25 Ide Konten Instagram untuk Ide Bisnis Kamu

25 ide konten instagram

 

Instagram merupakan sebuah aplikasi untuk berbagi foto dan video di jejaring sosial sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan pengguna lainnya. Tidak kalah dengan platform media sosial lainnya seperti facebook dan twitter, instagram juga mempunyai banyak pengguna aktif di Indonesia bahkan di dunia, yaitu mencapai 1.16 miliar orang. Tidak hanya digunakan untuk keperluan pribadi, dengan banyaknya pengguna, instagram juga kerap kali digunakan untuk berbisnis. 

Dalam hal bisnis, instagram dapat digunakan sebagai wadah berjualan sehingga sebuah brand dapat berinteraksi dengan konsumennya melalui berbagai fitur menarik yang saat ini sudah tersedia di instagram. Melihat potensi yang menarik, tentu saat ini sudah banyak berbagai merek dan perusahaan menggunakan instagram untuk mempromosikan produknya. Oleh karena itu jika Anda juga berniat untuk melibatkan instagram dalam berbisnis, ada baiknya menggunakan berbagai ide konten kreatif untuk menarik pelanggan dan tidak kalah saing dengan pebisnis lainnya. 

Membuat ide konten kreatif mungkin terasa sulit bagi sebagian orang, jika anda salah satunya, simak artikel berikut. 

Perkembangan Instagram

Pada 10 Oktober 2010 merupakan awal peluncuran instagram dengan hanya fitur feeds, dimana penggunanya pada saat itu hanya 25.000 pengguna aktif. Pada bulan pertama setelah peluncuran, pengguna instagram meningkat hingga satu juta pengguna. Masyarakat semakin antusias dan instagram pun meluncurkan fitur barunya di tahun 2016, yaitu Instagram Story. Insta Story menjadi salah satu fitur yang digunakan untuk kepentingan dunia bisnis dan marketing.

Tidak hanya Insta Story, Instagram pun meluncurkan fitur interaksi dua arah, yaitu Instagram Live. Kini Instagram telah memiliki banyak fitur-fitur menarik dan tidak heran jika instagram banyak diminati. Menariknya, fitur-fitur instagram seperti  Instagram Live, Instagram Story, Instagram Reels, IGTV, dan sebagainya dapat anda manfaatkan untuk membuat konten-konten menarik dari bisnis anda. 

Fitur Instagram yang Perlu Diketahui

Penasaran apa saja fitur-fitur yang ada di Instagram, berikut akan dibahas

  • Instagram feed – Fitur yang akan anda lihat pertama kali membuka instagram ini akan menampilkan foto, video, dan postingan rekomendasi. 

  • Instagram story – Terletak di bagian atas fitur instagram feed, fitur ini digunakan untuk mengunggah konten singkat yang akan hilang setelah 24 jam diunggah

  • Highlight – Jika anda ingin membuat story untuk disimpan sehingga dapat dilihat lebih dari 24 jam anda dapat menggunakan fitur yang terletak di bawah profil. Anda juga dapat mengelompokan story sesuai kategori yang anda inginkan. 

  • IGTV – Jika anda ingin mengunggah video yang memiliki durasi cukup panjang, fitur semacam Channel TV ini dapat anda manfaatkan. 

  • Reels – Fitur ini menyerupai TikTok sehingga pengguna instagram dapat membuat video singkat dengan durasi hingga 30 detik. 

  • Instagram Guide – Fitur ini terbilang cukup baru yang dapat anda gunakan jika anda ingin membagikan informasi, tips, dan rekomendasi. 

  • Instagram Live – Jika anda menginginkan komunikasi langsung secara dua arah untuk mempromosikan produk, fitur siaran langsung ini dapat menjadi opsi. 

  • Instagram Shop – Terletak di halaman Explore, pengguna dapat menemukan Editors’ Picks dan melihat produk apa saja yang sedang dijual. Tidak hanya itu, anda juga dapat membeli produk langsung dari aplikasi. 

Ukuran Feed, Reels, IGTV, Story Instagram

Jenis Konten

Rasio Konnten

Ukuran Pixel 

Feed Foto/Video (square)

1 : 1

1080 x 1080 pixel

Feed Foto/Video (landscape)

1,91 x 1

1080 x 608 pixel

Feed Foto/Video (portrait)

4 : 5

1080 x 1350 pixel 

Video IGTV  (landscape)

16 : 9

420 x 654 pixel

Video IGTV  (portrait)

9 : 16

420 x 654 pixel

Story Foto 

1.91 x 1

1080 x 608 pixel

Story Video

9 : 16 

1080 x 1920 pixel 

Reels 

9 : 16 

1080 x 1920 pixel 

 

Jenis Konten yang Bisa Jadi Ide Posting 

1. Foto

Berbagai jenis foto dapat kamu unggah di instagram. Untuk memberikan kesan yang lebih menarik, memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia dan cobalah untuk memberikan tema pada setiap postingan anda. Pastikan bahwa filter atau tema yang anda unggah tetap konsisten karena akan menjadi identitas dari brand anda. Jenis konten ini dapat anda gunakan pada fitur feed, story, dan instagram shop,

2. Video 

Selain foto, video bisa menjadi jenis konten yang dapat anda unggah di instagram. Jika anda lebih suka untuk membuat video singkat, jenis konten video dengan durasi maksimum 1 menit yang dapat anda unggah di feed ini cocok untuk anda. Namun jika menginginkan untuk mengunggah video dengan durasi yang lebih panjang, anda dapat menggunakan fitur IPTV.  Selain itu, fitur Reels juga dapat anda gunakan untuk mengunggah jenis konten video dengan durasi maksimum 30 detik. 

