memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang produk kepada pihak lain khususnya konsumen.
  • Memberikan informasi kepada pihak lain khususnya konsumen tentang hasil yang telah dikeluarkan oleh perusahaan yang seharusnya diketahui oleh pihak lain khususnya konsumen.
  • Membujuk pelanggan untuk memilih dan membeli produk yang dihasilkan.
  • Memberikan persepsi produk yang dibutuhkan kepada pelanggan.
  • Mengkompensasi kelemahan elemen bauran pemasaran lainnya.
  • Menanamkan citra baik yang telah dihasilkan

Mendorong untuk memilih dan membeli produk yang dihasilkan.

Jenis – Jenis Promosi

Promosi Fisik atau Promosi Melalui Media Tradisional

Jenis promosi ini dulunya sangat efektif dalam meningkatkan penjualan, beberapa contohnya adalah media cetak, TV, radio, baliho, iklan banner, dll. Jenis promosi ini juga memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan promosi fisik, yaitu dapat menjangkau lebih banyak konsumen dalam jangka waktu yang lama. Namun jenis promosi ini memiliki kelemahan yaitu mahalnya biaya promosi, baik dari segi media maupun biaya promosi itu sendiri.

Promosi Melalui Media Digital

Perkembangan teknologi dan media informasi saat ini telah mengubah cara kita berpromosi. Beberapa promosi yang dapat dilakukan secara digital antara lain jaringan website, media sosial, mesin pencari, aplikasi, email, dll. Setiap pengusaha yang melek teknologi umumnya akan cenderung menggunakan internet sebagai media untuk mempromosikan usahanya. Selain lebih murah, promosi ini juga dapat menjangkau lebih banyak orang, serta proses promosi yang lebih mudah dan cepat.

Beberapa Contoh Promosi

Promosi Produk Baru

Misalnya, ada sebuah restoran yang memiliki menu baru dan ingin mempromosikannya kepada konsumen. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan "beli menu X dan dapatkan bonus satu minuman segar"

Promosi untuk Penawaran Lebih Menarik

Seringkali agen pemasaran rumah memberikan nilai tambah dalam penawaran rumah. Jadi, seolah-olah konsumen akan mendapatkan keuntungan tertentu ketika membeli rumah. Misalnya membeli rumah gratis AC, dan berkesempatan mendapatkan mobil atau motor jika menang undian.

Promosi Cashback

Umumnya, promosi dengan cashback dilakukan untuk menarik minat konsumen agar mau melakukan pembelian dengan nominal khusus. Biasanya cara ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan di event-event tertentu. Setelah event berakhir, promo cashback akan berakhir.

Demikianlah ulasan tentang, Mengenal Apa Yang Dimaksud Dengan Promosi. Semoga bermanfaat untuk kalian semuanya .

Mau buka toko online dropship anti ribet?

Yuk join di demanda.id  sekarang juga!

Dengan Demanda sebagai platform dropship terbaik di Indonesia, kamu bisa memiliki bisnis online kamu sendiri. Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper yang barangnya DISIAPIN, DIBUNGKUSIN, & DIKIRIMIN ke pelanggan kamu ATAS NAMA KAMU! Modal terbatas? Jangan khawatir, modal untuk berjualan di Demanda adalah 0 rupiah alias GRATIS. Yuk gabung sekarang dan dapatkan uang tambahan jutaan rupiah perbulan!

Download app-nya sekarang!

google play iconc2