Dongkrak Penjualan Kamu dengan Sistem Live Streaming (Medsos dan Shopee)

Menjalani era serba teknologi, kita dapat melakukan banyak hal secara digital, praktis, dan otomatis.

Salah satunya bisnis yang mulai merambah digital dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Kita sudah tidak asing lagi dengan istilah toko online (online shop atau dikenal juga olshop). Maka persaingan pada pasar secara digital pun ikut meningkat dan ketat. Salah satu strategi untuk mengarungi arus tren olshop adalah menggunakan fitur live streaming.

Salah satunya bisnis yang mulai merambah digital dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Kita sudah tidak asing lagi dengan istilah toko online (online shop atau dikenal juga olshop). Maka persaingan pada pasar secara digital pun ikut meningkat dan ketat. Salah satu strategi untuk mengarungi arus tren olshop adalah menggunakan fitur live streaming.

Pengertian Live Streaming

Pengertian Live Streaming

 

Fitur live streaming tersedia pada berbagai macam sosial media seperti Instagram dan marketplace seperti shopee.  Live streaming sendiri merupakan salah satu cara agar brand dapat terkoneksi lebih dekat atau engage bersama dengan para audience-nya. Kegiatan ini dilakukan dengan menyiarkan video real time dan bisa berinteraksi melalui komen atau ikut live bersama. Istilah lainnya adalah siaran langsung. Kini, siaran langsung sudah termasuk strategi digital marketing agar penjualan dapat meningkat.

Baca juga : Apa Itu Komersial?

Siaran langsung atau Live Streaming merupakan sebuah konten berupa video yang disiarkan secara langsung atau pada waktu yang bersamaan (real time) melalui internet. Melakukan siaran langsung sama halnya dengan membuat video pada umumnya, tak perlu mengedit apalagi post-production

Saat ini, hampir generasi milenial tahu apa itu live streaming. Beberapa dari mereka pasti pernah menonton siaran langsung melalui sosial media maupun marketplace. Uniknya, siaran langsung bersifat interaktif sehingga para penonton atau audience bisa meninggalkan komentar maupun reaksi selama video disiarkan. Keunikan ini membentuk komunikasi dua arah yang cukup baik.

Jika para pengguna platform penyedia fitur live streaming menyalakan notifikasi, mereka mungkin saja mendapat notifikasi setiap kamu melakukan siaran langsung. Di akhir sesi, kamu juga bisa menyimpannya sehingga video dapat tetap ditonton oleh yang lainnya dan tidak ketinggalan informasi yang kamu sampaikan melalui siaran langsung.

Manfaat Melakukan Live Streaming

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kita dapat membuat hubungan yang baik dengan followers atau penonton siaran langsung kita. Dengan hubungan yang baik dan lebih engage tentunya tingkat engagement-nya akan baik pula. Saat ini, siaran langsung sudah termasuk strategi digital marketing. Kamu dapat menjangkau lebih banyak audience saat melakukan siaran langsung.

Menghemat Pengeluaran Dengan Promosi Berbasis Konten

Meningkatnya konsumsi konten digital dan pertumbuhan pengguna e-commerce yang tinggi di Indonesia, membuat dunia digital menjadi hal yang tidak boleh kita tinggalkan begitu saja. Pemasaran secara online menjadi andalan banyak perusahaan karena lebih hemat biaya karena tidak perlu menyewa studi atau tempat untuk mengenalkan produk yang kamu miliki.

Salah satunya adalah siaran langsung. Sebagai pemilik bisnis, kamu hanya perlu membuat konsep bagaimana konten video yang akan ditayangkan, menggunakan perangkat yang ada, juga platform yang akan kamu gunakan. Kamu juga bisa memanfaatkan jasa digital marketing agency yang mampu membantu strategi promosi melalui konten live streaming.

Konten pada video siaran langsung memiliki sifat yang spontan dan memberikan value fresh. Penayangan konten secara langsung tidak dapat kita edit. Video “mentah” atau raw ini akan memberikan kesan bagi para audience bahwa konten yang kamu bawakan bersifat autentik. 

Apalagi, bila dalam siaran langsung kamu melakukan kegiatan pemasaran atau penjualan, mereka dapat melihat barang layaknya secara langsung dengan meminta talent menjelaskan produk secara real time. Dengan begitu rasa kepercayaan konsumen timbul dan mungkin akan tertarik untuk membeli produk yang kamu promosikan.

