6 Cara Optimasi Instagram Stories Agar Jualan Makin Laris

Instagram menjadi media sosial yang tepat dipakai untuk mempromosikan barang/ jasa Kamu. Berikut tipe post IG stories agar jualan laris manis.

Salah satu media sosial yang cukup digemari adalah Instagram. Aplikasi Instagram mempunyai beberapa fitur yang dapat memaksimalkan bisnis online. Salah satunya adalah Instagram story.

Salah satu media sosial yang cukup digemari adalah Instagram. Aplikasi Instagram mempunyai beberapa fitur yang dapat memaksimalkan bisnis online. Salah satunya adalah Instagram story.

Mengenal Instagram Stories

Mengenal Instagram Stories

 

Instagram story merupakan fitur yang memungkinkan Kamu membuat konten real time. Post IG Story hanya bertahan selama 24 jam saja, bahkan dengan durasi yang super singkat. 

Namun, melalui IG Story pemilik bisnis online dapat membuat konten berupa foto, video atau teks promosi. Kamu juga bisa menginformasikan kepada follower, misalnya spoiler jualan, membuat Q&A, dan lainnya.

Cara Posting IG Story

Ada beberapa langkah yang perlu Kamu lakukan sebelum menambahkan foto atau video di Instagram stories, antara lain:

  1. Buka aplikasi Instagram login dengan akun yang sudah ada.

  2. Setelah berhasil masuk, Kamu akan otomatis melihat bagian home/beranda dari Instagram

  3. Kamu bisa menambah story dengan mengklik ikon “tambah” di bagian atas.

  4. Tekan “lingkaran” yang berada di bagian tengah untuk menambah gambar. Namun, jika Kamu ingin mengunggah video, maka tahanlah ‘lingkaran” tersebut untuk membuat konten. Durasi video hny 15 detik, sehingga Kamu harus membuat video pendek saja. 

  5. Selanjutnya, tambah teks atau stiker ke postinganmu tersebut. Caranya, dengan memilih tombol menu yang berada di bagian atas. 

  6. Terakhir, klik  “kirim ke”, kemudian “bagikan” di fitur “Cerita Anda”

Cara Optimasi Post IG Story Agar Bisnis Online Makin Laris

Berjualan di media sosial harus bukan hal yang mudah, Kamu harus menguasai trik dan tips marketing digital agar jualan cepat laris manis. 

Pemilik bisnis harus memahami prinsip AIDA sebelum mengunggah di IG Story. Formula AIDA adalah sebuah formula yang sering digunakan oleh marketer untuk meningkatkan traffic web. Tahapan formula AIDA yaitu Attention, Interest, Desire dan Action. 

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Kamu jajal untuk membangun brand dan membuat jualan laris manis. Seperti:

1. Memperlihatkan Proses “Behind The Scene”

Semakin banyak pelaku bisnis yang merambah dunia digital, membuat semakin banyak kompetitor bagi usaha Kamu. Oleh karena itulah, untuk menarik minat pembeli, Kamu harus membuat sesuatu yang unik. 

Seperti memperlihatkan proses behind the scene proses produksi atau yang berhubungan dengan bisnis Kamu.  Kamu bisa meyakinkan calon pembeli dengan video BTS ini. 

Selain itu, calon konsumen juga dapat melihat bagaimana suatu produk dibuat, seperti kebersihannya, material yang Kamu gunakan. Dengan demikian, konsumen yang semula ragu-ragu dapat berubah pikiran setelah melihat sneak peak proses di balik layar. 

2. Review Produk

Tips lain yang harus Kamu lakukan untuk optimasi bisnis adalah menggunakan IG Story untuk me-review produk yang Kamu tawarkan. 

Kamu bisa membuat video konten review yang banyak sekaligus, sehingga calon pembeli akan penasaran serta ketagihan untuk mengklik story selanjutnya. 

Pada bagian akhir konten, Kamu bisa menambahkan tautan untuk menggiring pengikutmu agar mengklik link tersebut / swipe up

3. Membuat Konten Edukasi

Sudah bukan rahasia umum lagi, bahwa netizen atau follower haus akan informasi yang menarik. Oleh karena itulah, Kamu harus membuat konten yang mampu mengedukasi. 

Konten yang mampu mengedukasi atau memberikan informasi mempunyai nilai lebih di mata pelanggan. 

Harapannya, bukan hanya pelanggan baru yang teredukasi, tetapi juga mempertahankan konsumen setia Kamu. 

