5 Cara Retur Barang Di Shopee Dengan Mudah

Apakah Anda pernah menerima barang yang salah atau rusak dari salah satu seller Shopee?

Tahukah Anda kalau hal ini lumrah? Proses pengiriman barang memungkinkan barang tersebut rusak karena terjadi hantaman. Atau toko yang melayani Anda adalah dropshipper sehingga toko ini juga tidak pernah tahu barangnya seperti apa. Banyak alasan lain terjadinya kesalahan pengiriman. Yang bisa Anda lakukan adalah retur barang tersebut. Tim Demanda akan membahas cara retur barang di Shopee dengan mudah.

Tahukah Anda kalau hal ini lumrah? Proses pengiriman barang memungkinkan barang tersebut rusak karena terjadi hantaman. Atau toko yang melayani Anda adalah dropshipper sehingga toko ini juga tidak pernah tahu barangnya seperti apa. Banyak alasan lain terjadinya kesalahan pengiriman. Yang bisa Anda lakukan adalah retur barang tersebut. Tim Demanda akan membahas cara retur barang di Shopee dengan mudah.

Resiko membeli barang secara online

Resiko membeli barang secara online

 

Di era serba digital yang serba modern ini, berbelanja barang secara online melalui marketplace seperti Shopee, Tokopedia, BukaLapak dan Lazada merupakan sesuatu yang sudah membudaya di kalangan masyarakat Indonesia, mulai dari pelajar, mahasiswa, petani, pekebun, pengusaha dan sebagainya.

Namun dibalik kemudahan dan nilai plus belanja online tersebut terdapat resiko yang cukup besar dan terkadang sering terjadi pada pembeli yang tidak selektif atau terkadang barang cacat terjadi karena kelalaian dalam ekspedisi pengiriman, dan terkadang ada juga oknum penjual yang sengaja manfaatkan jual beli kendaraan online. sebagai tempat untuk melakukan penipuan.

Tidak sedikit pembeli yang merasa kecewa saat membeli barang melalui toko online, seperti Shopee. Jadi bisakah kami mengajukan pengembalian barang yang kami beli di Shopee? Ya, benar, jawabannya YA. Apabila barang yang dikirim tidak sesuai/cacat, kami mengajukan retur atau pengembalian dana.

Shopee memang sudah sangat terkenal sebagai marketplace jual beli berbagai macam produk secara online. Penggunanya, baik dari sisi konsumen hingga penjual (seller) juga mencapai ratusan ribu bahkan jutaan. Dengan banyaknya pengguna, terkadang penjual melakukan kesalahan dan salah mengirimkan barang. Cara Return Barang di Shopee akan dijelaskan pada artikel berikut ini.

Apa Itu Retur Barang di Shopee?

Pengembalian Barang Merupakan kebijakan dimana pelanggan dapat mengembalikan barang yang telah dipesan ke Lazada atau langsung ke penjual sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Setiap toko memiliki kebijakannya sendiri mengenai pengembalian ini tetapi sebagian besar diperbolehkan. Pengembalian dana sendiri biasanya berakhir dengan dua hal, yaitu mengganti ke produk baru atau mendapatkan uang Anda kembali. Itu semua kembali ke kebijakan masing-masing toko yang menjualnya.

Cara Retur Barang di Shopee yang Sudah Diterima

Masuk ke Aplikasi Shopee dan Pilih Pesanan Saya, Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah pergi ke halaman profil atau halaman “Saya”. Setelah memasuki halaman, Anda dapat memilih pesanan saya.

Pilih Halaman Pemesanan Yang Sedang Dikirim, Di halaman pesanan saya, ada beberapa kategori pesanan. Langkah berikutnya ialah memilih halaman pesanan yang sedang Dikirim. Halaman tersebut akan menampilkan pesanan yang sedang dikirim atau sudah sampai di pembeli namun belum mendapat konfirmasi dari pembeli.

Lihat Detail Pesanan dan “Kirim Pengembalian”, Selanjutnya silahkan pilih urutan barang yang ingin dikembalikan. Kemudian, aplikasi ini akan menampilkan detail pesanan Anda. Gulir ke bawah untuk melihat detail pesanan dan Anda akan menemukan tombol "Kirim Pengembalian".

Data Lengkap, Langkah selanjutnya adalah melengkapi data pengembalian barang. Ada detail pesanan Anda, alasan Anda ingin mengembalikan barang, foto barang yang ingin Anda kembalikan, deskripsi, dan alamat email yang Anda gunakan.

Tekan Tombol “Kirim”, Jika Anda telah melengkapi semua data dan sudah sesuai, Anda dapat mengajukan pengembalian barang Anda dengan menekan tombol "Kirim". Setelah itu, Shopee akan memproses pengembalian barang yang telah Anda kirimkan.

Cara Retur Barang di Shopee yang Sudah Dinilai

Tips ini cukup mudah, jika masih dianggap, Anda tinggal menekan batal. Pesanan tinggal menunggu berapa menit proses pembatalan selesai.

Cara Retur Barang di Shopee Pembayaran Cod

Kemudian dilanjutkan ke pembahasan utama yaitu cara pengembalian barang COD di Shopee, disini kami asumsikan anda semua sudah melengkapi syarat dan ketentuannya.

