Sambungin Toko Online Kamu ke Shopee

Pengen jualan di Shopee? Biar Aci bantuin!

Shopee adalah marketplace terbesar di Indonesia sekarang. Nah, kalo kamu pengen jualan di Shopee, Aci siap bantu kamu. Dengan satu klik, kamu bisa upload produk ke Shopee dan update stok setiap hari! Penasaran? Aci pandu ya...

Shopee adalah marketplace terbesar di Indonesia sekarang. Nah, kalo kamu pengen jualan di Shopee, Aci siap bantu kamu. Dengan satu klik, kamu bisa upload produk ke Shopee dan update stok setiap hari! Penasaran? Aci pandu ya...

Langkah-langkah untuk Sambungin Toko Online Kamu ke Shopee

Langkah-langkah untuk Sambungin Toko Online Kamu ke Shopee

Halo! Ketemu lagi nih dengan ACI (AdminCerdas Indonesia). Gimana? Mudah kan? Nah, sekarang Aci mau ajarin kamu gimana caranya bisa melakukan upload produk kamu ke Shopee dengan cepat.

LANGKAH PERTAMA: Buat akun Shopee

 

Nah, sebelumnya, kamu harus punya akun Shopee dulu ya. Caranya buat akun gampang banget kok. Shopee emang keren. Kalau mau, kamu bisa baca panduannya di website resmi Shopee ya. Websitenya: https://shopee.co.id/inspirasi-shopee/saatnya-membuka-bisnis-baru-dengan-berjualan-di-shopee-pasti-untung/. Silakan membuat akun Shopee dulu ya. Aci kasih tips dikit nih...  

Untuk pendaftaran diri, sebaiknya dengan nomor HP saja ya. Karena biasanya Shopee banyak mengirimkan kode konfirmasi lewat nomor HP.

 

LANGKAH KEDUA: Setting akun Shopee

 

Setelah membuat akun Shopee, sekarang Aci bantu setting akun Shopee kamu supaya ready untuk diintegrasikan dengan AdminCerdas yah. Keuntungannya banyak banget. Kamu bakal bisa upload produk kamu dengan sekali klik, update stok Shopee dengan sekali klik ataupun dengan chat Line / Telegram, dan yang pasti, toko online kamu bakal terintegrasi dengan Shopee!

 

Penasaran kan? Nah, Aci kasih langkah-langkahnya ya. Pertama-tama, masuk ke website ini: 

https://seller.shopee.co.id seperti gambar di bawah ini ya.

 

Nah, lalu silakan login menggunakan nomor telepon / email dan password yang kamu buat saat kamu daftar akun Shopee. Lalu, klik Login ya. Kamu bakal masuk ke halaman ini. Selanjutnya kita bakal setting rekening kamu dulu yah. Supaya kalo ada penjualan, Shopee bisa transferin hasil penjualannya ke rekening bank kamu. Di bagian kiri, klik bagian Rekening Bank kayak gambar di bawah ya.

 

 

Nah, kalau kamu baru pertama kali buat rekening, Shopee bakal kirim kode validasi ke nomor HP kamu. Tinggal kamu input aja. Terus, kamu bakal disuruh membuat PIN sebanyak 6 digit. Buat aja, lalu ulangi / konfirmasi ya. Kalau sudah, kamu bakal masuk ke halaman ini:

 

Klik pada bagian Tambah Rekening Bank ya, kayak gambar di atas. Kamu akan disuruh mengisi detail bank kamu kayak gini:

Pastikan kamu mengisinya sesuai petunjuk gambar di atas yah! Setelah itu klik pada tombol Simpan. Shopee bakal melakukan verifikasi dulu di belakang layar. Kalau sudah terverifikasi, maka akan muncul gambar kartu seperti ini yang sudah ada keterangan Telah Diperiksa:

 

Selanjutnya, kamu scroll sampai yang paling bawah, lalu masuk pada Pengaturan Toko di kiri bawah ya. Kayak gambar ini:

 

Di sini, kamu bakal melakukan setting profil, jasa pengiriman, dan alamat toko kamu. Langkah ini penting banget yah, karena kalo ada kesalahan, maka ongkir yang dihitung bisa aja keliru. Jangan sampe kamu rugi hanya karena kesalahan ongkir!

 

Kalau sudah klik, maka kamu akan masuk halaman ini. Kamu bisa isi profile picture dengan logo kamu. Kalau belum punya logo, bisa klik website ini untuk panduan membuat logo: https://admincerdas.com/id/membuat-logo-toko-online-sederhana/. Lalu isi deskripsi toko kamu ya. Setelah itu, klik pada bagian kiri di Jasa Kirim Saya seperti gambar di bawah.

 

 

Lalu, kamu akan masuk ke halaman Jasa Kirim Saya. Nah perhatikan ya, ini penting banget. Kamu harus login dulu ke AdminCerdas di https://app.admincerdas.com/member/login. Lalu pada Dashboard, masuk pada bagian Setting Toko Online. Scroll ke bawah sampai menemukan bagian Kurir yang digunakan. Nah, pada bagian ini, kamu harus setting kurirnya di Shopee sesuai dengan yang di AdminCerdas. Lihat pada contoh gambar di bawah. 

 

08 jasa kirim

 

Poin yang harus diperhatikan adalah ini:

  1. Kalau di AdminCerdas menggunakan JNE, maka di Shopee harus diaktifkan JNE Reguler (Cashless), JNE JTR (Cashless) dan JNE YES (Cashless).