Menjadi Lebih Engage dan Meningkatkan Engagement

Menjaga hubungan baik atau engage dengan para pengikut merupakan salah satu hal yang cukup krusial. Pasalnya, pengguna internet dan sosial media kebanyakan berasal dari gen z dan milenial. Tayangan visualisasi seperti video adalah hal yang cukup mereka gemari daripada tulisan pada blog.

Oleh karena itu, buatlah konsep konten video siaran langsung yang terbaik juga membuka sesi tanya jawab agar para audience merasa lebih dekat. Biasanya, sesi yang melibatkan para penonton akan membuat mereka semakin antusias. Dengan begitu, kamu akan memiliki brand loyalty. Tetapi, kamu harus tetap memastikan bahwa konten yang kamu buat cukup menarik ya.

Selain itu, hal lain yang perlu kita perhatikan adalah meningkatnya engagement. Komunikasi dua arah yang terjalin melalui siaran langsung, seperti sesi tanya jawab, akan meningkatkan tingkat engagement. Selain itu, live streaming juga memungkinkan kamu memiliki jangkauan audience yang lebih luas. 

Bila video yang kamu tayangkan menarik, mereka akan tertarik untuk mengenali produk kamu lebih lanjut. Bisa juga mereka menemukan produk kamu dari para pengikut yang loyal. Eksposur ini dapat memiliki dampak yang cukup besar bagi brand dan penjualan produk kamu.

Menciptakan Brand Personality 

Brand personality merupakan karakteristik atau kepribadian yang sangat melekat pada sebuah nama brand. Hal ini akan membuat brand mudah diingat dan konsumen merasa lebih dekat. Kedua hal tersebut pastinya mampu menciptakan kesuksesan bisnis yang kamu miliki.

Seperti yang kita tahu, siaran langsung tidak dapat kita edit. Hal ini rupanya menjadi salah satu kelebihan yaitu ketidaksempurnaan. Video yang diedit biasanya bersifat sempurna karena sisi yang kurang baik bisa saja tidak ditampilkan. 

Ketidaksempurnaan inilah yang membuat karakteristik brand terasa nyata dan adanya sisi manusiawi pada brand tersebut apabila melakukan kesalahan saat siaran langsung. Jangan berusaha mengikuti script karena dapat merusak citra flow video yang terlihat tidak natural. Audience akan merasa kontenmu kurang menarik.

Meningkatkan Brand Awareness

Kesadaran merek atau brand awareness adalah sebuah kemampuan konsumen dalam mengenali dan mengingat suatu merek dengan hanya melihat sesuatu seperti logo, warna, image, dan identitas lainnya yang menggambarkan suatu brand.

Dalam melakukan siaran langsung, kamu bisa menayangkan beragam konten yang berkaitan dengan produk maupun brand. Isinya bisa berupa ulasan produk, wawancara, motivasi hingga inspirasi. Audience akan semakin mengenal brand yang kamu miliki seperti kelebihannya dengan kompetitor lainnya.

Platform Penyedia Fitur Live Streaming Yang Mendukung Penjualan

Instagram Live Streaming

Platform media sosial yang satu ini memang selalu hadir dengan fitur-fitur yang menarik untuk kita pakai. Instagram Stories, IGTV, hingga Reels menjadi andalan mereka untuk menguasai market video mobile. Apalagi pengguna Instagram di Indonesia cukup banyak. Kamu bisa menggunakan fitur Live. Bila siaran langsung sudah selesai,video akan tersimpan dalam IGTV dan bisa kamu share melalui Stories.

Shopee Live

Sebagai salah satu marketplace di Indonesia yang memiliki perkembangan cukup pesat, Shopee juga hadir dengan fitur Shopee Live. Uniknya, sebagai platform e-commerce, kamu bisa menyediakan bubble yang menampilkan produk yang akan dipromosikan. Oleh karena itu, banyak pemilik olshop menggunakan Shopee sebagai salah satu marketplace digital mereka.

Nah, itu dia informasi mengenai siaran langsung. Dapat kita lihat bahwa semua manfaatnya dapat meningkatkan nilai penjualan. Hal ini karena kamu bisa berpromosi menggunakan konten yang disiarkan secara real time. Selamat mencoba dan pastikan selalu konsep konten selalu menarik bagi audience-mu ya!

Mau memulai bisnis jualan online tapi ga punya supplier?

Jangan khawatir, Demanda bakal bantu kamu bikin bisnis online tanpa perlu cari supplier dengan sangat mudah! Download app-nya sekarang!

google play iconc2