Cara Menjadi Dropshipper Tanpa Modal

Emang bisa kalau mau jualan online dropship tanpa modal?

Memiliki bisnis dropship bukanlah hal yang sulit. Berikut ini adalah cara menjadi dropshipper tanpa modal dengan mudah.

Memiliki bisnis dropship bukanlah hal yang sulit. Berikut ini adalah cara menjadi dropshipper tanpa modal dengan mudah.

Cara Menjadi Dropshipper Tanpa Modal

Cara Menjadi Dropshipper Tanpa Modal

 

 

Memulai bisnis pada masa serba digital seperti saat ini memang semakin mudah. Salah satunya adalah dengan menjadi dropshipper. Bahkan, ada beberapa cara menjadi dropshipper tanpa modal yang bisa Kamu lakukan.

Dropship merupakan penjualan dan pemasaran produk supplier, tanpa harus mendatangkan atau membeli terlebih dulu. Tentu saja ini berbeda dengan reseller, yang harus membeli dulu produk yang akan dijualnya.

Jadi, inilah alasan yang menjadikan bisnis dropship tidak memerlukan modal untuk dijalankan.

Step by Step Menjadi Dropshipper Tanpa Modal

Setelah mengetahui apa itu dropship, Kamu bisa mempelajari cara menjadi dropshipper tanpa modal. Sehingga Kamu bisa secepatnya menjalankan bisnis dropship.

Berikut step by step menjadi dropshipper tanpa modal.

1. Mengenali Produk yang Mau Dijual

Menguasai product knowledge menjadi salah satu landasan penting, jika Kamu ingin sukses dalam penjualan. Caranya dengan memahami secara detail, produk apa yang akan kamu jual.

Hasilnya, kamu akan bisa menjelaskan secara rinci tentang produk tersebut kepada pembeli. Kamu pun bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan mengenai produk yang Kamu tawarkan.

Selain itu, dengan menguasai product knowledge, Kamu akan bisa menciptakan branding yang ingin kamu bangun.

2. Mencari Supplier Berkualitas

Setelah menentukan produk yang akan Kamu jual, langkah selanjutnya adalah menentukan supplier. Ingat! Hubungan antara supplier dan dropshipper adalah hubungan kerja sama yang saling menguntungkan.

Sehingga, saat menjadi dropshipper, Kamu bisa mendapatkan barang dengan mudah. Sedangkan supplier akan terbantu dalam hal penjualan.

Memiliki supplier yang berkualitas akan membantumu, agar transaksi dengan pelanggan bisa berjalan lancar. Berikut cara untuk mendapatkan informasi mengenai supplier:

  • Bertanya secara langsung (menghubungi supplier tersebut untuk mendapatkan informasi mendalam mengenai pelayanan dan produk mereka)

  • Melakukan riset dari testimoni dari dropshipper, atau dari pelanggan mereka

 

Untuk menentukan berkualitas atau tidaknya supplier, Kamu perlu mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:

  • Selalu memberikan informasi secara berkala, mengenai stok produk yang dijual. Hal ini untuk menghindari adanya perebutan barang, atau menjual produk yang sudah tidak tersedia

  • Biaya layanan dan harga produk pre order yang tidak tinggi. Hal ini akan membantu dropshipper dalam melakukan penetrasi pasar dengan harga yang bersaing

  • Proses pengiriman selalu cepat

  • Memiliki jadwal rutin pengiriman

  • Memiliki mekanisme retur yang jelas. Misalnya, dari segi informasi dan aturan yang jelas mengenai retur produk. Sehingga, dropshipper tidak sampai mengecewakan pelanggan, jika ada cacat produk atau produk tidak sesuai dengan deskripsi

  • Memiliki berbagai alternatif pembayaran, sehingga memudahkan setiap transaksi yang berjalan (optional)

3. Menyesuaikan Harga untuk Mendapatkan Harga Terbaik

Memiliki produk dan supplier yang berkualitas, akan memudahkan dropshipper dalam melakukan penjualan. Tapi, jika harga produk tidak bersaing, maka akan membuat dropshipper sulit melakukan penjualan.

Agar bisa mendapatkan harga jual yang relevan, Kamu bisa mengikuti cara-cara berikut ini:

  • Pertama, membandingkan harga jual produk melalui berbagai marketplace, seperti Shopee, Tokopedia, dan lainnya

  • Kedua, membandingkan harga dengan seller produk serupa di Instagram

  • Ketiga, membandingkan harga dengan seller produk serupa di Facebook Marketplace atau Facebook Group

Cara Menjadi Dropshipper Pemula

Setelah mengetahui langkah awal untuk bisa memulai bisnis dropship, selanjutnya Kamu bisa memulai bisnis dropship dengan cara berikut ini:

Cari platform dropship, salah satunya Demanda

Penggunaan platform atau aplikasi tertentu, bisa menjadi langkah praktis memulai bisnis ini. Salah satunya dengan menggunakan platform Demanda. Di mana untuk mempermudah berbagai transaksi antara dropshipper dan supplier.

