Bagaimana Pengertian Dan Cara Kerja Dropship

 Dalam menjalankan usaha atau bisnis tentunya kita akan berusaha mencari cara yang mengandung resiko paling kecil dan tentunya tidak membutuhkan biaya atau modal yang besar. Pertimbangan tersebut tentunya akan kita ambil agar nantinya kita tidak kehilangan segalanya ketika usaha atau bisnis yang kita jalankan tidak berjalan dengan lancar sehingga kita tidak akan mengalami kerugian yang besar.

Ada beberapa jenis usaha yang bisa anda lakukan, mulai dari memproduksi sendiri barang atau jasa yang ingin anda jual, kemudian menjadi distributor resmi, kemudian anda juga bisa langsung menjual kembali barang atau jasa milik provider atau penyedia tersebut, dan yang terakhir adalah dengan menjalankan metode dropship.

Metode dropshipping ini merupakan metode bisnis yang cukup unik jika dibandingkan dengan yang lain, dan pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan semua hal yang perlu anda ketahui tentang dropship agar lebih mudah untuk anda pahami dan jalani. Jika Anda ingin mengetahui beberapa hal lain tentang pemasaran dan branding, Anda dapat membaca beberapa artikel kami seperti Cara Kerja Dropship dan lain sebagainya.

Baca juga : Bagaimana Perbedaan Dropship Dan Reseller

Apa Itu Dropship Dan Cara Kerjanya

Dropshipping adalah metode bisnis di mana seseorang atau bisnis menawarkan produk milik orang atau produsen lain tanpa perlu membeli dari mereka terlebih dahulu, dan kemudian produk akan dikirim langsung ke pelanggan. Kata dropship sendiri juga biasa disebut dengan drop shipping yang berasal dari bahasa Inggris yang secara harfiah berarti kurang lebih mengirimkan barang sebagai titipan, meskipun asal usul penggunaannya tidak begitu diketahui.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dengan metode ini, Anda sebagai penjual tidak perlu membeli barang terlebih dahulu dan menyimpannya, karena nantinya pesanan yang Anda terima dari pelanggan hanya tinggal diantarkan ke penyedia produk, kemudian mereka yang akan melakukan produksi. dan pengiriman ke pelanggan Anda.

Cara dropship ini sangat umum bagi mereka yang memiliki modal terbatas, bahkan anda tidak memerlukan modal apapun untuk menerapkannya, karena anda hanya perlu menerima pembayaran dari pelanggan kemudian membayar kepada penjual dan menyimpan kelebihannya sebagai keuntungan. Cara kerja Dropship sangat sederhana, Anda hanya perlu mencari penjual yang bersedia menerapkan cara bisnis ini.

Kemudian penjual berkomitmen untuk mengirimkan pesanan yang mereka terima dari Anda, kepada pelanggan yang membeli produk tersebut melalui Anda. Dalam metode dropship ini biasanya ada beberapa penyedia produk atau jasa yang berkomitmen untuk tidak mencantumkan atau mencantumkan tokonya di invoice pembelian, dan ada juga yang mau mengikuti atau memasang nama toko dropshipper tersebut.

Tentu saja, proses mencari penjual yang mau melakukan dropshipping menjadi salah satu yang paling menantang bagi Anda, karena banyak penyedia produk atau layanan yang enggan untuk menerapkan bisnis dropship ke dalam metode penjualan mereka.

Hal ini dikarenakan para penjual khawatir reputasi brand atau toko mereka akan tercoreng akibat kesalahpahaman dropshipper terhadap produk yang mereka jual, sehingga meningkatkan kemungkinan janji palsu kepada pelanggannya. Untuk menjalankan bisnis dropshipping bisa dilakukan dari mana saja baik offline maupun online, walaupun pada jenis bisnis ini cara online paling banyak dipilih sebagai lokasi penjualan.