3. Infografis

Menyampaikan sebuah informasi atau data hanya melalui sebuah tulisan adalah ide buruk jika anda ingin menarik banyak perhatian pelanggan. Anda dapat melakukannya dengan membuat infografis yang dapat anda unggah di fitur Feed maupun Story. Infografis ini membantu pembaca agar informasi dapat mudah dicerna dan tentunya lebih menarik. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah, sesuaikan ukuran infografis yang anda buat dengan ukuran yang didukung instagram, yaitu hingga 1080 piksel. 

25 Ide Konten Instagram Terbaik untuk Akun Bisnis

1. Video Tutorial

Video tutorial cukup populer di berbagai bisnis di Indonesia. Dalam video tutorial akan ditunjukkan cara penggunaan dengan detail step by step. Jika anda ingin meningkatkan penjualan bisnis anda, maka ide konten video tutorial ini wajib anda coba karena cara menggunakan suatu produk biasanya akan menarik pelanggan. 

contoh: https://www.instagram.com/p/CYWp0-lI0l0/ 

2. Buat Pertanyaan untuk Followers

Ide konten selanjutnya adalah anda dapat membuat kolom pertanyaan dengan memanfaatkan fitur Ask Me Question atau QnA yang ada di instagram story. Dengan ide ini, anda bisa memanfaatkannya untuk menggali ide baru untuk bisnis atau menghasilkan konten yang lebih menarik di masa mendatang. 

contoh: https://www.instagram.com/stories/highlights/17897149901381391/ 

3. Membuat Teaser untuk Produk Anda

Jika anda ingin meluncurkan produk baru dari bisnis anda, ada baiknya anda membuat teaser terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menarik minat dan membangun antisipasi pengguna. 

contoh: https://www.instagram.com/p/CV2V_KNvMfl/ 

4. Bagikan Cerita Awal Anda

Ketika anda membagikan cerita sukses atau profil anda dalam instagram, ini akan meningkatkan personal branding diri anda. Selain itu, ide konten ini dapat membangun komunikasi positif dengan followers. 

contoh: https://www.instagram.com/p/CYd_ul3v6qr/ 

5. Buat Konten Meme

Ide konten ini dapat membantu memperluas jangkauan audiens bisnis anda. Buatlah konten meme ini relevan dengan bisnis atau produk yang anda tawarkan. 

contoh: https://www.instagram.com/p/CYjZS_8v_gl/ 

6. Buat Instagram Guide 

Fitur yang baru saja dirilis ini, dapat membantu anda untuk mengemas isi konten dan foto cover brand anda layaknya artikel atau majalah. 

contoh: https://www.instagram.com/hmhome/guide/diy-hack-beautiful-headboard/17898116833638846/ 

7. Buat Giveaway

Dengan banyaknya pengguna yang ikut dalam giveaway anda, maka engagement dari akun bisnis anda akan ikut naik. Hal ini disebabkan seringkali syarat dari giveaway adalah mengikuti akun dan meninggalkan like/komentar di suatu post. 

contoh: https://www.instagram.com/p/CVP5jhnvDKh/ 

8. Mengikuti Tren 

Ketika anda membuat konten, pastikan bahwa konten bisnis anda tidak terlepas dari tren karena akan menjadi tanda bahwa bisnis anda mengikuti perkembangan zaman alias tidak kudet. 

contoh: https://www.instagram.com/p/CYnp3V2vkOT/ 

9. Konten Perbandingan 

Konten yang berisi suatu unggahan perbandingan antara produk A dan produk B ini akan membantu pelanggan untuk mengetahui kelebihan dan kekurang dari masing-masing jenis produk. 

contoh: https://www.instagram.com/p/CSeD4idFrYR/ 

10. Libatkan Akun Influencer

Anda bisa melibatkan akun influencer yang relevan dengan postingan anda jika ingin postingan anda lebih menarik dan ramai. Anda cukup mention akun influencer yang anda ajak untuk berkolaborasi pada caption foto dan video. 

contoh: https://www.instagram.com/p/CYluq0xJJS8/ 

11. Unggah Behind the Scene 

Unggah konten berupa video atau behind the scene dari produk yang anda perjual belikan jika ingin mendekatkan diri dengan pengikut di akun instagram bisnis anda

contoh: https://www.instagram.com/p/CX0JpQ_F9LV/ 

12. Bagikan Pemikiran Leadership

Salah satu cara yang bagus untuk membangun brand anda adalah dengan memberikan pemikiran dari sudut pandang seorang pemimpin bisnis. Para pemimpin bisnis seringkali memiliki tips hebat dan pelajaran menarik lainnya.

