Pentingnya Menggunakan Google My Business untuk Bisnis Kamu

Google menyediakan sebuah tools untuk memberikan informasi bisnis secara mudah pada pelanggan bernama Google Bisnisku atau My Business.

Informasi yang ditampilkan terdiri dari nama, lokasi, alamat email dan website, jam operasional, nomor telepon, foto, hingga ulasan dari pelanggan. Dalam meningkatkan promosi yang baik, Google My Business ini merupakan salah satu strategi digital marketing yang cukup baik untuk menarik pelanggan.

Informasi yang ditampilkan terdiri dari nama, lokasi, alamat email dan website, jam operasional, nomor telepon, foto, hingga ulasan dari pelanggan. Dalam meningkatkan promosi yang baik, Google My Business ini merupakan salah satu strategi digital marketing yang cukup baik untuk menarik pelanggan.

Kenapa menggunakan Google My Business?

Kenapa menggunakan Google My Business?

Tools dari Google ini tidak berbayar alias gratis. Fungsinya untuk mempermudah para pebisnis dalam mengelola informasi mereka yang tertera pada Google seperti Google Maps. Kali ini kita akan mengulas mengenai pentingnya menggunakan Google My Business untuk bisnis kamu. Yuk kita simak!

  • Memudahkan Pelanggan Mendapat Informasi Bisnis

Seperti yang sudah tertera pada awal artikel, Google My Business menyediakan informasi mengenai bisnis kamu dalam Google seperti Maps. Berdasarkan riset oleh ROBO (Research Online Buy Offline) Economy, bahwa 82% pemakai smartphone akan melakukan riset secara online sebelum mereka melakukan pembelian pada toko yang mereka tuju. Oleh karena itu, informasi bisnis yang mudah diakses para pelanggan bersifat cukup penting.

Sebagai pemilik bisnis, tentunya kamu harus mendaftarkan bisnis secara detail di Google My Business. Hal tersebut mencakup nama, lokasi, alamat email dan website, jam operasional, nomor telepon, dan foto tokomu secara fisik. Jika sudah terdaftar, maka secara otomatis informasi bisnis kamu akan muncul di Google Maps ataupun Search Engine Google. Jika bisnismu tercantum pada Maps, maka pelanggan akan mudah untuk menemukan toko fisikmu.

Berdasarkan The Manifest sekitar 77% pengguna smartphones menggunakan Maps. Frekuensi penggunaan Maps tiap harinya cukup banyak. Oleh karena itu, mendaftarkan bisnismu pada Google My Business berperan sangat penting dalam mempermudah akses informasi toko fisikmu bagi para pelanggan.

  • Memiliki Peluang untuk Mendapatkan Ulasan Bisnis

Review atau ulasan bisnis tentu saja berperan penting dalam strategi pemasaran bisnis kamu. Selain informasi bisnis muncul pada Maps, Google rupanya turut serta membantu mengulas bisnis kamu. Sistem kerjanya adalah mengombinasikan semua review dari pelanggan (bentuknya seperti rata-rata rate).

Fitur Analytics bernama Insight yang terdapat pada Google Maps membantu kita untuk melihat performa bisnis dengan menggunakan informasi mengenai berapa banyak jumlah pelanggan yang melakukan pencarian, menemukan bisnismu, juga interaksi antara pelanggan dengan bisnis tersebut. Para pelanggan juga akan dengan mudah memberikan ulasan mengenai bisnis kamu karena fasilitas yang disediakan Google sangat mudah untuk diakses.

Ulasan berperan penting dalam menambah nilai kesan, kredibilitas, dan brand awareness pada pelanggan. Faktornya adalah efek WOM atau Word Of Mouth. Ulasan yang nantinya muncul pada profil bisnis kamu merupakan WOM yang terintegrasi secara online atau e-WOM. Hal ini juga merupakan salah satu strategi marketing yang memberikan dampak baik bagi bisnis yang kamu miliki.

Baca juga : Apa Itu Komersial?

  • Mempermudah Komunikasi dengan Pelanggan

Dalam Google My Business, pengunjung atau calon pembeli akan dengan mudah melihat ulasan dari pembeli lainnya mengenai bisnis kamu. Di samping itu, baik pemilik bisnis maupun pelanggan bisa mengunggah foto yang berkaitan dengan bisnis kamu. Oleh karena itu, calon pembeli lainnya akan dengan mudah melihat visualisasi toko fisik bisnis yang kamu miliki tersebut.

Para pelanggan yang memberi ulasan bisa kita balas dalam Google My Business ini. Fasilitas ulasan yang Google sediakan ini mempermudah para pelanggan dalam memberikan ulasannya mengenai bisnis kamu. Selain itu, mereka akan mendapat poin atau skor pada Maps. Sehingga, tak jarang banyak pengguna Maps rajin membuat ulasan mengenai tempat-tempat yang mereka kunjungi di Google Maps.

