Apakah kamu pernah mendengar istilah paid promote? Apa itu paid promote? Yuk, simak pembahasannya pada ulasan di bawah ini!
Paid promote adalah salah satu strategi Digital Marketing yang dilakukan dengan cara menggunakan jasa pihak ketiga untuk mempromosikan produk atau jasa perusahaan. Biasanya paid promote ini dilakukan dengan menggunakan jasa influencer atau pemilik akun sosial media yang memiliki jumlah followers dengan engagement yang tinggi.
Dengan adanya paid promote ini diharapkan perusahaan akan mendapatkan keuntungan lebih terutama dari segi promosi produk. Sekarang ini paid promote adalah salah satu strategi digital marketing yang paling banyak digunakan. Beberapa platform sosial media yang kerap digunakan untuk menjalankan strategi ini adalah Instagram, Facebook, Twitter, Tik Tok, dan berbagai sosial media lainnya.
Lalu apa perbedaan antara paid promote dan endorsement. Sebenarnya, paid promote adalah strategi yang tak jauh berbeda dari endorsement. Namun, ada beberapa membedakan keduanya. Diantaranya adalah :
Konten yang digunakan dalam paid promote ini berasal dari klien atau dari-mu yang menggunakan jasa paid promote tersebut. Sementara itu, konten yang digunakan dalam proses endorsement dibuat sendiri oleh influencer yang kamu sewa.
Jadi jika kamu ingin menggunakan strategi paid promote ini, kamu terlebih dahulu harus membuat konten yang nantinya akan diposting atau dipublikasikan di akun mereka. Sementara itu, di sistem endorsement kamu hanya perlu memberikan penjelasan atau brief konten sesuai dengan keinginanmu dan kemudian influencer tersebutlah yang akan membuat konten dan mempostingnya di akun mereka.
Dari segi mekanisme promosi, paid promote dan juga endorsement memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Dalam sistem Paid promote sendiri kamu tidak perlu mengirimkan produk itu, kamu hanya perlu mengirimkan gambar atau materi konten jadi yang bisa langsung di posting oleh influencer tersebut. Sementara itu, Jika kamu menggunakan endorsement maka kamu harus mengirimkan barang atau produk yang nantinya akan di-review atau diulas oleh influencer tersebut secara langsung.
Perbedaan selanjutnya antara endorsement dan paid promote adalah media/akun yang digunakan untuk memposting konten. Untuk tujuan paid promote sendiri biasanya akan menggunakan akun publik dengan engagement yang tinggi dan jumlah followers yang banyak. Contohnya saja, akun-akun dagelan, akun informasi, akun loker dan lain sebagainya. Untuk endorsement sendiri biasanya akan diberikan pada akun-akun pribadi influencer. Dengan syarat, influencer tersebut adalah orang yang memiliki personal branding yang kuat.
Nah itulah beberapa perbedaan antara paid promote dan endorsement.
Paid promote adalah salah satu strategi digital marketing yang terbilang cukup berhasil dan mampu membawa banyak keuntungan bagi perusahaan. Lalu apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan paid promote ini? Berikut diantaranya :
Sekian pembahasan mengenai paid promote kali ini. Semoga bermanfaat ya,
Referensi :
https://dotnextdigital.com/perbedaan-paid-promote-dan-endorsement/