  • Hubungi Penjual, Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi penjual terlebih dahulu, di mana Anda akan menginformasikan jika barang tidak sesuai atau rusak.
  • Klik Terapkan untuk Kembali Jika sudah memberi tahu penjual, maka klik Kirim Pengembalian.
  • Pilih Opsi Pengembalian, Nanti akan muncul beberapa pilihan return, silahkan klik check all lalu klik send.
  • Pilih Alasan, Kemudian dilanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu memilih alasan pengembalian, silahkan pilih salah satu sesuai kenyataan.
  • Unggah Bukti berupa Video & Foto, Langkah selanjutnya upload bukti berupa video atau foto, jika sudah klik Submit.
  • Konfirmasi di Kolom Diskusi, Setelah masuk ke kolom diskusi mohon memberikan informasi yang detail dan jujur, jika sudah ada kesepakatan maka dilanjutkan dengan pengembalian barang.
  • Kirim Paket Ke Penjual, Langkah terakhir adalah mengirimkan barang ke penjual, dimana nantinya Anda harus memasukkan nomor resi pengiriman. Sampai disini proses pengembalian sudah berhasil, silahkan tunggu sampai proses selesai dan dana sudah bisa masuk ke akun ShopeePay.

Cara Retur Barang Seller Shopee

Buka aplikasi Shopee di smartphone Anda, Selanjutnya, masuk ke profil Anda dengan mengklik menu “Saya” di sudut kanan, Masuk ke menu pesanan saya, lalu pilih "Terkirim", Kemudian Anda memilih produk yang ingin Anda kembalikan dan tekan halaman Detail Pesanan, Di bagian bawah pesanan pilih teks Minta Pengembalian, Pilih produk yang akan dikembalikan ke penjual.

Berikan alasan pengajuan pengembalian barang, sesuai dengan kondisi produk yang diterima, Selanjutnya masukkan bukti berupa foto produk untuk menambahkan foto, masukkan deskripsi pengembalian barang pada kolom deskripsi.

Pilih jasa pengiriman, disini Anda bisa memilih opsi pengiriman agar ada pengiriman gratis dan setelah itu klik konfirmasi. Masukkan alamat email yang aktif, Selanjutnya tekan tombol kirim dan selesai, Anda tinggal menunggu respon dari penjual.

Cara Pengembalian Barang di Shopee Mall

  • silahkan buka aplikasi Shopee di Smartphone anda.
  • masuk ke akun dengan menekan menu “Saya”.
  • Di menu Pesanan Saya, silakan tekan opsi “Terkirim”.
  • Kemudian pilih produk pesanan yang ingin dikembalikan, jika sudah maka akan masuk ke halaman Detail Pesanan.
  • Kemudian di bagian paling bawah, silakan tekan tombol “Kirim Pengembalian Dana”.
  • Pilih “Reason”, sesuaikan dengan kondisi produk yang sebenarnya.
  • Setelah itu, silahkan masukkan bukti kuat di kolom "Tambah Foto".
  • Kemudian jelaskan mengapa Anda ingin mengembalikan barang tersebut di kolom “Keterangan”.
  • Silakan pilih “Delivery Service”, sebagai saran sebaiknya pilih kurir yang tersedia di Shipping Options agar bebas ongkos kirim. Jika sudah tekan tombol "Konfirmasi".
  • Masukkan alamat email Anda yang masih aktif.
  • Jika sudah, silahkan tekan tombol "Kirim".
  • Selesai. Aplikasi Anda sedang diproses dan menunggu tanggapan dari penjual.

Syarat Retur atau Pengembalian Barang di Shopee

Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar penjual bisa menerima pengembalian barang dan dana anda bisa dikembalikan jika barang tidak sesuai. Bukti Pengembalian Barang Lengkap, Agar penjual bersedia menerima pengembalian barang, pastikan Anda memiliki bukti yang sesuai dan lengkap untuk pengembalian Anda.

Pilih Alasan yang Tepat, Tips kedua agar penjual mau menerima retur Anda adalah memilih alasan yang tepat. Dan Simpan Nomor Resi Barang, Tips terakhir yang bisa Anda lakukan saat mengembalikan barang adalah dengan menyimpan nomor resi barang.

Proses Pengajuan Pengembalian Barang

Masuk ke situs atau aplikasi Shopee dan masuk ke akun Anda, Pilih menu Saya dengan ikon orang, Akses halaman Pesanan Saya dan pilih item yang akan dikembalikan (ada di menu Semua atau Dikirim), Tekan tombol Minta Pengembalian di halaman Detail Pesanan.

Selanjutnya, tekan Select Reason dan pilih opsi yang disediakan, Anda diminta untuk memasukkan foto dan memberikan informasi tambahan mengapa barang tersebut dikembalikan, Kemudian, pilih Solusi dan pilih opsi Pengembalian & Pengembalian Dana, Isi Alamat Email Anda dengan email aktif, Setelah semua data terisi dengan benar dan lengkap, selanjutnya tekan tombol Submit.

Cara Mengajukan Pengembalian di Shopee

  • Untuk melakukan pengajuan, klik Saya
  • Selanjutnya, tab terkirim
  • Kemudian, Kirim Pengembalian Produk yang akan dikembalikan di Detail Pesanan
  • Selanjutnya, pilih Alasan. Ada beberapa alasan pengembalian barang atau refund yang bisa dipilih pembeli.

Demikian ulasan tentang, 5 Cara Retur Barang Di Shopee Dengan Mudah. Semoga bermanfaat.

Mau buka toko online dropship anti ribet?

Yuk join di demanda.id  sekarang juga!

Dengan Demanda sebagai platform dropship terbaik di Indonesia, kamu bisa memiliki bisnis online kamu sendiri. Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper yang barangnya DISIAPIN, DIBUNGKUSIN, & DIKIRIMIN ke pelanggan kamu ATAS NAMA KAMU! Modal terbatas? Jangan khawatir, modal untuk berjualan di Demanda adalah 0 rupiah alias GRATIS. Yuk gabung sekarang dan dapatkan uang tambahan jutaan rupiah perbulan!

Download app-nya sekarang!

google play iconc2