Begini Cara Dropship Tanpa Modal

Apakah memang benar bahwa dropship adalah bisnis online tanpa modal?

Dropship tanpa modal sudah menjadi cara berjualan yang diandalkan banyak orang. Namun tidak semua orang mengerti apa itu Dropship sehingga salah mengartikan esensi dari model bisnis dropship.
16 Dec 2022 14:04

Dropship tanpa modal sudah menjadi cara berjualan yang diandalkan banyak orang. Namun tidak semua orang mengerti apa itu Dropship sehingga salah mengartikan esensi dari model bisnis dropship.

Apa sih dropshipping itu?

Apa sih dropshipping itu?

 

Dropship adalah salah satu jenis bisnis online yang dimana penjual tidak perlu menyimpan stok produk. Pihak yang bertanggung jawab atas pengiriman stok barang adalah produsen. Dropshipper ini hanya bertindak sebagai perantara yang menemukan pelanggan dan kemudian mengirimkan pesanan ke pemasok.

Di Belakangan ini banyak orang yang memilih untuk memulai Dropship Tanpa Modal karena kelebihannya dapat menghemat waktu dan Anda tidak perlu khawatir dengan biaya besar dan risiko lainnya jika semua produk tidak laku.

Cara Dropship Tanpa Modal

Bisnis dropship seperti ini banyak dilakukan oleh orang-orang yang ingin berbisnis tanpa modal awal. Mayoritas dari mereka menjadi dropshipper sebagai bisnis sampingan. Banyak pekerja tetap yang ingin mendapatkan uang tambahan menjalankan bisnis dropship ini. Mahasiswa yang juga ingin menambah uang saku memilih menjadi dropshipper. Lalu bagaimana cara dropship tanpa modal? Berikut langkah-langkahnya:

Pilih Target Pasar

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk menjadi seorang dropshipper adalah menentukan siapa yang akan menjadi pembelinya. Ini juga dikenal sebagai menentukan target pasar. Coba sesuaikan dulu dengan jenis produk yang akan Anda jual. Misalnya, jika Anda ingin dropship produk ibu dan anak, maka target pasar Anda adalah orang tua. Anda juga dapat menentukan target pasar Anda berdasarkan jenis kelamin, latar belakang pendidikan, lokasi, dan minat mereka.

Jadi, produk yang ditawarkan lebih relevan dengan kebutuhan mereka. Selain itu, target pasar dapat memudahkan Anda dalam menyusun strategi pemasaran. Mulai dari membuat konten promosi hingga menetapkan harga jual.

Temukan Pemasok

Cara dropship tanpa modal selanjutnya adalah dengan mencari supplier yang akan membantu Anda berjualan. Anda dapat mencari pemasok online di internet. Mulai dari browsing search engine, website, media sosial, hingga marketplace. Ini adalah cara termudah bagi Anda untuk menemukan pemasok sehingga Anda bisa mendapatkan produk untuk dijual kembali. Selain melakukan riset online, Anda juga bisa mencari supplier dengan cara langsung mendatangi pasar grosir.

Coba cari merchant yang menawarkan sistem reseller atau dropshipper. Biasanya banyak brand yang membuka jaringan agen dan memungkinkan orang menjadi reseller atau dropshipper. Baca setiap syarat dan ketentuan yang disediakan. Jangan salah dalam memilih supplier karena pihak ini sangat penting dalam operasional bisnis online Anda.

Untuk memudahkan Anda, coba buat daftar pemasok yang ingin Anda ajak bekerja sama. Kemudian, cari tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya cara mereka melayani pelanggan, pengiriman barang yang tepat waktu, hingga kualitas produk yang dijual. Baru setelah itu Anda dapat menentukan pemasok mana yang paling tepat.

Sesuaikan Harga Jual Produk

Dalam menjalankan bisnis sebagai dropshipper, Anda perlu menghitung keuntungan Anda sendiri. Sebab, produk yang dijual adalah milik orang lain. Anda bukan orang pertama yang menetapkan keuntungan sesuka hati. Oleh karena itu, bijaklah dalam menyesuaikan harga jual produk dari pemasok. Tentukan jumlah keuntungan yang layak Anda dapatkan. Jangan terlalu kecil atau terlalu besar agar tidak rugi.

Sebagai referensi , Anda perlu melihat kisaran harga di pasaran terlebih dahulu. Jadi, harga jual produk Anda tetap bisa dijangkau oleh target pasar. Jika Anda ingin menentukan harga jual suatu produk yang lebih rendah dari pasar, pasarkan dalam jumlah minimum tertentu. Dengan begitu, Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan yang sepadan.

Buat Toko Online

Bila Anda sudah menerapkan semua cara dropship tanpa modal di atas, kini saatnya untuk mulai berjualan. Anda perlu membuat toko online untuk bisa berbisnis sebagai dropshipper. Ada banyak platform jual beli online yang bisa Anda gunakan. Misalnya media sosial, aplikasi chatting, website, dan marketplace.

Pertama, pelajari tentang setiap sistem jual beli online di platform. Jadi, Anda bisa menentukan saluran penjualan yang paling tepat untuk bisnis Anda. Dengan berjualan online, Anda bisa mengelola pesanan dengan lebih praktis melalui perangkat elektronik. Jangkauan pasar juga lebih luas dibandingkan membuka toko fisik.

Selain itu, Anda juga tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Anda bahkan dapat membuat toko online secara gratis. Cukup akses situs web atau unduh aplikasi di perangkat seluler Anda dan daftar sebagai penjual toko online. Anda juga bisa menjual langsung secara online.

Konsisten Dalam Bisnis

Cara dropship tanpa modal selanjutnya yaitu kamu harus konsisten menjalaninya. Anda harus aktif mempromosikan produk pemasok jika ingin mendapat untung. Karena jumlah keuntungan yang Anda dapatkan cenderung lebih kecil daripada menjadi penjual langsung, maka Anda harus menjual produk dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, promosikan produk secara rutin dan konsisten. Sehingga keuntungan yang dihasilkan bisa maksimal.

Demikian ulasan tentang Begini Cara Dropship Tanpa Modal, semoga bermanfaat.

Mau buka toko online dropship anti ribet?

Yuk join di demanda.id  sekarang juga!

Dengan Demanda, kamu bisa memiliki bisnis online kamu sendiri. Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper yang barangnya DISIAPIN, DIBUNGKUSIN, & DIKIRIMIN ke pelanggan kamu ATAS NAMA KAMU! Modal terbatas? Jangan khawatir, modal untuk berjualan di Demanda adalah 0 rupiah alias GRATIS. Yuk gabung sekarang dan dapatkan uang tambahan jutaan rupiah perbulan!

Download app-nya sekarang!

google play iconc2

app store icon