 Baca juga : Cara Jualan Di Lazada Hingga Cara Daftar Dropshipper Di Lazada Untuk Pemula

Cara Kerja Dropship Di Shopee

Adapun cara kerja shopee dropship atau alur kerjanya adalah sebagai berikut :

  • Mencari barang untuk dijual
  • Mencari pemasok atau produsen yang menerima dropship
  • Buat perjanjian atau perjanjian dropship dengan pemasok atau produsen
  • Mempromosikan barang di shopee
  • Jika menggunakan marketplace, harap atur alamat sesuai dengan alamat pemasok atau produsen
  • Jika seseorang memesan barang secara langsung atau melalui marketplace, mohon konfirmasi ke pemasok atau produsen
  • Silahkan melakukan pembayaran barang ke supplier atau produsen Anda (gunakan uang Anda daripada menggunakan uang dari transfer pembeli)
  • Supplier atau produsen akan mengirimkan barang dengan nomor resi yang sudah tersedia
  • Silakan kirim nomor resi ke pembeli atau silahkan masukkan nomor resi ke marketplace
  • Selesai.

Baca juga : Cara Menjadi Dropshipper Tanpa Modal

Cara Kerja Reseller Shopee

Berikut langkah-langkah cara kerja reseller shopee yang bisa Anda lakukan:

  • Buka dulu aplikasi shopee kamu
  • Pada perangkat smartphone yang Anda gunakan
  • Atau bisa juga melalui website shopee
  • Jika Anda masuk melalui situs shopee, Anda akan diminta untuk login
  • Login menggunakan akun shopee yang anda gunakan
  • Saat sudah terbuka, lalu pilih produk yang ingin Anda promosikan
  • Pilih hanya produk dari shopee mall
  • Pastikan produk yang Anda pilih laris manis di pasaran atau sedang trending
  • Kemudian klik salin tautan afiliasi di halaman produk yang ingin Anda promosikan
  • Selanjutnya, promosikan produk yang Anda pilih tadi
  • Anda dapat mempromosikannya melalui whatsapp, instagram, facebook, dan sebagainya
  • Kemudian bagikan tautan produk melalui tautan afiliasi
  • Agar pengikut Anda dapat membeli produk melalui tautan yang Anda tautkan
  • Jika Anda membeli, Anda akan mendapatkan komisi hingga 10%
  • Selesai.

 Baca juga : Cara Mudah Menghasilkan Banyak Uang dengan Menjadi Dropshipper

Cara Kerja Dropship Tokopedia

Cara kerja Dropshiper adalah Anda hanya memberikan layanan pemasaran atau promosi kepada seorang pengusaha (dikelola oleh orang lain) agar produk tersebut terjual, dibalik itu Anda juga mendapatkan imbalan dengan kesepakatan yang telah ditentukan, dan beberapa syarat. Proses cara kerja Dropshipper ini tanpa modal apapun, tidak seperti orang lain yang ingin membuat perusahaan dengan modal.

  1. Masuk ke website Tokopedia menggunakan Username dan Password yang terdaftar
  2. Pilih pencarian pesanan yang diinginkan pelanggan Anda
  3. Pilih kriteria yang dipesan oleh pelanggan Anda
  4. Klik yang dipilih dan lihat informasi reviewnya, lalu klik beli
  5. Terus Bayar
  6. Isi identitas yang sesuai
  7. Jika ingin dikirim ke orang lain, klik add a new address, lihat gambar di bawah, isikan alamat pembeli, lalu klik bayar
  8. Pilih metode pembayaran
  9. Pilih pembayaran yang Anda inginkan, lalu bayar,
  10. Nanti akan ada notifikasi mengenai invoice dan pembayaran yang diberikan dari Tokopedia,
  11. Selesai.

 Baca juga : Cara Mendapatkan Penjualan Pertama Buat Dropshipper

Cara Kerja Dropship Lazada

Istilah dropship mengacu pada sistem penjualan dimana Anda bertindak sebagai tenaga penjual dari seorang penjual untuk menjual produknya tanpa perlu membeli produk tersebut terlebih dahulu. Sedangkan untuk bisnis dropship tidak membutuhkan sistem seperti berikut ini karena mereka akan mendapatkan keuntungan berupa komisi dari 10% sampai 30% dari harga barang yang mereka jual.