Untuk membuat konten edukasi, maka Kamu harus membuat rangkuman dan beberapa poin penting. Kemudian kaitkan link website bisnis Kamu untuk mengajak konsumen mendapatkan informasi yang lebih lengkap. 

4. Merayakan “Milestone” Bisnis Kamu

Milestone atau timeline seringkali menjadi acuan di dalam manajemen proyek untuk merayakan momen khusus. Misalnya merayakan jumlah follower yang mencapai 10.000 atau momen di mana Kamu telah menjual 1000 paket produk dll. 

Cara ini sebagai wujud rasa terimakasih Kamu kepada pelanggan yang telah loyal, dan mengapresiasi mereka telah menjadi bagian dari perkembangan usaha. 

Akan lebih bagus jika momen milestone Kamu gunakan untuk memberikan promo atau giveaway

5. Menayangkan Testimoni Pelanggan

Tips lain untuk mengoptimasi postingan di IG story adalah dengan menayangkan testimoni pelanggan. Unggah beberapa testimoni konsumen yang pernah membeli atau menggunakan produk Kamu. 

Kamu bisa membuat highlight khusus testimoni pelanggan, sehingga tidak khawatir hilang setelah 24 jam berlalu. Agar pelanggan dapat tertarik, Kamu juga bisa mengatur cover highlight dengan gambar-gambar yang lucu.

Dengan demikian, calon pelanggan baru dapat menjadi yakin dengan produk Kamu setelah membaca testimoni pelanggan. 

6. Post IG Story Yang Mengarah Langsung Ke Feed /Website

Secara umum, penggunaan IG Story adalah untuk menarik perhatian follower. Kamu bisa mengarahkan follower untuk melihat feed dari postingan story. 

Caranya :

  • Pilih feed yang ingin Kamu bagikan sebagai story

  • Kemudian klik ikon pesawat kertas yang terdapat pada bagian postingan

  • Lanjutkan dengan memilih menu tambah postingan ke story

  • Kamu bisa menambahkan teks, stiker atau GIF yang lucu sebagai petunjuk agar follower melihat unggahan di feed

  • Pilih menu kirim ke, klik cerita Anda dan bagikan

Itulah langkah-langkah yang dapat Kamu coba untuk mengarahkan follower ke feed IG. Selain itu, IG Story juga bisa mengarahkan calon pelanggan untuk mengunjungi website bisnis milikmu. Manfaatkan fitur swipe up yang dapat membantu meningkatkan traffic media sosial.

Memanfaatkan Fitur Stiker Untuk Optimalkan Jualan

Selain cara di atas, Kamu juga bisa mengoptimalkan unggahan di IG story dengan fitur stiker. Ada beberapa fitur sticker, yaitu:

Polling

Fitur ini dapat Kamu gunakan untuk meningkatkan engagement dengan follower. Kamu bisa bertanya tentang hal-hal yang ada kaitan dengan produk jualanmu. Dengan demikian, Kamu dapat melihat preferensi dari para konsumen atau follower-mu. 

Ask Me a Question

Ask Me a Question merupakan fitur stiker yang dapat Kamu manfaat untuk memberi kesempatan follower bertanya. Oleh karena itu, sebelum memberikan stiker ini, sebaiknya Kamu telah mengunggah konteks tertentu, seperti tentang produk yang akan rilis atau lainnya. 

Quiz Sticker

Stiker yang satu ini dapat Kamu pakai ketika membuat giveaway. Dengan cara ini, Kamu dapat melihat seberapa antusias follower untuk mengikuti aksi tersebut. 

Support Small Business

Nah, ini dia fitur sticker yang dapat membantu jualan makin laris manis. Fitur ini terbilang baru, namun cukup membantu bisnis Kamu yang sedang berkembang. 

Dengan memberikan tautan akun IG, artinya Kamu telah mengarahkan follower untuk melihat postingan feed Kamu.

Kesimpulan

Instagram memang menjadi media sosial yang paling populer belakangan ini. Hampir semua kalangan mempunyai akun IG. Sebagai pemilik bisnis, memang Kamu harus membangun branding di media sosial, salah satunya melalui IG Story. 

Namun menampilkan story secara monoton juga membuat konsumen tidak tertarik lagi melihatnya. Jadi, gunakan tips di atas untuk mengoptimalkan postingan IG story bisnis Kamu. Semoga bermanfaat dan membantu, ya.

Start bisnis dropship kamu sekarang!

Download app-nya dan mulai berjualan online dalam 5 menit!

google play iconc10