Pengertian Toko Online

toko online

Toko online memudahkan pembeli dalam hal efisiensi waktu. Tanpa perlu keluar rumah, seseorang bisa mendapatkan barang yang dicarinya dengan membelinya secara online. Yang perlu Anda lakukan hanyalah koneksi internet. Dengan komputer atau smartphone di tangan Anda, Anda dapat membuka toko online yang menjual barang-barang yang Anda cari.

Dengan membaca informasi yang tertera di Toko Onlinemaka akan memudahkan Anda dalam bertransaksi. Proses pembayaran menggunakan transfer bank atau kartu kredit. setelah pembayaran selesai, barang yang anda beli akan langsung dikirim ke tempat anda melalui jasa pengiriman.

Pengertian Toko Online

Toko online adalah suatu bentuk toko dalam sistem online atau dalam arti lain merupakan tempat untuk melakukan transaksi jual beli secara global. Dengan kata lain, toko online adalah toko di internet. dalam istilah ini tidak ada bangunan toko yang nyata seperti di dunia nyata dan tidak ada interaksi langsung antara penjual dan pembeli. Dalam sebuah toko online hanya terdapat website yang berisi informasi barang yang dijual beserta deskripsinya dan informasi cara pembeliannya.

Perbedaan E-commerce, Marketplace dan Online Shop

E-commerce adalah sebuah website yang digunakan untuk menjual sebuah produk dari pemilik website. Jadi, produk yang dijual juga terbatas karena hanya dijual oleh satu penjual. Kemudian, Marketplace sebagai penyedia website online yang berperan sebagai perantara antara penjual dan pembeli.

Dimana terdapat banyak penjual dengan berbagai jenis produk dan masih dalam satu lokasi. Sementara itu, toko online adalah bisnis yang berfokus pada penjualan di media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Baca juga : https://demanda.id/blog/pengertian-toko-online-etika-kelebihan-dan-kekurangan-toko-online

Pengoperasian Toko Online

1. Pemasok

Pemasok adalah pihak yang menyediakan, mendistribusikan, dan memasarkan suatu produk yang biasanya akan dikirim langsung ke konsumen.

2. Pengecer

Reseller merupakan orang atau pihak yang menjual kembali produk atau supplier orang lain dimana reseller ini berdiri sendiri. Biasanya reseller mendapatkan harga murah atau harga grosir.

3. Dropshipper

Dropshippers tidak menyimpan barang, mereka memasarkannya ke pembeli potensial. jika pembeli melakukan pembelian, barang dikirim dari pemasok ke konsumen secara langsung, tetapi atas nama dropshipper.

Cara Pembayaran Untuk Toko Online

Transfer Bank Metode pembayaran yang paling banyak digunakan. Termasuk virtual account yang sudah terintegrasi dengan e-commerce.

1. Kartu kredit

Saat ini, pembayaran kartu kredit biasanya aman, karena dilengkapi dengan penjaga penipuan, 3DS dinamis, dan sistem seperti On-Us Routing.

2. Ritel Tunai

Pembayaran dilakukan secara tunai di Alfamart dan Indomaret di seluruh Indonesia.

3. eWallet

Pembayaran melalui e-Wallet termasuk yang paling populer saat ini. Diantaranya Ovo, Dana, Link Aja, hingga Shopee Pay dan Gopay.

4. Kredit Tanpa Kartu

Pembayaran kredit/cicilan tanpa kartu kini semakin marak. Misal seperti Kredivo/

5. Direct Debit

Pembayaran yang langsung menarik uang dari rekening bank pengguna, cocok untuk pembayaran berulang tanpa OTP.

6. COD atau Cash On Delivery

Pembeli membayar setelah menerima barang di tangan, hal ini memungkinkan minimnya penipuan yang akan dialami oleh pembeli.

Baca juga : https://demanda.id/blog/tips-desain-banner-toko-online-laris-manis

Riset Yang Harus Dilakukan Sebelum Membuka Toko Online

1. Cari Tahu Kebutuhan Pasar Terlebih Dahulu

Jangan hanya Memutuskan ide bisnis, Anda harus mencari tahu apa yang paling dibutuhkan pasar saat ini. Sebagus apapun produk yang akan dijual nantinya jika tidak dibutuhkan masyarakat, sulit untuk dijual. Pastikan produk yang menjadi bahan utama bisnis online Anda mampu menyelesaikan permasalahan masyarakat umum. Misalnya, saat ini banyak yang mencari vitamin penambah daya tahan tubuh, sayuran organik, ramuan herbal tradisional dan lain sebagainya.

2. Cari Tahu Tren Terbaru

Mengetahui tren konsumen terkini akan mendukung kesuksesan bisnis online yang akan Anda jalankan. Anda dapat memulai dengan mengetikkan beberapa kata kunci di mesin pencari. Apa yang paling banyak dicari. Maka dari situ anda bisa mengetahui trend terbaru yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang dari hasil penjualan online tersebut. Jadi jangan pernah memulai bisnis sebelum Anda mengetahui trennya.

