Apa Itu E Commerce

Berkat pesatnya perkembangan internet dan teknologi, melahirkan berbagai peluang dalam bisnis. E-commerce adalah salah satunya.

Kali ini tim Demanda akan bahas tuntas seputar E-commerce. Simak yuk penjelasannya, karena hal ini pasti bakal berguna banget buat perjalanan toko online kamu sebagai reseller ataupun dropshipper.

Kali ini tim Demanda akan bahas tuntas seputar E-commerce. Simak yuk penjelasannya, karena hal ini pasti bakal berguna banget buat perjalanan toko online kamu sebagai reseller ataupun dropshipper.

Apa Itu E-Commerce?

Apa Itu E-Commerce?

 

E-commerce adalah model bisnis yang memungkinkan perusahaan atau individu untuk membeli atau menjual barang melalui internet.

Hampir semua produk, termasuk jasa, tersedia di internet, mulai dari makanan, musik, buku, produk rumah tangga, tiket pesawat, hingga investasi yang bisa dibeli melalui e-commerce. Karena itu, kemajuan teknologi perdagangan elektronik dianggap sebagai disrupsi ekonomi. Sarana e-commerce sendiri sangat beragam, mulai dari televisi, telepon, dan internet.

Apa Itu Situs Web E-Commerce

Situs web e commerce adalah perdagangan yang dikenal sebagai perdagangan elektronik atau perdagangan internet yang mengacu pada pembelian dan penjualan barang yang menggunakan situs web di internet, dan transfer uang untuk melakukan transaksi ini.

E-commerce sering digunakan para penjual produk secara online, juga dapat menggambarkan seluruh jenis transaksi komersial yang difasilitasi melalui internet. Sedangkan e- Commerce bisnis mengacu pada semua aspek operasi bisnis online, seperti e-commerce mengacu secara khusus pada transaksi barang dan jasa.

Apa Itu Bisnis E-Commerce

Rangkaian kegiatan usaha barang atau jasa melalui sistem elektronik, seperti internet. Hal Ini dapat melibatkan transfer uang dan data untuk menyelesaikan penjualan. Sedangkan untuk dapat menjalankan toko online dan memonetisasi bisnis dengan baik, perlu mengenal berbagai konsep model bisnis e-commerce terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan masih banyak orang yang menganggap kegiatan ini sama dengan marketplace, padahal berbeda.

Apa Itu Platform E-Commerce

Platform E-commerce adalah solusi teknologi dengan perangkat lunak atau software yang memungkinkan Anda membangun etalase. Etalase adalah skema bisnis yang terkait dengan penjualan produk atau layanan. Ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin memulai dan mempertahankan bisnis toko online. Khusus untuk Anda yang tidak ingin repot mengelola website toko online, ada baiknya Anda menggunakan platform e-commerce saat membuat situs belanja online.

Apa Itu Perusahaan E-Commerce?

Perusahaan e-commerce adalah suatu proses jual beli produk secara elektronik oleh konsumen dari perusahaan ke perusahaan melalui perantara komputer yaitu memanfaatkan jaringan komputer.

Apa Itu Aplikasi E-Commerce

Aplikasi e-commerce adalah seperangkat teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang dinamis untuk menghubungkan perusahaan, konsumen, dan masyarakat melalui transaksi elektronik dan pertukaran barang, layanan, dan informasi secara elektronik.

Apa Jenis E-Commerce?

Ada beberapa jenis transaksi dalam e-commerce ini, antara lain business to business, business to consumer, consumer to consumer atau consumer to business.

E-Commerce Bisnis Ke Bisnis (B2B)

Transaksi e-commerce ini dapat dilakukan oleh dua pihak yang sama-sama memiliki kepentingan bisnis. Kedua pihak ini saling memahami dan mengetahui bisnis yang mereka jalankan. Umumnya, bisnis dilakukan secara berkelanjutan, atau hanya berlangganan. Contoh sederhana B2B adalah produsen dan pemasok yang bertransaksi secara online, baik untuk konsultasi kebutuhan barang, hingga proses pembayaran.

E-Commerce Business To Consumer (B2C)

Business to consumer dapat dilakukan oleh pelaku bisnis dan konsumen. Transaksi e-commerce terjadi seperti jual beli biasa. Sehingga Konsumen mendapatkan penawaran produk dan melakukan pembelian secara online.

E-Commerce C2C (Konsumen Ke Konsumen)

Untuk C2C, transaksi dilakukan oleh konsumen ke konsumen. Jika Anda sering menggunakan Tokopedia, Bukalapak, OLX dan sejenisnya, maka inilah yang disebut dengan e-commerce B2C. Transaksi jual beli dilakukan secara online melalui marketplace. Jadi C2C disini adalah perantara antara penjual dan pembeli.

Konsumen Ke Bisnis (C2B)

C2B adalah kebalikan dari B2C dimana konsumen akhir bertindak sebagai penjual dan perusahaan bertindak sebagai pembeli.

Aplikasi Media Atau E-Commerce

Sebagaimana dijelaskan dalam definisi e-commerce di atas, transaksi bisnis ini bergantung pada sejumlah aplikasi dan media online lainnya, seperti katalog, email, shopping cart, layanan eb, EDI dan protokol transfer file. 

Contoh E-Commerce

Sebenarnya bisnis e-commerce di Indonesia sudah berlangsung lama. Beberapa contoh e-commerce di Indonesia antara lain:

Jual Beli Online Di Marketplace

Transaksi jual beli online di Marketplace sangat populer saat ini. Beberapa marketplace ternama di Indonesia seperti: Bukalapak, Tokopedia, Blibli, Kaskus, Traveloka, dan sebagainya.