  2. Kalau di AdminCerdas menggunakan SiCepat, maka di Shopee harus diaktifkan SiCepat Reg dan SiCepat Halu.

  3. Kalau di AdminCerdas menggunakan jnt, maka di Shopee harus diaktifkan J&T Express.

  4. Kalau di AdminCerdas menggunakan pos, maka di Shopee harus diaktifkan Pos Kilat Khusus.

  5. Sisanya, apabila ada kurir di AdminCerdas yang aktif (misalnya tiki) tapi di Shopee tidak ada, biarkan saja.

 

Untuk pengaturan jasa pengiriman memang sedikit lebih rumit daripada yang lainnya. Tapi, hal ini nanti bakal sangat mempermudah kamu buat jualan. Jadi, Aci sarankan, diikutin aja ya petunjuk dari Aci. Supaya ke depannya kamu tidak perlu repot lagi.

 

Nah, setelah selesai setting kurir, ini saatnya kamu melakukan setting alamat. Alamat yang ada di Shopee HARUS SAMA dengan alamat yang ada di AdminCerdas. Sebelum masuk ke setting alamat, pastikan kamu masuk ke Dashboard AdminCerdas lalu masuk ke bagian Setting Toko Online. Lalu scroll ke bawah pada bagian alamat. 

 

Sekarang kembali ke Shopee dulu ya. Masuk ke Alamat Saya pada bagian kiri. 

 

Kamu akan masuk ke halaman ini. Klik pada tombol Tambah Alamat Baru kayak gambar di bawah ini.

 

Nah, kamu bakal disuruh untuk melakukan input alamat. Aci kasih contoh pada gambar di bawah ini ya. Bagian kiri adalah input alamat Shopee, bagian sebelah kanan adalah alamat di AdminCerdas.

 

 

Pastikan kamu mengisi alamatnya dengan benar ya. Untuk provinsi, samakan dengan Proponsi di AdminCerdas. Begitu pula dengan Kota dan Kecamatan. Lalu, alamat diisi seperti yang di kotak merah, kamu tinggal copas aja. Centang Jadikan sebagai alamat toko dan Pilih sebagai alamat pengembalian. 

 

Kalau sudah, hasilnya akan seperti ini:

 

 

Lalu kamu klik Simpan untuk menyimpan alamat di Shopee. Sekarang, kamu sudah selesai melakukan Setting Akun Shopee. 

Baca juga : https://demanda.id/blog/cara-jualan-di-lazada

LANGKAH KETIGA: Upload produk ke Shopee

 

Nah pada langkah ketiga ini, Aci akan pandu kamu supaya kamu bisa upload produk kamu ke Shopee. Kamu bakal tersambung dengan Shopee sehingga kalau mau upload produk baru atau mau update stok, kamu bisa langsung menggunakan AdminCerdas dengan satu tombol saja!

 

Nah penasaran kan gimana caranya? Tenang! Aci akan pandu kamu.

 

Pertama-tama, kamu login dulu ke AdminCerdas yah.

 

 

Lalu pada bagian kiri, masuk ke tab Marketplace

 



Tampilannya akan seperti ini. Nah, kamu klik di ikon Shopee, lalu klik ke Push Produk ya, kayak gambar di bawah ini. 

 

Kalau kamu belum pernah sambungin toko kamu ke Shopee, maka kamu akan dapat halaman kayak gini:

 

Klik Connect dengan Shopee ya. Langkah ini akan menyambungkan toko online kamu, berikut produk dan stok nya ke Shopee. Nantinya, update stok ke shopee jadi mudah sekali.

 

Pada bagian pertama, klik supaya menunya keluar. Lalu pilih shopee.co.id kayak di gambar ya.

 

Lalu, silakan login dengan akun Shopee kamu. Ini akun yang kamu daftarkan pada langkah sebelumnya ya. Lalu klik Login.

 

Setelah itu, kamu akan menuju ke halaman ini. Lalu klik Yes ya buat kasih Aci akses ke Shopee kamu.

 

Nah setelah kamu klik Yes, tunggu sebentar sampai muncul kata-kata Authorization success kayak di gambar di bawah ini ya.



Nah, setelah itu kembali ke Dashboard AdminCerdas lagi. Klik pada bagian kiri di Marketplace.

 

Klik ikon Shopee lalu Push Produk. Nah, setelah ini karena kamu udah sambungin toko online kamu ke Shopee, kamu akan masuk ke halaman yang berbeda.

 

Nah, kamu akan masuk ke halaman ini. Tinggal kamu klik Lanjut ya.

Kamu akan masuk ke halaman ini. Untuk sekarang, pilih Push ke Shopee di bagian bawah ya. Nantinya, kalau kamu sudah ada penjualan dan kamu perlu update stok ke Shopee, kamu bisa pilih Update ke Shopee untuk update stok kamu.

Baca juga : https://demanda.id/blog/cara-jualan-di-lazada-hingga-cara-daftar-dropshipper-di-lazada-untuk-pemula 

Setelah kamu Push ke Shopee, tunggu sebentar yah. Karena proses ini membutuhkan waktu. Kalau sudah selesai, maka kamu bisa melihat bahwa statusnya sudah Sukses kayak gambar di bawah.

 

Kalau sudah, boleh kamu cek produk kamu di Shopee. Lihat, produk kamu sudah bertambah, berikut stoknya. Gambarnya ada, deskripsinya juga ada. Canggih kan? Aci!

 

Selamat berjualan di Shopee! Semoga sukses selalu.









Mau punya bisnis dropship tanpa modal dan tanpa stok?

Jangan bingung! Sekarang #adaDemanda yang bisa bantu kamu. Download app Demanda, daftarkan dirimu, dan mulai kumpulkan profitnya!

google play iconc36