3. Tentukan Peluang Pasar Target Produk

Menentukan target pasar sangat penting agar penjualan Anda fokus pada kelompok. Anda dapat membagi kelompok sasaran berdasarkan demografi mengenai jenis kelamin, usia, lokasi tempat tinggal, pekerjaan, pendapatan, pendidikan, dan sebagainya.

Dari kelompok demografi kemudian tentukan berdasarkan psikologis. Berkaitan dengan minat, hobi, nilai-nilai tertentu yang mungkin berkaitan dengan agama dan norma. Semakin spesifik, semakin mudah bagi penjual untuk menentukan materi bisnis online.

4. Tentukan Harga Jual Suatu Produk

Memulai bisnis Toko online, Anda mungkin akan kesulitan menentukan harga jual. Meski tujuan awalnya untuk riset pasar, sebaiknya jangan membanting harga di awal. Akan lebih sulit untuk mengedukasi pasar tentang harga ini. Segera tentukan harga jual standar dimana penjual sudah mendapat untung. Dengan begitu, jika suatu saat harus menaikkan harga karena alasan tertentu, akan lebih fleksibel. Pengusaha tidak rugi, konsumen bisa mengerti.

Etika Dalam Menjalankan Online Shop

1. Selalu Bersikap Ramah Kepada Pembeli

Saat berjualan online, Anda akan menemukan berbagai jenis karakter konsumen. Oleh karena itu, Anda harus selalu ramah kepada konsumen untuk mendapatkan kesan pertama yang baik. Tidak hanya kesan pertama, menjaga citra sebagai toko online yang baik dan ramah harus selalu dijaga karena keramahan merupakan salah satu hal yang dapat membuat pembeli kembali lagi untuk membeli.

2. Membalas Semua Pertanyaan yang Diajukan Pembeli

Terkadang konsumen online akan lebih sering bertanya untuk memastikan barang yang akan mereka beli kualitasnya bagus atau tidak. Anda sebagai penjual harus menjawab semua pertanyaan yang diajukan konsumen agar mereka merasa lebih percaya diri dengan produk yang dijual. Dengan begitu, mereka tidak akan ragu untuk membeli lagi di toko Anda.

3. Selalu Menyapa dengan Panggilan yang Sopan

Untuk awal yang baik, ketika Anda memulai komunikasi, biasakan untuk menelepon konsumen dengan menelepon ayah atau ibu Anda. Tetapi tergantung pada audiens target Anda, panggilan dapat didasarkan pada usia dan jenis kelamin. Sebagai komunikasi awal Anda harus memanggil mereka dengan nama yang sopan agar konsumen merasa lebih dihargai.

Baca juga : https://demanda.id/blog/membuat-banner-toko-sederhana

Kelebihan Dan Kelemahan Online Shop

A. Kelebihan Online Shop

1. Kenyamanan

Toko online membuat kita lebih nyaman. Misalnya, Anda tidak perlu berpakaian bagus untuk pergi ke toko favorit Anda. Anda dapat dengan mudah mengakses situs toko online kapanpun Anda mau.

2. Perbandingan Harga Terbaik

Harga barang yang ditawarkan di toko online cukup murah dibandingkan dengan harga yang didapat dari toko fisik. Hal ini karena produk didatangkan langsung dari pabrik atau penjual tanpa perantara.

3. Banyak Variasi

Melalui toko online, Anda dapat menemukan berbagai macam produk yang dapat dikategorikan berdasarkan merek, harga, terbaru, favorit dan sebagainya.

B. Kelemahan Online Shop

1. Produk Yang Tidak Kompatibel

Biasanya, foto produk yang ditampilkan di toko online terlihat sangat bagus. Sebab, proses pengambilan gambar produk memperhatikan angle dan lighting yang baik.

2. Keterlambatan Pengiriman

Masalah waktu seringkali menjadi kekurangan dalam aktivitas toko online ini. Konsumen yang telah menyelesaikan proses transaksi banyak yang mengeluh karena lamanya barang sampai di alamat tujuan.

3. Risiko Penipuan

Dengan maraknya bisnis toko online, risiko penipuan juga semakin besar. Hal ini dikarenakan beberapa pihak memanfaatkan kejadian ini untuk menipu pengguna, seperti penipuan kartu kredit, pencurian identitas (phishing) atau website palsu.

Baca juga : https://demanda.id/blog/tips-desain-banner-toko-online-laris-manis

Mau buka toko online anti ribet? Yuk join di demanda.id  sekarang juga!

Dengan Demanda, kamu bisa memiliki bisnis online kamu sendiri. Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper yang barangnya DISIAPIN, DIBUNGKUSIN, & DIKIRIMIN ke pelanggan kamu ATAS NAMA KAMU! Modal terbatas? Jangan khawatir, modal untuk berjualan di Demanda adalah 0 rupiah alias GRATIS. Yuk gabung sekarang dan dapatkan uang tambahan jutaan rupiah perbulan!

Download app-nya sekarang!

google play iconc2