Cara Jualan di Lazada

dropshipper lazada

Apa itu Lazada?

Lazada adalah perusahaan yang bergerak dibidang layanan jual beli online. Lazada merupakan bagian dari Alibaba Group. Lazada beroperasi di Asia Tenggara. Lazada adalah tempat jual beli online yang menyediakan berbagai macam produk. Lazada adalah hasil pengembangan dari perusahaan inkubator teknologi internet asal jerman yaitu Rocket Internet. Bersamaan dengan fungsi marketplace lain lazada juga menyediakan berbagai promo dan diskon. 

Keunggulan lazada yang harus anda ketahui

1. Cod tanpa banyak syarat, bahkan belanja dibawah 10 ribu bisa cod tanpa biaya tambahan

Ongkos kirim lazada bisa dibilang lebih murah karena lazada memiliki ekspedisi sendiri yaitu LEX (lazada Express). Akan tetapi ekspedisi lain seperti JNE, JNT, SICEPAT, dan lainnya juga tersedia akan tetapi biaya ongkos kirim akan lebih murah jika menggunakan ekspedisi dari lazadanya sendiri. 

2. Terdapat banyak promo dan diskon dari Lazada dan ada juga promo dari penjualnya akan tetapi jika memakai promo dari penjualnya ada batas minimal belanja atau syarat yang lain. 

3. Pembayaran via OVO dan DANA sudah tersedia di Lazada. Jika anda tidak memiliki rekening bank Mandiri, BCA, BNI anda bisa membayarnya melalui OVO dan DANA. Itu lebih mempermudah akses anda untuk melakukan transaksi.

4. Tidak perlu konfirmasi pesanan, konfirmasi pembayaran. Jika pilih COD maka cukup buat pesanan sampai selesai dan tunggu penjual mengemas pesanan kita. Jika bayar pakai kartu debit, kartu kredit, bank transfer, Indomaret, Alfamart semua otomatis terkonfirmasi setelah pembayaran sukses.

Cara berjualan di Lazada untuk pemula:

1. Download aplikasi lazada dan daftarkan akun

    1. Download aplikasi lazada di playstore atau appstore 

    2. Lalu daftar akun melalui nomor telepon 

    3. Kemudian jika kode verifikasi muncul segera konfirmasi 

    4. Anda juga bisa mendaftar melalui akun google, facebook, maupun email.

2. Lengkapi profil toko anda

    1. Isi username dan display name toko anda

    2. Lalu masukkan foto profil

    3. Beri deskripsi tentang tokomu

    4. Jika anda memiliki toko offline anda bisa masukkan alamat toko offline

    5. Memverifikasi identitas diri

3. Mulai mengupload foto 

    1. Sebelum mengupload foto anda bisa memastikan bahwa foto produk anda jelas dan tidak blur

    2. Dan foto lah dengan sisi yang berbeda-beda

4.  Mulai berjualan

    1. Pastikan anda menyediakan pilihan berbagai ekspedisi
    2. Pastikan anda menyediakan pilihan untuk transaksi

5. Mulai mempromosikan produk dan tokomu

    1. Promosikan produk anda dengan bundling atau diskon 

    2. Dan promosikan akun anda dengan menyediakan voucher diskon. 

Bagaimana cara mendaftar sebagai dropshipper di Lazada?

  1. Buatlah nama toko yang sesuai dengan apa yang anda jual atau yang mudab untuk dikenali.

  2. Mulai memilih supplier yang bertanggungjawab dan bisa untuk diajak kerja sama untuk menjadikan anda sebagai dropshipper. PIlihlah supplier yang memiliki produk kualitas tinggi dengan rating yang memuaskan. 

  3. Pilihlah produk yang sekiranya anda bisa memasarkan produk tersebut. Sehingga anda bisa tahu bagaimana nantinya anda memasarkan produk tersebut. Anda bisa mempromosikan barang tersebut ke sosial media yang ada seperti instagram, facebook, twitter, dan sebagainya. 

  4. Tentukan harga yang lebih tinggi dari harga yang anda beli di supplier. Agar anda mendapatkan keuntungan sebagai dropshipper. Contohnya jika anda mendapat harga suatu produk dari supplier sebesar 100 ribu anda bisa menjualnya dengan harga 110 ribu maka anda memperoleh keuntungan sebesar 10 ribu. 