Demanda merupakan salah satu aplikasi yang bisa membantumu menjadi dropshipper dengan mudah. Keuntungan menggunakan Demanda adalah sebagai berikut:

  • Berjualan dengan menggunakan HP saja (semua alat dan kebutuhan dropshipper sudah tersedia di sini)

  • Omni Channel untuk menghubungkan dengan aplikasi marketplace lain, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lainnya

  • Harga terjaga dan tidak ada perang harga di antara para dropshipper. Kamu pun bisa lebih bebas dalam menjual produk yang Kamu inginkan

  • Barang pasti ready, karena Demanda akan memastikan barang tersedia dan siap untuk Kamu jual

  • Supplier telah terseleksi secara ketat. Demanda sudah melakukan seleksi terhadap supplier, agar Kamu bisa melakukan penjualan dengan mudah dan aman 

  • Materi untuk jualan sudah tersedia dan tinggal Kamu gunakan. Tentu saja Kamu juga bisa menggunakan materi promosi milikmu sendiri

  • Bagi pemula, Demanda juga memberikan edukasi mengenai sistem berjualan secara gratis

  • Selain itu, Demanda juga memberikan sistem poin berhadiah yang bisa meningkatkan keuntungan

Melatih Mental untuk Berbisnis Online

Berbagai hal mungkin sudah kamu siapkan untuk memulai bisnis online, termasuk menggunakan platform dropship yang ada. Tapi, Kamu tetap memerlukan mentalitas yang kuat sebagai seorang pebisnis.

Tentu saja, tanpa mental yang kuat akan ada kendala bagi usaha yang sedang Kamu jalankan. Oleh karena itu, melatih mental kuat pebisnis sangatlah penting agar bisa sukses menjadi dropshipper.

Berikut ini adalah mental pebisnis dan cara untuk melatihnya:

  • Pebisnis adalah orang yang berani mengambil risiko. Di mana tidak hanya pada modal saja, tapi juga butuh kerja keras untuk bisa membangun bisnis. Tidak mudah menyerah dalam mempelajari bisnis dropship, juga menjadi risiko yang harus Kamu hadapi

  • Pebisnis akan selalu optimis dalam berbagai kondisi. Keadaan mungkin saja tidak akan selalu sesuai dengan harapan. Sikap optimis akan membantumu mencari jalan keluar walau dalam keadaan tersulit

  • Pebisnis tetap fokus dengan apa yang sedang dijalani dan tidak mudah tergiur. Mentalitas untuk tidak mudah goyah dan tetap konsisten penting untuk Kamu hadapi

Bisnis adalah Tentang Branding

Self branding sebagai penjual online, bisa Kamu lakukan dalam lingkup terkecil. Misalnya, dalam lingkungan keluarga dan rumah. Harapannya, Kamu bisa berbisnis online dengan mendapatkan dukungan dari sekitar. 

Selanjutnya, dengan self branding yang baik, Kamu bisa memiliki koneksi bisnis yang tepat. Kamu pun bisa menjadi rekomendasi utama, saat orang lain mencari produk yang sedang Kamu jual.

Konsisten Mempromosikan Barang

Terakhir, tetaplah konsisten melakukan promosi terhadap produk yang Kamu jual. Misalnya, dengan mengunggah produk yang Kamu jual secara berkala, di aplikasi marketplace dan media sosial.

Konsistensi ini tentu saja akan memberikan impresi, bahwa produk yang Kamu tawarkan selalu tersedia.

Selain itu, Kamu juga harus selalu memperbaiki kualitas komunikasi dengan para pembeli. Baik di platform chat media sosial maupun di aplikasi marketplace.

Tetaplah berkomunikasi secara persuasif dan informatif, agar bisa meningkatkan kenyamanan pelanggan berbelanja di toko yang Kamu miliki.

 

Jadi...

Demikian cara mudah menjadi dropshipper tanpa modal, yang bisa kamu mulai dengan segera. Temukan barang yang ingin Kamu jual, temukan supplier yang tepat, dan pilih platform terbaik yang bisa membantumu berjualan.

Baca juga : Pengertian Dropshipper, Cara Menjadi Dropshipper, Hingga Keuntungan Menjadi Dropshipper

Mau memulai bisnis jualan online tapi ga punya supplier?

Jangan khawatir, Demanda bakal bantu kamu bikin bisnis online tanpa perlu cari supplier dengan sangat mudah! Download app-nya sekarang!

google play iconc2