  • Menampilkan Jam Kerja Secara Online

Seperti yang kita tahu, Google My Business ini menampilkan profil bisnis kita secara lengkap dalam Maps. Terkadang banyak pengunjung yang kebingungan apakah toko yang mereka tuju buka atau tutup. Ada salah satu fitur yang memfasilitasi para pebisnis dalam mengelola jam kerjanya secara online. 

Calon pengunjung akan mendapatkan informasi mengenai tokomu sedang libur, tutup, maupun jam buka. Oleh karena itu, jam kerja yang Google tampilkan pada profil bisnis kita sangat membantu para pelanggan agar tidak kebingungan mengenai waktu kunjungan pada toko fisik bisnis kamu.

  • Meningkatkan Pengunjung Toko Fisik

Manfaat lainnya yang bisa kamu rasakan melalui Google My Business adalah meningkatnya pengunjung toko fisik. Ketika kita mendaftar, alamat atau lokasi toko fisik kita dapat pelanggan akses dengan mudah melalui Google Maps

Mereka dapat menemukan lokasi toko fisikmu sesuai dengan atribut kata kunci yang sudah ditentukan. Mulai dari rute perjalanan hingga estimasi waktu perjalanan memudahkan calon pembeli untuk mengunjungi toko fisik bisnis kamu. Sebab itu, gunakanlah Google My Business atau Bisnisku secara optimal.

Google akan mempromosikan bisnis kamu berdasarkan peringkat lokal. Peringkat ini didasari oleh tiga faktor utama yaitu relevansi (relevance), jarak (distance), dan ketenaran (prominence). Google menggabungkan ketiga faktor tersebut saat membantu menemukan yang paling cocok dalam hasil pencarian konsumen. 

Relevansi merupakan cantuman lokal yang dicari konsumen. Jarak adalah jarak toko fisik kamu dengan lokasi konsumen, oleh karena itu Google menampilkan toko terdekat konsumen terlebih dahulu. Terakhir, ketenaran adalah seberapa terkenalnya suatu bisnis baik secara offline maupun online. Dari ketiga hal tersebut tak heran bila pengunjung lokal akan mudah mendatangi toko fisikmu dan juga bertambah.

  • Menambah Saluran atau Channel Sales Marketing

Channel Sales atau saluran adalah salah satu model bisnis atau strategi bisnis di mana kamu “berjualan” tanpa harus “berjualan”. Maksudnya, dalam strategi bisnis atau marketing terdapat pihak ketiga yang terlibat yang melakukan penjualan pada konsumen secara langsung. Banyak sekali manfaat yang akan bisnis kamu dapatkan melalui strategi ini.

Memperbesar bisnis akan terasa lebih mudah, masuk ke ruang lingkup pasar yang lebih luas, dan hemat biaya. Ketika kamu menggunakan Google Bisnisku, secara tidak langsung tools tersebut akan berperan sebagai pihak ketiga dalam strategi marketing kamu. Bisnis yang kamu miliki dipromosikan secara tidak langsung yang muncul pada Maps.

Ketika kamu sudah mendaftarkan bisnismu pada Google My Business, secara otomatis profil bisnismu dalam Google My Business terlihat seperti toko ke dua. Apalagi dengan hadirnya fitur update posting promo, produk, dan event dari bisnismu akan muncul. Hal tersebut membangun display yang memperlihatkan semua kegiatan yang berhubungan dengan bisnis kamu.

Sudah Siap Menggunakan Google My Business Untuk Bisnis Kamu?

Setelah kamu membaca semua manfaat dari Google My Business, inilah saat yang tepat untuk menggunakannya. Tools ini berperan penting dalam meningkatkan strategi promosi atau marketing bisnis kamu. Efek Word Of Mouth secara online yang mampu memberikan kesan baik dalam profil bisnismu melalui fitur ulasan yang tersedia.

Mengakses Google Bisnisku ini sangat mudah dan gratis. Kamu bisa mengunduh aplikasinya melalui Appstore maupun Google Play dengan nama Google My Business atau Google Bisnisku. Jika ada update terbaru, dapat dengan mudah kamu akses melalui smartphone. Selain itu, notifikasi mengenai ulasan dan sebagainya bisa kamu lihat dengan mudah dalam tools ini. Untuk mendaftar kamu bisa mengunjungi link berikut.

Mau jualan online tapi ga punya barang yang dijual?

Demanda siap bantu kamu! Daftar dan mulai jualan online dalam 5 menit!

google play iconc11