Oleh karena itu, Lazada dropshipping merupakan upaya menjual suatu produk melalui Lazada dari penjual atau pemasok pemilik produk secara langsung kepada konsumen untuk mendapatkan keuntungan.

 Baca juga : Cara Mudah Menghasilkan Banyak Uang dengan Menjadi Dropshipper

Cara Kerja Di Dropship Aja

Untuk menjadi seorang dropshipper Aja tidak perlu membutuhkan modal yang besar. Menjadi seorang dropshipper hanya perlu memiliki kuota internet, koneksi dengan supplier dan juga media untuk mempromosikan barang atau menjual produk di dunia maya. Seorang dropshipper Aja tidak perlu membeli stok barang untuk dijual kembali kepada pembeli.

Namun seorang dropshipper hanya perlu menampilkan berbagai konten terkait penjualan di berbagai media online, seperti media sosial, blog, website dan lain sebagainya. Seorang dropshipper biasanya akan diberikan berbagai konten pendukung oleh pihak pemasok barang. Biasanya konten tersebut berupa gambar, widget, deskripsi barang dan juga harga produk dari supplier.

Dan nantinya berbagai konten tersebut akan dipromosikan oleh seorang dropshipper dengan harga yang berbeda dengan harga asli yang diberikan oleh supplier. Sehingga nantinya jika ada pembeli yang tertarik dan membeli produk di blog atau produk yang akan di promosikan oleh dropshipper tadi. Dropshipper akan menghubungi supplier "penjual, toko online, dll". untuk mengirimkan sejumlah barang yang dipesan oleh pembeli atas nama penjual atau dropshipper.

 Baca juga : Cara Mendapatkan Penjualan Pertama Buat Dropshipper

Cara Kerja Dropship Online Shop

Dropshipping adalah metode jual beli yang tidak mengharuskan penjual memiliki stok produk. Lalu apa itu dropshipper? Dropshipper artinya pelaku skema dropship toko online. Gambaran cara kerja toko online dropship kurang lebih sebagai berikut.

Penjual bekerja sama dengan pemasok. Ketika ada pesanan, penjual akan meneruskan pesanan ke pemasok dan pemasok akan menangani pengiriman produk. Dalam skema ini, penjual hanya akan menangani transaksi. Penanganan produk diserahkan sepenuhnya kepada pemasok. Secara umum, sistem ini seperti broker. Jadi penjual hanya menjembatani konsumen dengan pemasok sebagai pemilik produk. Namun, produk yang dikirim oleh pemasok tetap atas nama penjual.

Sehingga konsumen masih menganggap bahwa produk tersebut milik penjual. Cara kerja toko dropship online sekilas memang terlihat sederhana. Namun, pada kenyataannya cukup sulit untuk mengelola bisnis semacam ini. Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan dan persiapkan untuk bisa sukses menjalankan toko dropship online.

Demikian ulasan artikel tentang bagaimana pengertian dan Cara Kerja Dropship, semoga bermanfaat.

Baca juga : Berbagai Keuntungan Jadi Dropshipper

Baca juga : Pengertian Dropshipper, Cara Menjadi Dropshipper, Hingga Keuntungan Menjadi Dropshipper

Mau buka toko online dropship anti ribet?

Yuk join di demanda.id  sekarang juga!

Dengan Demanda, kamu bisa memiliki bisnis online kamu sendiri. Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper yang barangnya DISIAPIN, DIBUNGKUSIN, & DIKIRIMIN ke pelanggan kamu ATAS NAMA KAMU! Modal terbatas? Jangan khawatir, modal untuk berjualan di Demanda adalah 0 rupiah alias GRATIS. Yuk gabung sekarang dan dapatkan uang tambahan jutaan rupiah perbulan!

Download app-nya sekarang!

google play iconc2

app store icon