Rencana Bisnis adalah : Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

Ketika ingin membangun suatu usaha, kamu pastinya membutuhkan yang namanya rencana bisnis atau business plan. Lalu, sebenarnya apa itu rencana bisnis? Yuk, simak pengertiannya dibawah ini!

Pengertian Rencana Bisnis

Rencana Bisnis Adalah

https://img.freepik.com/free-photo/stock-market-exchange-economics-investment-graph_53876-120046.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1398227005.1655550954

Rencana bisnis adalah dokumen tertulis yang dibuat untuk memproyeksikan keseluruhan prospek atau peluang dari bisnis yang nantinya akan dijalankan. Karena merupakan proyeksi, rencana bisnis ini harus memuat perencanaan dan strategi bisnis secara lengkap. Sehingga dapat dijadikan sebuah sumber acuan dan pedoman dalam menjalankan bisnis.

Perencanaan (meliputi rencana operasional, rencana pemasaran, penjual, dsb) yang termuat dalam business plan juga harus detail dan akurat. Tujuannya, tentu saja agar sesuai dengan kondisi real atau yang sebenarnya sehingga tidak miss atau meleset.

Baca juga : Sistem Pembayaran COD : Pengertian, Kelebihan & Kekurangan 

Jenis Rencana Bisnis

Jenis Rencana Bisnis

https://img.freepik.com/free-vector/business-plan-concept-illustration_114360-1450.jpg?size=338&ext=jpg&ga=GA1.2.1398227005.1655550954

Rencana bisnis adalah hal yang sangat penting, bahkan wajib dibuat sebelum memulai suatu bisnis. Tiap rencana bisnis pastinya memiliki tujuan yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Nah, berikut ini ada beberapa jenis rencana bisnis yang bisa kamu jadikan referensi :

  • Operations Business Plan : Jenis rencana bisnis yang dirancang khusus untuk kepentingan internal perusahaan. Business plan satu ini mencakup perencanaan, strategi, dan kebijakan operasional suatu perusahaan yang dapat dijadikan acuan & pedoman dalam menjalankan suatu bisnis tertentu.

  • Growth Business Plan : Mencakup perencanaan untuk pertumbuhan bisnis di masa depan. Dapat digunakan untuk kepentingan internal perusahaan ataupun untuk mencari modal tambahan dari para investor.

  • Development Business Plan : Deskripsi rinci pengembangan suatu bisnis yang akan dibuat. Meliputi, kegiatan administrasi bisnisnya, organisasi, dan tanggung jawab tiap bagian/karyawan.

  • Startup Business Plan : Rencana bisnis khusus tentang perusahaan startup yang akan didirikan.

  • Strategic Business Plan : Dibandingkan dengan rencana bisnis lainnya, inilah yang paling sulit. Dalam strategic business plan ini, kamu harus mencantumkan dan menjelaskan berbagai jenis strategi secara rinci beserta dengan resiko dan plan solusinya untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan.

Baca juga : Jenis-Jenis E-Commerce dan Pengertiannya

Unsur-unsur Dalam Rencana Bisnis

https://img.freepik.com/free-vector/business-plan-words-illustration_53876-32721.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1398227005.1655550954

Rencana bisnis adalah kumpulan dari berbagai rencana, strategi, dan deskripsi bisnis. Untuk menghasilkan suatu dokumen business plan yang baik, setidaknya kamu harus mempertimbangkan beberapa komponen berikut ini :

  • Deskripsi perusahaan, meliputi identitas perusahaan & visi misi, gambaran umum bisnis, dan sejenisnya.

  • Produk atau layanan perusahaan, beserta dengan rinciannya dan target pasarnya.

  • Analisis pasar.

  • Strategi pemasaran.

  • Budgeting, meliputi analisis biaya operasional, perhitungan break even point (BEP), dan profitabilitas.

  • Analisa persaingan & strategi

Baca juga : Cara Kirim dan Rekomendasi Jasa Kirim Paket ke Luar Negeri

Manfaat Membuat Rencana Bisnis

  • Sebagai pedoman dalam menjalankan kegiatan perusahaan, memulai bisnis, dan acuan untuk mencapai tujuan suatu bisnis yang akan dibangun.

  • Membuat bisnis yang akan dibangun jadi lebih terarah.

  • Membantu proses pengambilan keputusan.

  • Mengatur sistem operasional, manajemen, pemasaran, dan keuangan suatu perusahaan.

  • Memudahkanmu sebagai pemilik bisnis untuk memperoleh pendanaan tambahan dari investor.

  • Memaksimalkan peluang bisnis sekaligus meminimalisir resiko bisnis.

  • Menetapkan fokus perusahaan.

Baca juga : Cara Kirim dan Tips Mengemas Paket Via Ekspedisi

Kesimpulan

Rencana Bisnis adalah suatu dokumen yang berisi tentang perencanaan suatu bisnis yang akan dibangun. Rencana bisnis ini sangat penting dan memiliki banyak sekali manfaat bagi perusahaan. Untuk menyusun rencana bisnis yang baik, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu agar hasilnya lebih akurat. Rencana bisnis ini bisa jadi proyeksi bisnis dimasa mendatang.

Baca juga : Pengertian, Sejarah dan Perkembangan Blog Pribadi