Perbankan Internet Dan Perbankan SMS

Transaksi pembayaran melalui jaringan internet dan telekomunikasi juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan e-commerce.

Penyedia TV Kabel Dan Internet

Berlangganan TV Kabel dan internet juga merupakan bentuk e-commerce yang sudah berlangsung lama di Indonesia. Beberapa perusahaan yang bergerak di bidang TV kabel dan penyedia internet antara lain; Indovision, Big TV, Indihome, MyRepublic, dan Firstmedia.

Perkembangan E-Commerce Di Indonesia

Saat ini dengan pesatnya perkembangan teknologi dan internet di Indonesia membawa dampak yang besar terhadap perubahan bisnis. Mulai dari cara beriklan, cara jual beli, cara berinteraksi antar manusia, dan lain sebagainya.

E-commerce adalah layanan internet yang digunakan untuk jual beli. Dengan e-commerce telah banyak perubahan dalam proses jual beli. Jika dalam jual beli penjual dan pembeli bertemu, tetapi jika dengan e-commerce tidak perlu bertemu, mereka berinteraksi melalui internet atau komunikasi telepon. Dalam proses ini, kepercayaan adalah modal utama.

Karena tanpa kepercayaan kedua belah pihak maka proses jual beli e-commerce dapat terjadi dan terlaksana. Namun dengan perkembangan yang semakin pesat, banyak bermunculan toko online atau e-commerce. Entah mereka menggunakan blog, media sosial, website. Ini dengan cepat membuatnya lebih mudah untuk membeli dan menjual.

Dalam perkembangannya saat ini dengan banyak bermunculan toko online. Sehingga banyak yang memanfaatkannya untuk mengambil keuntungan pribadi dengan melakukan penipuan. Pada awal tahun 2010-2011 banyak bermunculan toko online palsu, baik melalui website maupun jejaring sosial.

Mereka menjanjikan harga yang jauh lebih murah dari harga normal. Dalam praktiknya mereka biasanya meminta transfer 50% di muka. Dan berjanji akan segera mengirimkan barangnya, namun keesokan harinya mereka meminta pembayaran dengan alasan ada masalah di bea cukai atau administrasi.

Apa Manfaat E-Commerce?

Berikut adalah beberapa manfaat e-commerce:

Dapat Menghemat Waktu

Karena tidak perlu memelihara toko fisik, menggunakan e-commerce dapat membantu Anda menghemat waktu untuk melakukan hal lain yang lebih signifikan guna meningkatkan bisnis Anda. Selain menghemat waktu, konsumen yang ingin membeli produk bisnis Anda juga dapat membeli tanpa harus mengantri di toko atau membelinya secara manual.

Lintas Wilayah Lebih Mudah

Saat Anda ingin melakukan ekspansi di wilayah yang berbeda, Anda tidak perlu membuka toko secara fisik di lokasi lain. Cukup dengan e-commerce, Anda bisa menjual produk bisnis Anda ke konsumen yang tinggal di berbagai wilayah atau bahkan negara lain. Berkat E-commerce, Anda bahkan dapat dengan mudah menjual produk Anda hingga ke Amerika Serikat jika Anda mau.

Tidak Memerlukan Modal Besar

Membuka e-commerce juga tidak membutuhkan modal yang besar, cukup dengan perangkat yang ada di rumah, Anda sudah bisa membuka toko internasional yang bisa diakses oleh siapa saja, di mana saja, kapan saja.

Fleksibilitas

Terkadang, memiliki toko fisik bisa memakan waktu. Karena itu, kehidupan sehari-hari Anda menjadi kurang fleksibel. Dengan e-commerce, Anda tidak hanya memiliki lebih banyak waktu, tetapi juga fleksibel secara finansial karena Anda tidak perlu khawatir untuk menyewa toko dan sebagainya.

Manfaat Situs Web Sebagai Platform E-Commerce

Ada beberapa manfaat Website sebagai Platform E-commerce sebagai berikut:

  • Bangun kredibilitas.
  • Dapat berfungsi sebagai katalog.
  • Tingkatkan pelayanan kepada pembeli.
  • Merek Anda Lebih Mudah Ditemukan Melalui Mesin Pencari.
  • Banyak Pesaing Memiliki Situs Web.
  • Membuat Website itu Mudah dan Murah.

Perbedaan antara e-commerce dan marketplace

E-commerce adalah semua jenis transaksi bisnis yang dilakukan secara online. sedangkan marketplace hanya menjual barang dari situs itu sendiri dan bukan dari berbagai penjual. Produk tidak perlu bersaing di pasar yang memiliki beragam produk lain.

Demikian ulasan tentang Apa Itu E Commerce semoga bermanfaat.

Mau buka toko online dropship anti ribet?

Yuk join di demanda.id  sekarang juga!

Dengan Demanda, kamu bisa memiliki bisnis online kamu sendiri. Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper yang barangnya DISIAPIN, DIBUNGKUSIN, & DIKIRIMIN ke pelanggan kamu ATAS NAMA KAMU! Modal terbatas? Jangan khawatir, modal untuk berjualan di Demanda adalah 0 rupiah alias GRATIS. Yuk gabung sekarang dan dapatkan uang tambahan jutaan rupiah perbulan!

Download app-nya sekarang!

google play iconc2