Begini Beberapa Cara Jualan Tanpa Stok Barang Dan Modal

Apakah memang bisa jualan tanpa stok dan modal?

Bisnis online memang menggiurkan, bagaimana tidak? kita bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Banyak orang menggunakan teknologi internet untuk berjualan secara online dan mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Siapapun bisa berjualan online, bahkan jualan online pun bisa dilakukan tanpa menggunakan modal dan stok. Jualan online tanpa modal dan stok barang disebut juga dropshipping.
16 Dec 2022 14:04

Bisnis online memang menggiurkan, bagaimana tidak? kita bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Banyak orang menggunakan teknologi internet untuk berjualan secara online dan mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Siapapun bisa berjualan online, bahkan jualan online pun bisa dilakukan tanpa menggunakan modal dan stok. Jualan online tanpa modal dan stok barang disebut juga dropshipping.

Begini Beberapa Cara Jualan Tanpa Stok Barang Dan Modal

Begini Beberapa Cara Jualan Tanpa Stok Barang Dan Modal

 

Untuk menjalankan sistem bisnis online seperti ini, Anda harus mengetahui terlebih dahulu cara-caranya. Hal ini dikarenakan barang yang dijual bukan miliknya melainkan milik orang lain. Berikut cara Jualan Tanpa Stok Barang dan modal:

Putuskan Barang Apa Yang Akan Dijual

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memutuskan item mana yang ingin Anda jual. Ada banyak barang yang bisa dijual dengan sistem dropship, mulai dari pakaian, aksesoris, sepatu, kosmetik, dan barang lainnya. Sebagai permulaan, Anda harus menghindari menjual produk campuran. Ini juga akan membuatnya lebih profesional.

Tentukan Target Pasar

Setelah mengetahui produk yang ingin Anda jual, tentukan target pasar Anda. Saat menentukan target pasar, maka usahakan untuk mencari target pasar yang mudah dijangkau oleh konsumen. Misalnya, jika seorang dropshipper adalah seorang siswa di sekolah dan memiliki banyak kenalan di usia remaja, maka target pasarnya harus remaja. Tentu hal ini penting untuk menyesuaikan spesifikasi produk yang akan dijual.

Baca Tingkat Kompetisi

Jangan lupa untuk membaca tingkat persaingan. Tingkat persaingan yang tinggi akan menyulitkan para pemula putus sekolah untuk mencari konsumen. Sebaliknya, hindari persaingan yang sangat kompetitif. Namun pastikan juga bahwa produk yang dijual masih di butuhkan banyak orang. Jangan takut dengan persaingan, maka jual produk yang minim peminat. Ini akan merugikan.

Temukan Supplier Tepercaya

Setelah semuanya ditentukan, saatnya mencari Supplier yang dapat diandalkan. Supplier merupakan suatu pihak yang barangnya akan dijual oleh dropshipper. Hal ini dilakukan agar pelanggan selanjutnya tidak kecewa. Jika memungkinkan, cari tahu siapa sebenarnya yang memproduksi barang yang dijual. Sehingga nantinya kualitas barang yang dijual dapat dipertanggungjawabkan.

Buat Kesepakatan Dengan Supplier

Setelah menemukan Supplier yang tepat, buat kesepakatan dengan Supplier. Kesepakatan ini adalah kesepakatan penting untuk dibuat. Ini biasanya termasuk harga, pengiriman, biaya pengiriman, dan bahkan diskon dan hadiah. Biasanya setiap supplier sudah memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing. Pahami ketentuan tersebut dengan baik agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Lakukan Promosi Dengan Benar

Setelah kesepakatan dibuat, saatnya untuk promosi besar-besaran. Promosi disini berarti dropshipper harus memasarkan produk supplier. Dalam hal ini, penggunaan media sosial sangatlah penting. Promosi dapat dilakukan melalui Instagram, Facebook dan media sosial lainnya.

Minta Detail Pesanan Dan Transfer Uang

Saat calon pembeli tertarik, mintalah detail pesanan dari calon pembeli. Setelah detail pesanan selesai, maka calon pembeli di minta untuk mentransfer uang. Ini harus dibuktikan dengan bukti transfer.

Berikan Pesanan Kepada Supplier Dan Transfer Uang

Terakhir, berikan pesanan kepada Supplier dan transfer uang yang telah diberikan oleh pelanggan. Dalam hal ini, dropshipper sudah memanfaatkan dirinya sendiri. Proses pengiriman biasanya akan dilakukan langsung oleh Supplier.

Sangat mudah untuk berjualan secara online tanpa modal atau persediaan barang dagangan. Siapapun bisa berjualan online tanpa modal apapun. Hal terpenting dalam menjual merchandise dengan sistem ini adalah memberikan customer service yang baik.

Bagaimana Cara Menjual Produk Dropship?

Setelah anda bergabung sebagai dropshipper pastinya anda bingung mau jualan dimana ya kan? Supplier yang baik biasanya memberikan edukasi dan materi tentang cara menjual agar reseller sukses.

1. Jual Melalui Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu tempat yang tepat untuk menjual produk Anda. Anda bisa mempromosikan produk melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya. Dalam berjualan di media sosial, tentunya Anda harus menguasai pemasaran media sosial dan tips berjualan di media sosial. Anda dapat mempelajarinya di artikel sebelumnya.

2. Buat Situs Web Toko Online Anda Sendiri

Anda dapat membuat toko online Anda sebagai tempat untuk menyimpan katalog produk dropship Anda. Anda akan terlihat lebih profesional dan dapat diandalkan jika Anda memiliki situs web. Dengan memiliki toko online, Anda juga dapat membuat merek Anda sendiri. Nah, di kami, salah satu keuntungannya adalah mendapatkan website gratis sebagai kepercayaan pembeli dan katalog produk yang Anda jual.

3. Jualan Di Marketplace

Jika ingin berjualan gratis, maka Anda bisa memanfaatkan marketplace lokal yang sudah tersedia. Namun, jika Anda berjualan di marketplace, Anda harus pintar-pintar bersaing dengan orang lain karena di sini biasanya terjadi perang harga yang hebat. Anda harus memiliki keunggulan dibandingkan kompetitor, misalnya seperti harga, gambar produk, detail produk, stok, dan kecepatan respon.

4. Jualan Secara Offline

Selain berjualan secara online, Anda juga bisa berjualan secara offline. Jika Anda berjualan secara offline, tentunya Anda harus mengetahui pasar di daerah Anda. Anda dapat menawarkan barang kepada kerabat terdekat. Jika produk Anda sesuai dengan pasar, Anda dapat yakin bahwa produk Anda akan laris manis. Tapi tentu saja Anda harus memiliki katalog atau lebih baik memiliki stok.

Demikian ulasan artikel tentang Begini Beberapa Cara Jualan Tanpa Stok Barang Dan Modal, semoga bermanfaat.

Mau buka toko online dropship anti ribet?

Yuk join di demanda.id  sekarang juga!

Dengan Demanda, kamu bisa memiliki bisnis online kamu sendiri. Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper yang barangnya DISIAPIN, DIBUNGKUSIN, & DIKIRIMIN ke pelanggan kamu ATAS NAMA KAMU! Modal terbatas? Jangan khawatir, modal untuk berjualan di Demanda adalah 0 rupiah alias GRATIS. Yuk gabung sekarang dan dapatkan uang tambahan jutaan rupiah perbulan!

Download app-nya sekarang!

google play iconc2

app store icon