Setelah mengerti konsep dropship, Anda dapat mengikuti tahapan berikut ini untuk memulai dropship di Lazada :

  1. Download aplikasi Lazada di appstore atau playstore

  2. Jika anda tidak mempunyai akun Lazada ada bisa mendaftar melewati nomor telepon, email, atau akun google. Dan simak cara pembuatan akun di tulisan tata cara tulisan sebelum ini. 

  3. Kemudian setelah anda selesai registrasi membuat akun di Lazada anda bisa lanjut memilih produk yang ingin anda pasarkan di toko anda. Anda juga bisa mempromosikan di media sosial seperti instagram, facebook, twitter, atau whatsapp. 

  4. Setelah anda mempromosikan produk itu anda bisa pencatatan berapa jumlah pesanan. Lalu anda dapat memesan produk sesuai dengan catatan ke supplier .

  5. Saat anda ingin men-check out pesanan anda jangan lupa untuk kirimkan sebagai dropshipper, jika anda tidak mengkonfirmasi maka penjual akan mengirimkan anda sebagai pembeli biasa. 

  6. Kemudian isi nama pengirim dengan nama toko anda. Dan masukkan nomor telepon anda.  

Pengisian kolom kirim sebagai dropship di atas sangat penting karena, opsi itulah yang membedakan antara order biasa dengan order dropship. Dengan keterangan tersebut, tidak akan membingungkan Supplier.

Tips menjadi dropshipper di lazada

1. Perhatikan kualitas produk

Sebelum membeli produk untuk toko anda, lebih baik anda melakukan checking produk berdasarkan kualitas produk, review produk, harga produk, dan barang asli produk setelah sampai.

2. Gunakan fitur di lazada atau di toko supplier untuk mendapatkan voucher

Gunakan fitur gratis ongkir atau voucher dari lazada maupun dari toko agar biaya yang kamu tanggung lebih sedikit sehingga kamu bisa mengambil keuntungan yang lebih banyak dibanding anda tidak menggunakan voucher apapun.

3. Meningkatkan optimalisasi produk 

Jika anda sudah menerima produk dari supplier anda bisa mengganti kemasan produk menjadi lebih rapi dan bagus. Anda juga bisa mengupload foto produk lebih baik dari supplier dengan memanfaatkan pencahayaan agar produk anda menjadi lebih jelas. Dan isi deskripsi produk secara jelas dan jujur agar tidak terjadi kesalahpahaman.

4. Buat tokomu menjadi lebih baik

Dekorasi toko onlinemu menjadi lebih baik dengan cara mengedit foto profil, mengedit foto produk tanpa menghilangkan foto keaslian produk secara nyata. 

5. Manfaatkan fitur promosi di Lazada

Jika anda membuka toko di lazada sebagai dropshipper anda bisa melakukan fitur promosi gratis yang disediakan di lazada tetapi toko anda harus memenuhi syarat yang ditentukan. Fitur promosi gratis yang disediakan oleh lazada adalah fitur naikkan produk, sehingga produk anda bisa tampil di beranda, atau jika ada calon pembeli mencari produk serupa dengan produk anda, maka produk anda bisa tampil di paling atas. Untuk yang berbayar, setidaknya ada 4 jenis promosi yang bisa kamu gunakan. Diantaranya adalah afiliasi bersponsor, pencarian bersponsor, seller voucher, dan gratis ongkir. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa mencari informasinya di tempat lain.

 

Mau buka toko online anti ribet? Yuk join di demanda.id  sekarang juga!

Dengan Demanda, kamu bisa memiliki bisnis online kamu sendiri. Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper yang barangnya DISIAPIN, DIBUNGKUSIN, & DIKIRIMIN ke pelanggan kamu ATAS NAMA KAMU! Modal terbatas? Jangan khawatir, modal untuk berjualan di Demanda adalah 0 rupiah alias GRATIS. Yuk gabung sekarang dan dapatkan uang tambahan jutaan rupiah perbulan!

Download app-nya sekarang!

google play iconc2