contoh: https://www.instagram.com/p/CYbVNZgv76B/ 

13. Lakukan Challenge 

Carilah challenge yang sudah populer di kalangan pengguna atau membuat challenge khas brand anda. Intinya pilihlah challenge yang dapat mendorong mereka untuk berpartisipasi. 

contoh: instagram.com/p/CXVjSAqFl3c/

14. Bagikan Quotes

Tidak sedikit orang yang menyukai konten quotes terlebih jika quotes tersebut relevan dengan mereka. Ini akan menaikkan like atau komentar unggahan ananda. 

contoh: https://www.instagram.com/p/CYizWx1PHeF/ 

15. Buat Konten Testimoni

Ide konten ini dapat meningkatkan penjualan produk anda sebab dengan adanya testimoni ini akan meningkatkan kepercayaan calon pembeli. 

contoh: https://www.instagram.com/p/BmQcsOkB7d1/ 

16. Manfaatkan Highlight

Dengan fitur ini, anda bisa merangkum story favorit atau yang sekiranya penting sesuai kategori atau temanya masing-masing sehingga para pengguna dapat mengaksesnya lebih mudah dan tidak tertinggal informasi. 

contoh: https://www.instagram.com/stories/highlights/17880130418460859/ 

17. Bincang-Bincang dengan Kreator Lain

Mengadakan kolaborasi adalah ide bagus untuk memperluas audiens anda. Anda bisa mengadakan Instagram Live dengan mereka untuk sekedar mengobrol. 

contoh: https://www.instagram.com/tv/COPt3wAlBdR/ 

18. Buat Konten FAQ

Konten satu ini cukup ramai dimanfaatkan para pengguna instagram bisnis untuk menarik pengikut. Anda juga bisa mengundang para ekspert dalam Instagram Live untuk menjawab pertanyaan dari pengikut. 

contoh: https://www.instagram.com/stories/highlights/17952266185612559/ 

19. Buat Konten Interview

Anda dapat mengajak salah satu tokoh terkemuka yang ahli di bidangnya dan tentunya relevan dengan produk anda untuk di interview. Interview tersebut bisa anda kemas dalam sebuah feed video. 

contoh: https://www.instagram.com/tv/COpDoYtHK_A/ 

20. Konten Informatif Produk Anda

Fitur Carousel pada instagram dapat anda manfaatkan untuk mengunggah foto-foto produk yang bisnis anda tawarkan. Lengkapi penjelasan di setiap fotonya. 

https://www.instagram.com/p/CKCTWWYJNDL/ 

21. Tunjukkan Foto atau Video Perubahan Bisnis Anda

Dengan konten ini, anda menunjukkan sejauh apa bisnis anda berkembang hingga saat ini dan dampak apa yang telah diberikan oleh brand anda. 

contoh: https://www.instagram.com/p/CYD0nhfPfAL/ 

22. Lakukan Flash Sale

Dengan mengadakan flash sale untuk produk anda dengan stok terbatas akan mengejutkan pengikut dan mendorong mereka untuk lebih sering memantau postingan akun bisnis anda. 

contoh: https://www.instagram.com/p/CYgh9Upv9r2/ 

23. Buat Sesi Ask Me Anything 

Ide konten selanjutnya adalah anda dapat membuka sesi tanya jawab melalui fitur Ask Me Anything pada Instagram Story. Jawab pertanyaan pengikut yang relevan dengan bisnis anda, dengan begitu anda berinteraksi dengan mereka. 

contoh: https://www.instagram.com/stories/highlights/17865669628530206/ 

24. Buat Postingan Berseri

Jika anda menginginkan engagement dengan jangka panjang dan membuat pengguna kembali secara teratur, ide konten ini cocok digunakan. Jangan lupa untuk memberikan tema yang relevan dengan bisnis Anda. 

contoh: https://www.instagram.com/p/CREO9-zlIRa/ 

25. Coba Instagram Takeover

Anda dapat menggandeng influencer dan memintanya untuk mengambil alih akun instagram bisnis anda selama satu hari. Ide konten ini mampu meningkatkan pengenalan merek. 

contoh: https://www.instagram.com/p/CWkNMKJPR7H/ 

Mau buka toko online anti ribet? Yuk join di demanda.id  sekarang juga!

Dengan Demanda, kamu bisa memiliki bisnis online kamu sendiri. Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper yang barangnya DISIAPIN, DIBUNGKUSIN, & DIKIRIMIN ke pelanggan kamu ATAS NAMA KAMU! Modal terbatas? Jangan khawatir, modal untuk berjualan di Demanda adalah 0 rupiah alias GRATIS. Yuk gabung sekarang dan dapatkan uang tambahan jutaan rupiah perbulan!

Download app-nya sekarang!

google play iconc2